Friday, September 22, 2017
Home » Traveling » Around The Globe » Malaysia » Aliya Hotel Klang – Hotel Nyaman di Jantung Bandar Diraja
IMG20170515174902

Aliya Hotel Klang – Hotel Nyaman di Jantung Bandar Diraja

Senja itu kubah Masjid Diraja Klang Utara terlihat indah dari kejauhan. Syahdu disinari cahaya lampu yang menggantikan sinar mentari yang seharian tadi telah menerangi Royal Town of Klang. Dari balik jendela kamar 545 Aliya Hotel Klang, sambil melepas penat dalam ruangan sejuk dan nyaman, saya bersyukur dalam-dalam atas nikmat dari Sang Maha.

IMG20170515192451

Setiap masuk kamar hotel, apa yang kalian lihat pertama kali? Kalau saya sih, selalu yang dilihat pertama adalah pemandangan di balik jendela. Bagi beberapa orang seperti saya, pemandangan di balik jendela adalah hal yang turut menentukan kenyamanan saat menginap. Itulah mengapa di banyak hotel yang menerapkan harga yang berbeda tergantung view di balik jendelanya. Begitu juga saat masuk ke dalam kamar 545 di Aliya Hotel Klang ini, saya langsung menuju jendela kaca besar yang terletak berseberangan dengan pintu masuk kamar dan menguak tirainya.

Lalu untuk sekian kalinya saya jatuh cinta pada pemandangan di balik jendela seperti ini, pemandangan kubah masjid di kejauhan. Entah mengapa saya selalu merasa syahdu setiap memandang puncak kubah masjid di kala senja, saat cahaya lampu menerangi puncak kubahnya dalam gelap, seperti sebuah sinar yang menghangatkan jiwa. Sayang saya tak menyempatkan diri masuk ke dalamnya. Padahal jarak dari Aliya Hotel ke Masjid Diraja Klang Utara hanya beberapa ratus meter saja.

Aliya Hotel Klang adalah tempat saya dan teman-teman peserta Eat Travel Write 5.0 menginap. Selama dua malam kami melewati malam di hotel berbintang 3 yang letaknya tepat di jantung kota Klang, The Royal Town of Selangor tersebut. Aliya Hotel Klang berada di lokasi yang sangat strategis yaitu di Lot 336 Seksyen 23, Jalan Meru Kapar, Klang. Untuk menuju hotel ini, hanya memerlukan waktu tempuh berkendara sekitar 50 menit saja dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) atau sekitar 30 menit dari Subang Skypark Terminal. Bila menggunakan komuter, waktu tempuh yang diperlukan dari KL Sentral hingga ke Stasiun Klang hanya 51 menit saja.

Aliya Hotel Klang didesain dengan gaya kontemporer, hotel ini memiliki 138 kamar yang dirancang dengan tingkat kenyamanan sesuai dengan kebutuhan taunya yang sebagian besar adalah pejalan atau keluarga yang sedang berlibur maupun para pelaku bisnis yang membutuhkan tempat istirahat yang tenang dan nyaman. Meski berada di tengah kota yang dekat persimpangan jalan besar, namun tamu tetap akan merasa nyaman. Selama dua malam saya tidur dengan nyenyak di dalam kamar, dan sama sekali tidak merasakan kebisingan.

Untuk ukuran hotel bintang 3, menurut saya kamar yang dimiliki Aliya Hotel Klang relatif lebih luas dibanding hotel berbintang sama yang pernah saya coba. Untuk tipe superior saja luasnya mencapai 23,8 meter persegi, sedangkan tipe deluxe luasnya 28,5 meter persegi. Namun begitu, bagi tamu yang menginginkan kenyamanan ekstra seperti kamar yang lebih luas dan atau menginkan fasilitas tambahan seperti living room, tamu bisa memilih tipe lain yaitu Studio Suite berukuran 35,5 meter persegi atau Aliya Suite yang berukuran 65,5 meter persegi.

Kamar yang saya dan salah seorang teman tempati sangat nyaman adalah kamar tipe deluxe dengan dua buah kasur terpisah atau twin bed. Cukup luas untuk kami berdua yang menginap sebagai pejalan. Di belakang pintu masuk terdapat lemari yang berisi gantungan baju, satu set meja dan alat setrika. Di lokasi yang sama terdapat juga mini fridge dan ketel air lengkap dengan teh, gula dan kopi untuk membuat minuman panas. Ini penting buat saya, karena rasanya selalu ada yang kurang kalau tak menyeduh minuman panas saat santai di dalam kamar.

Di sebelah kiri jalan masuk terdapat kamar mandi sekaligus toilet dengan pilihan air panas atau air dingin yang mengalir melalui pancuran. Disediakan juga pengering rambut yang sangat bermanfaat bagi saya yang berhijab ini. Dengan waktu yang terbatas, saya butuh alat untuk mengeringkan rambut sehabis keramas sebelum menggunakan kerudung. Di dalam kamar juga disediakan satu set meja tulis dan meja baca juga ditempatkan di ujung kamar dekat jendela sehingga kita tak perlu mengerjakan semua hal di atas tempat tidur.

Selain kamar yang nyaman, hal lain yang saya suka dari Aliya Hotel adalah saluran internet nirkabel yang tersedia dengan kecepatan yang mumpuni untuk saya browsing sambil menulis draft tulisan. Kalau bosan, saya bisa sambil menikmati acara dan film bagus dari layar televisi datar 40 inch. Lengkap deh pokoknya sarana yang disediakan Aliya untuk tamunya agar betah di dalam kamar. Namun bila ingin beraktivitas di luar kamar juga bisa kok. Aliya juga menyediakan sarana olahraga yaitu kolam renang dan gimnasium serta sarana rekreasi lain seperti ruang bersantai dan ruang sauna.Lengkap khan!

Bagaimana soal makan? Selama tiga hari di Aliya Hotel saya menikmati banyak jenis makanan yang sebagian besar menu masakan Melayu atau Malaysia yang cita rasanya pas di lidah saya. Pilihannya juga banyak, jadi jangan khawatir kita akan kehabisan pilihan makanan yang bisa kita nikmati di Selera Coffee House di lantai lima. Begitu juga dengan sarapan, meski saya lebih banyak memilih buah untuk sarapan, pilihan menu sarapannya juga cukup beragam. Cukuplah untuk mengisi energi sebelum jam makan siang tiba.

Nah, bagi anda yang pelesiran atau singgah di Klang, Aliya Hotel adalah hotel yang saya rekomendasikan untuk anda. Apalagi letaknya yang berada di tengah kota, tepat di jantung Bandar Diraja Klang. Dengan menginap di Aliya Hotel, akan memudahkan para pejalan mencapai beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata lainnya di Klang, seperti Tanjung Harapan, I-City Shah Alam, Pulau Ketam, Sultan Abdul Aziz Royal Gallery, Raja Mahadi Fort, dan Kris Monument.

Nah, menarik khan? Bagi anda yang tertarik dan memerlukan informasi lebih lanjut, bisa hubungi Aliya Hotel Klang di www.aliyahotel.com atau datang langsung di Lot 336 Seksyen 23, Jalan Meru Kapar, 41000 Bandar Diraja Selangor, Selangor Dahrul Ehsan, Malaysia. oh ya, Aliya Hotel Klang juga bisa dihubungi lewat email ke enquiry@aliyahotel.com atau telepon ke +603-3341 1313.

Selamat Menginap!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

4 comments

  1. Luas kamarnya, pemandangannya cakep yaa…

  2. Rendang itik. Wah pasti enak ya itu Tante..

  3. Nyaman banget ya mbak hotelnya, apalagi view di balik jendelanya indah banget. Pengen juga menikmati suasana hotelnya.
    yelli recently posted…Berkunjung ke Dua Kota Tempat Al-Quran Terbesar di IndonesiaMy Profile

  4. baru tau ada rendang itik euy. bikin ngiler rendangnya dan pengen nyoba rasa rendang itiknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge