Wednesday, October 18, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Banten » [Review] Akhir Pekan di Avilla Residence dan Rasane Seafood dan Ikan Bakar Gading Serpong
donna imelda for avilla residence

[Review] Akhir Pekan di Avilla Residence dan Rasane Seafood dan Ikan Bakar Gading Serpong

Menginap di kostel bagi para pejalan adalah salah satu tips untuk traveling menikmati tempat-tempat wisata dengan murah namun tetap nyaman dan asik. Apalagi untuk pejalan yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan mengeksplore banyak destinasi wisata di suatu tempat. Menginap di kostel semacam Avilla Residence ternyata nyamannya sama kok dengan menginap di hotel

Menginap di Kostel? Why Not?!

Beberapa dari pembaca Ayo Pelesiran pasti sudah pernah mendengar tentang konsep tempat tinggal yang memadukan antara kost dan hotel yang disebut dengan Kostel. Saya sendiri sudah lama mengetahuinya, namun baru kali ini berkesempatan untuk merasakannya langsung di Avilla Residence Gading Serpong – Tangerang.

Dengan memanfaatkan libur akhir pekan tanggal 4 Juni 2015, saya pun memilih untuk memenuhi undangan Nunik Tirta bersama beberapa teman blogger di acara #TraktirBlogger. Senang sih menjadi satu di antara 15 blogger yang diundang untuk menghabiskan waktu di Avilla Residence sambil wisata kuliner di Rasane Restoran yang terkenal dengan hidangan lautnya itu.

Avilla Residence itu sendiri sebenarnya adalah salah satu tempat yang memadukan antara layanan Food and Beverages, tempat tinggal, dan function hall, yaitu Rasane Seafood dan Ikan Bakar, Avilla Residence Kostel, Avilla Cafe dan Grand Avilla Ballroom and Wedding Hall. Lokasinya strategis, mudah diakses dan prestisius. Letaknya tak jauh dari Jakarta dan berada di jantung kota satelit Serpong atau tepatnya di Jl. Gading Golf Boulevard Blok G/001 Gading Serpong Tangerang.

Bagi saya, Serpong dan Tangerang adalah salah satu tempat yang menarik untuk sejenak menjauh dari hiruk pikuk Kota Jakarta selain Bogor atau Kawasan Puncak Ciawi. Tak ubahnya kota-kota besar lain di Indonesia, Tangerang memiliki banyak sekali potensi tempat wisata menarik yang bisa didatangi, terutama wisata kuliner, belanja, heritage dan kultural. Transportasi umum seperti bis kota dan commuterline pun tersedia bagi pejalan yang tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa tempat yang pernah saya datangi di sekitar Tangerang yang direkomendasikan untuk pembaca Ayo Pelesiran seperti Museum Benteng Heritage, Klenteng Boen Tek Bio, Mesjid Pintu Seribu, Bendungan Pintu Sepuluh, Ocean Park Water Adventure, wisata kuliner di kawasan Kota Lama Tangerang, menyusuri jejak sejarah di Sungai Cisadane, Wisata Belanja di IKEA atau AEON Mall, The Breeze hingga menyaksikan pertunjukan-pertunjukan dan pameran skala internasional di ICE – Bumi Serpong Damai.

Untuk pejalan seperti saya yang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan dengan mengeksplore banyak destinasi wisata di suatu tempat. Menginap di kostel adalah salah satu cara menikmati tempat-tempat wisata dengan murah namun tetap nyaman dan asik. Daripada mengeluarkan biaya ekstra untuk menginap di hotel yang fasilitasnya tidak bisa dinikmati secara optimal, lebih baik dananya dialihkan untuk hal lain. Yang penting bagi saya adalah tempatnya harus strategis dan lingkungannya aman, kamarnya bersih dan tempat tidurnya nyaman.

Hal-hal yang menjadi kriteria tempat menginap buat saya seperti di atas saya dapatkan saat mencoba staycation di Avilla Residence Kostel. Soal lokasi, tak diragukan lagi. Meski kostel namun letaknya strategis, aman, prestisius karena berada di lokasi perumahan mewah Gading Serpong dengan keamanan 24 jam. Di sekitarnya banyak sekali tempat makan yang direkomendasikan bagi para pejalan, termasuk Rasane Seafood dan Ikan Bakar yang berada di satu gedung dengan Avilla Residence Kostel.

Ada dua jenis kamar yang disediakan Avilla Residence yaitu jenis Superior dan Suite Room. Kamarnya cukup luas, untuk Superior Room memiliki luasan 15 meter persegi dan untuk Suite Room memiliki 30 meter persegi dengan view kamar Padang Golf Gading Serpong atau Sungai Cisadane. Untuk urusan makanan dan minuman, selain menyediakan makanan untuk sarapan, terdapat Rasana Seafood dan Avilla Cafe di gedung yang sama untuk menikmati berbagai makanan dengan suasana yang berbeda.

Dengan memadukan konsep kost dan hotel, Avilla Residence menyediakan kamar dengan kenyamanan setara dengan hotel budget namun dengan tarif kost yang bisa dihitung per hari atau per bulan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Saat tulisan ini dibuat, kamar superior dikenakan tarif sekitar 200 ribuan rupiah per malam lengkap dengan handuk, air mineral dan toileters. Sedangkan untuk sewa kamar bulanan, tarifnya adalah sekitar 3,5 juta per bulan untuk satu orang per kamar atau 4 juta per bulan untuk dua orang per kamar.

Saya merasa nyaman saat berada di ruang kamar yang didesain secara compact dan modern ini. Setiap kamar dilengkapi dengan pendingin udara, air hangat, ranjang ukuran Queen, dan televisi berukuran 32 inch serta wi-fi. Kamar yang nyaman seperti ini membuat saya betah berlama-lama berada di dalam kamar, menikmati berbagai tayangan dari saluran televisi dunia atau sambil mengerjakan beberapa tulisan dan reportase. Rasanya jadi malas keluar kamar. Kalau lapar tinggal pesan saja, kalau haus tinggal mengisi ulang air mineral atau menyeduh minuman panas dari dispenser yang tersedia di setiap lorong.

Ada 108 buah kamar yang disediakan Avilla Residence untuk para tamunya. Kamar-kamar ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kartu akses yang dirancang khusus untuk menjamin keamanan dan privasi penghuni. Sedangkan untuk menerima tamu atau bersantai sambil menikmati makanan dan minuman ringan, bisa dilakukan di Avilla Cafe yang terletak di lantai 1 Avilla Residence. Hunian yang lengkap, nyaman dan murah seperti ini sepertinya menjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati kualitas tidur yang prima tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Bagaimana menurut anda? Konsep hunian ala hostel ini menarik bukan?

******

Rasane Seafood, Berjuta Rasanya!

Menginap di Avilla Residence tentunya tidak lengkap bila tidak sekalian mencicipi menu-menu seafood dan ikan bakar yang ada di Rasana Seafood dan Ikan Bakar Restoran. Selain berada di gedung yang sama, restoran ini juga berada dibawah naungan manajemen grup yang sama dengan Avilla Residence sejak tahun 2015. Restoran ini juga terintegrasi dengan fasilitas ballroom dan function hall dengan nama Grand Avilla Ballroom dan Wedding Hall.

Salah satu hal yang saya suka dari restoran ini adalah ruangannya yang luas, baik yang di luar ruangan maupun di dalam ruangan sehingga tamu bisa menyantap makanan dengan pandangan mata yang leluasa. Bahkan bila kita memilih ruangan bagian luar, maka padang golf akan menjadi pemandangan kita selama menyantap makanan. Tentu saja menyenangkan bisa menyantap makanan yang lezat sambil berbincang dengan sahabat dan keluarga.

Rasane Seafood dan Ikan Bakar Gading Serpong ini adalah satu dantara 10 cabang yang dimiliki oleh Rasane Grup yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Yogyakarta. Bapak John B. Indrajaya selaku Founder & Owner Rasane dan Avilla Residence bercerita bahwa restoran Rasane pertama kali dibuka di Ruko Taman Ratu Jakarta Barat pada tahun 2002 dan mengusung konsep restoran seafood untuk keluarga dengan signature dish Kepiting Asap yang resepnya merupakan resep warisan keluarga beliau di Kalimantan Barat.

Cara memasak dan penyajiannya cukup unik, kepiting segar yang dimasak dengan 17 macam bumbu rempah khas Kalimantan Barat, dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga mengeluarkan aroma yang sedap. Menu Kepiting Asap ini begitu melegenda dan terkenal hingga menjadi inspirasi menu bagi restoran-restoran sejenis. Namun dari cerita Pak Jhon, saya menyimpulkan bahwa kesuksesan Rasane Grup bukan hanya terletak dari menu kepitingnya saja yang melegenda namun juga dari bagaimana beliau mengelola bisnisnya.

Beliau mengatakan bahwa ada beberapa value yang beliau anut dalam menjalankan bisnisnya, yaitu pemberdayaan dan pengembangan sumber daya lokal, baik dari sisi bahan baku maupun sumber daya manusianya, serta jaminan terhadap kualitas makanan yang disajikan. Beliau berani menjamin bahwa bahan baku yang digunakan sama sekali tidak menggunakan pengawet alias masih dalam keadaan segar serta berkualitas.

Kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki kekayaan hasil laut yang luar biasa, begitu juga dengan bumbu dan rempah khas Nusantara, begitu beragam dan memiliki cita rasa yang khas dan unik. Bahan baku hasil laut disuplai oleh nelayan-nelayan setempat, bukan disuplai oleh perusahaan besar. Kepiting Rasane misalnya, didatangkan langsung dari beberapa daerah seperti Makassar, Kalimantan dan Lampung.

Hal inilah yang kemudian menjadi value Jhon B. Indrajaya dalam mengelola bisnis restoran seafoodnya, yaitu concern terhadap pemanfaatan sumber bahan baku lokal, pemberdayaan sumber daya penduduk setempat hingga sentuhan kearifan lokal dalam menangani karyawan-karyawannya sehingga masakan Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersanding dengan masakan internasional di panggung dunia.

Untuk meyakinkan bahwa bahan baku yang digunakan adalah bahan yang segar, maka setiap pengunjung restoran akan dipersilakan memilih sendiri jenis seafood yang akan dihidangkan di fish market yang terletak di bagian luar sebelah kanan sebelum pintu masuk restoran. Saya sampai terkagum-kagum melihat keanekaragaman jenis seafood yang didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia dan dalam keadaan hidup. Beberapa di antaranya bahkan baru saya lihat saat itu. Wow!

Dalam kesempatan kemarin, saya pun menikmati berbagai menu masakan dari chef-chef handal Rasane Seafood dan Ikan Bakar. Sungguh sebuah hidangan lengkap dari menu pembuka, main course hingga hidangan penutup. Untuk menu pembuka atau appetizer, kami disuguhkan Jamur Enoki Goreng yang crunchy dan Salad Mangga Cumi Cabai Garam yang segar. Cumi goreng dan potongan mangga yang ditaburi garam dan irisan cabai rawit merah pun sukses membangkitkan selera makan saya siang itu.

Yang paling seru dan berkesan tentu saja adalah hidangan utamanya. Satu per satu main course disuguhkan di hadapan kami, dimulai dari signature dish Rasane Seafood yaitu Kepiting Asap Jumbo dan Kepiting Gemes, lalu diikuti dengan Ikan Aji-Aji Goreng Terasi, Bawal Bintang Bakar 3 Rasa, Udang Galah ala King, Kerang Bambu Tauco Pedas, Ayam Cabe Pandan, Kangkung Lombok Terasi, dan ditutup dengan minuman segar berupa Es Timun Serut.

Tak ada satu pun yang tak saya cicipi meski tak selalu menghabiskan satu porsi sendirian, namun pelan tapi pasti saya mencoba menikmati setiap sensasi yang hadir di lidah melalui satu per satu jenis hidangannya. Pada Kepiting Asap Jumbo saya merasakan sensasi rempah lokal yang akrab dengan lidah, ada sedikit kemiripan dengan bumbu dendeng yang sarat dengan rempah wangi seperti yang dominan di lidah seperti ketumbar. Sedangkan pada Kepiting Gemes terasa cita rasa yang lebih ringan, segar dan sedikit spicy.

Dua menu lainnya selain hidangan kepiting yang menjadi menu favorit saya siang itu adalah Udang Galah ala King berukuran besar dan bercita rasa bak udang goreng madu serta Kerang Bambu Tauco Pedas yang saos kentalnya membuat lidah saya bergoyang. Sedangkan menu Bawal Bintang Bakar 3 rasa keistimewaannya terletak pada sambalnya yang terdiri dari 3 macam dan disajikan dalam satu pinggan kecil.

Sayangnya, soal rasa pasti susah dituangkan dalam bentuk tulisan sebagaimana sensasi kenikmatan saat hidangan tersebut disantap. Jadi pembaca Ayo Pelesiran harus datang sendiri mencicipi dan merasakan pengalaman sensasional saat lidah bergoyang menikmati hidangan ala Rasane Seafood dan Ikan Bakar. Kabar baiknya, mumpung ada Paket Ramadhan nih di Rasane Seafood dan Ikan Bakar.

Selama bulan Ramadhan, Rasane Seafood dan Ikan bakar menyediakan empat macam paket menu yaitu Paket Buka 1 dan 2 serta Paket Beduk 1 dan 2. Dengan harga paket 1, 770K dan 1,990K rupiah kita sudah bisa menikmati 10 macam hidangan dengan menu terdiri dari berbagai makanan hidangan laut, termasuk di dalamnya sayur, sambal dan minuman dingin, buah serta free tajil.

Penasaran? Yuk ajak kerabat dan sahabat pelesiran sambil menikmati wisata kuliner di Avilla Residence dan Rasane Seafood dan Ikan Bakar – Gading Serpong.

Selamat mencoba.

donna imelda for avilla residence

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

8 comments

  1. wuiihhhh seru bgt siiih mbaaaaa… mauuuuuuu semuanyaaaa 🙂

  2. Iya mba, konsepnya menarik… Seafoodnya juga huhuhu
    Nathalia DP recently posted…Rekening Online Bank Sinarmas, Solusi Praktis Membuka TabunganMy Profile

  3. Enaknya, makanannya, tapi lagi puasa 🙁
    Andika Machmud recently posted…Kenorakan Jaman SekarangMy Profile

  4. wah sayang kita gak ketemuuuuaaaaannnnnn

  5. Wah kalo ngekos di Avilla ini mah nyaman banget pastk, tempatnha kayak hotel gitu. Btw, seafoodnya bikin ngiler. Kepiting bakar jumbonya itu lho nggak nahan pengen digerogotin.

  6. Oooh, ayo pelesiran itu websitenya Mbak Donna?

    Ajak aku pelesiran dong Mbaaak…hihi, #kedipkedip

    Senang bisa bertemu dengan Mbak Donna, walaupun ngga sempat ngobrol.

  7. Bundoooo, akhirnya bertemu lagi di TraktirBlogger setelah dari acara Newmont. Senang! :3
    Berkat acara ini, aku pun jadi lihat rupa berbagai macam seafood yang masih mentah. Plus ngerasain seafood Rasane yang seger 🙂
    Dee – @HEYDEERAHMA recently posted…Akhir Pekan Seru di World of Wonders Citra Raya TangerangMy Profile

  8. Asyik… nih, si Mba dapet undangan, pasti makan-makan juga dong hehe…
    Salam,
    Dedy Akas Website recently posted…UrbanIndo.com Website Jual Beli Properti TerpintarMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge