Thursday, September 21, 2017
Home » Ayo Pelesiran Itinerary » Ayo Pelesiran ke Ternate!
Photo Credit Ashari Ambarani
Photo Credit Ashari Ambarani

Ayo Pelesiran ke Ternate!

Sebagai orang yang lahir dan tumbuh besar di Bagian Barat Indonesia, adalah sebuah kerinduan tersendiri bisa menjejakkan kaki di wilayah lain di Indonesia terutama di Bagian Timur. Sedemikian besar keinginan itu, sampai-sampai pada tahun 2014 dengan sengaja saya membuat tagar #MenujuTimur di salah satu akun sosial media sebagai afirmasi.

Menurut saya, Timur Indonesia itu unik dan eksotis dengan budaya dan kebiasaan penduduk lokal yang unik. Menjejakkan kaki dan melihat langsung keindahan alam terutama laut, pantai dan gugusan pulau di beberapa tempat di Timur Indonesia sejak dua tahun lalu telah membuat saya jatuh hati dan ingin mengunjungi lebih banyak tempat-tempat di wilayah Timur Indonesia lainnya.

Salah satu yang ingin saya kunjungi adalah Kota Ternate yang terletak di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara. Kota yang akrab di benak saya sejak kanak-kanak melalui sejarahnya ini memang menarik. Kesultanan Ternate yang didirikan oleh Baab Mashur Malamo tahun 1257 merupakan salah satu Kerajaan Islam tertua di Nusantara yang jaya di abad 13 sampai dengan abad 16 dengan perdagangan rempah dan kekuatan militernya. Tak heran bila hingga kini kita masih bisa melihat peninggalan kejayaan Kesultanan Ternate.

Selain itu, sudah menjadi pembicaraan di kalangan para pejalan bahwa Kota Ternate yang terletak di lereng gunung Gamalama ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Layaknya kota kepulauan Indonesia, Kota Ternate memiliki pantai-pantai yang cantik dengan landscape yang memukau. Semua ini akhirnya membuat saya memutuskan untuk memasukkan Ternate sebagai tempat yang akan saya kunjungi tahun ini dan mulai menyusun rencana untuk liburan ke sana.

13230132_10206235366179062_1896374674924911147_n (1)
Bandar Udara Sultan Baabullah Photo Credit Ashari Ambarani

 

  • Terbang ke Ternate

Satu-satunya cara yang paling cepat dan praktis menuju Ternate dari Jakarta tentu saja menggunakan pesawat terbang. Persiapan keberangkatan sejak jauh hari memberikan keleluasaan memilih maskapai penerbangan yang dapat memberikan harga tiket yang terbaik. Lumayan lho, bila rajin mencari dan memilih, kita bisa dapatkan tiket dengan harga yang sesuai dengan bujet liburan.

Banyak maskapai penerbangan domestik melayani rute penerbangan dari dan ke Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Melalui situs pencarian tiket online Tiket2.com, dari Jakarta ada beberapa pilihan maskapai penerbangan dengan berbagai harga terbaik yang bisa saya pilih, di antaranya, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Batik Air, Lion Air dan Wings Air.

Penerbangan menuju Ternate dari Jakarta, ada yang melalui rute transit dengan pilihan tempat transit seperti Makassar, Surabaya, atau Manado. Selain itu, ada juga penerbangan langsung atau nonstop dari Jakarta (CGK) ke Ternate (TTE). Maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan langsung ini di antaranya yaitu Lion Air, Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia.

  • Pelesiran di Kota Seribu Benteng

Ternate memang kental dengan wisata sejarah selain wisata budaya dan alamnya nan indah. Untuk wisata sejarah, selain terkait sejarah dan peninggalan Kesultanan Ternate, saya mencatat bahwa Ternate juga memiliki banyak sekali benteng-benteng peninggalan Portugis atau Belanda. Tak heran bila karena hal ini kemudian Ternate mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Benteng.

1. Benteng Tolucco
Benteng Tolucco atau Tolukko yang terletak di Ternate Utara ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan Portugis abad ke-15 yang dibangun oleh Fransisco Serao pada tahun 1540. Meski ukurannya tidak terlalu besar namun benteng yang dahulu digunakan Portugis untuk menghalau musuhnya yaitu Spanyol, berada di ketinggian sehingga terlihat kokoh berdiri.

Daerah Maluku memang dahulu merupakan daerah yang diperebutkan oleh beberapa bangsa di dunia karena kekayaan alamnya berupa rempah-rempah yang melimpah. Termasuk bangsa Spanyol dan Belanda yang berniat merebut dari tangan Portugis. Benteng ini disebut juga dengan nama Benteng Santo Lucas atau Benteng Holandia karena pernah jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1610 dan direnovasi oleh Pieter Both.

2. Benteng Oranje
Benteng Oranje adalah benteng kuno peninggalan Belanda di abad ke-16-17. Benteng ini dibangun pada tahun 1607 oleh seorang Bangsa Belanda, Cornelis Matclief de Jonge dan diberi nama oleh Francois Witlentt pada tahun 1609. Dulunya, tempat ini adalah tempat tinggal Gubernur Jendral pertama Belanda di Ternate. Di belakang Benteng Oranje, dahulu digunakan sebagai asrama dan rumah kediaman para Gubernur Jendral Belanda

Benteng yang terkenal sebagai salah satu objek wisata menarik di Ternate ini letaknya di tengah kota sehingga mudah dicapai atau diakses. Pengunjung tinggal mengarahkan perjalanan menuju Kelurahan Gamalama, Ternate Utara. Dari atas benteng yang dilengkapi banyak meriam kuno di setiap sudutnya, kita bisa melihat Kota Ternate dengan latar belakang Gunung Gamalama dan lautan lepas.

Photo diambil dari http://www.indonesia-heritage.net/
Photo diambil dari http://www.indonesia-heritage.net/

 

3. Museum Kedaton Sultan Ternate
Masih di sekitar Ternate Utara, saya juga berencana untuk menikmati wisata budaya sekaligus sejarah di Museum Kedaton Sultan Ternate. Di sini, para pejalan dapat menikmati kemegahan arsitektur kerajaan yang masih terawat dengan baik dengan beragam peninggalan benda dan sejarah Kesultanan Ternate dan sisa perang masa kedatangan bangsa Eropa di Ternate pada abad 15.

Museum Kedaton Sultan Ternate dibangun pada 24 November 1813 oleh Sultan Muhammad Ali. Museum ini memiliki luas bangunan yang cukup besar yaitu sekitar 1500 meter kuadrat di atas tanah seluas 1,5 hektar. Museum yang berbentuk segi delapan ini dibangun oleh seorang arsitektur dari Cina dan bila diperhatikan bentuknya menyerupai Singa yang sedang duduk dengan kedua kaki menopang kepalanya yang menghadap ke laut.

Yang paling menarik dari tempat ini adalah koleksi Mahkota yang memiliki rambut berumur sekitar 500 tahun. Konon kabarnya, rambut yang menempel di mahkota tersebut senantiasa bertumbuh layaknya rambut manusia. Untuk hal inilah, maka setiap tahun dilakukan ritual pemotongan rambut pada saat Hari Raya Idul Adha. Ah, saya penasaran sekali dengan cerita ini dan tak sabar ingin melihat langsung.

4. Danau Tolire Besar & Tolire Kecil
Kawasan Danau Tolire dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata perkemahan bagi pengunjung yang ingin merasakan traveling di alam terbuka. Letaknya sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate dan berada di bawah kaki Gunung Gamalama, yang merupakan gunung api tertinggi di Maluku Utara. Banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati di jalan menuju danau tersebut.

Danau itu sendiri terdiri dari dua buah. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter. Ada keunikan yang dipercaya masyarakat sekitar, konon kabarnya, bila kita melempar batu ke arah danau, maka tak seorang pun bisa membuat batu yang dilempar tersebut hingga menyentuh danau. Jadi ingin mencoba euy.

5. Danau Laguna
Danau yang biasa disebut juga dengan Danau Ngade adalah salah satu obyek wisata favorit wisatawan saat berlibur ke Ternate. Dengan jarak sekitar 15 km dari pusat kota, wisata ke Danau Laguna memberikan pemandangan yang indah dengan latar belakang danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang memanjakan mata.

6. Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadana terkenal sebagai pantai yang memiliki air yang masih bersih dengan pasir pantai berwarna putih yang halus. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini, salah satunya mengelilingi pulau dengan kano nelayan. Biaya sewanya tak mahal, hanya merogoh kantong sebesar 30 ribu rupiah saja kita bisa menikmati pantai dan mengelilingi pulau.

kalau gak datang langsung kayaknya gak percaya ada pantai sebening ini airnya. Photo diambil dari http://gambarwisata.com/
Kalau gak datang langsung kayaknya gak percaya ada pantai sebening ini airnya. Photo diambil dari http://gambarwisata.com/

 

  • Akomodasi di Ternate

Jangan khawatir soal akomodasi di Ternate. Ada banyak tempat menginap dengan berbagai tingkatan. Dari penginapan kelas bintang empat sampai kelas losmen tersedia. Ada beberapa akomodasi yang direkomendasikan oleh Tiket2.com dan bisa dipesan secara online seperti via Air BnB, Agoda atau TripAdvisor. Beberapa akomodasi tersebut di antaranya:

1. Hotel Amara Internasional
Hotel berbintang empat ini menghadap ke arah Ternate dan Tidore dan dekat dengan Universitas Khairun. Kisaran harga sewa per malamnya sekitar USD 83 atau sekitar Rp. 900.000 (dengan rate 1 USD = Rp12.500,-).

2) Bela International Hotel
Jika ingin memilih penginapan yang bisa memberikan suasana berbeda, pilihlah Bela International Hotel. Di hotel ini disuguhkan pemandangan kota Ternate dan pantai dari kejauhan karena letak hotel ini yang berada di ketinggian. Siapkan dana USD 73 (sekitar Rp 800.000,-) untuk menginap per malam disini.

3) Losmen Pelangi
Losmen yang lokasinya tidak jauh dari Bela Hotel berada diatas bukit, sehingga para pejalan bisa sekaligus dapat menikmati pemandangan indah di sini. Losmen Pelangi tepat berada di Jalan Jati Selatan no. 338. Silahkan hubungi (0921) 22180 – 23445 untuk rate yang paling terbaru.

  • So… ayo pelesiran ke Ternate.

Nah, lumayan lengkap khan persiapan saya. Dari transportasi, akomodasi dan destinasi. Untuk wisata sejarah, kita bisa berkunjung ke Benteng Tolucco, Benteng Oranje, Museum Kedaton Sultan Ternate. Selain itu di sana juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan mengunjungi Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, Danau Laguna yang terkenal sebagai obyek wisata memancing dan budidaya ikan. Kemudian jangan ketinggalan untuk snorkling di obyek wisata andalan kota Ternate, yaitu Pantai Sulamadaha.

Jadi, yuk kita pelesiran ke Ternate.

Photo Credit Ashari Ambarani
Photo Credit Ashari Ambarani

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

23 comments

  1. wihhhh cantiknya..skrg fisilitasnya semakin mumpunin yah, bisa memilih layaknya ransel atau koper…ciamik mba ulasannya persuasif tiap paragrafnya..

  2. Belum pernah ke Ternate 🙁
    Paling jauh cuma sampai Ambon. Hehehe.. itu air lautnya bening banget yaa mbak.
    andyhardiyanti recently posted…#BandungTrip -Gunung Tangkuban Perahu Dan Floating Market LembangMy Profile

  3. Saya pernah ke ternate dan tidore memang lautnya indah banget.

  4. Ternate itu eksotis. wisata pantai dan kulinernya jempolan. selama ini baru sekedar menikmati oleh-oleh ternate, bagea, halua, kayu manis, ikan roa, makron kenari dan roti kering. Sharingnya lengkap sekali mbak, jadi antusias pengen kesana liat foto perahu seperti melayang di air yang bening.

  5. ternate memang indah, udah lama pingin ke sana 🙂
    meutia rahmah recently posted…4 Universitas Yang Bisa Kamu Pilih Jika Ingin Kuliah di SudanMy Profile

  6. Mauuu mba, aku pernah.
    Kata adikku yang pernah tinggal di Ternate, banyak tempat yang bagus dan indah.
    Huhuhu, blm sempat kesana dia udah pindah.
    Ety Abdoel recently posted…Ngintip Cara Merawat Buku, Ala Ipeh Alena, Blogger Bekasi yang Book AddictMy Profile

  7. Duuuuuuuuuhhh Indonesia Timur paling timur yang pernah saya kunjungi masih sampai Flores saja 😀 nantilah klo tabungan udah cukup berangkat ke Ternate 🙂
    Alid Abdul recently posted…Mencegah Nyeri Punggung Saat TravelingMy Profile

  8. Artikel ini membantu banget Bu/Kak/Mba Donna *baru add fbnya, belm terlalu kenal. Perlu di bookmark dan dibuka-buka lagi pas mau #menujutimur
    Zulfan Helmi recently posted…5 things to do at Aceh Culinary Fest 2016My Profile

  9. Ajak aku ke Ternate, kakak. Melihat viewnya pasti bikin malas pulang ??
    Evi recently posted…Nilai Sebuah IdeMy Profile

  10. Ingin sekali menjelajah Ternate dan Indonesia timur lainnya, suasananya itu lho, eksotis dan hangat. Makasih infonya ya, masuk catatan kecilku
    KetimpringanDotCom recently posted…Video Road Trip Pelosok Jerman: NordfrieslandMy Profile

  11. Ternate – Tidore, dan masih banyak pulau yang ada di Indonesia Timur menggoda untuk dikunjungi. Semoga ada waktu untuk ke sana.
    Nasirullah Sitam recently posted…Segelas Kopi Hangat di Perbukitan MenorehMy Profile

  12. Dr dulu ada wacana mau ke maluku … tp kok blm jadi2 … hiks :-/
    Timo recently posted…Keindahan Flores yang mempesonaMy Profile

  13. Saya belum pernah mba jalan-jalanke Indonesia bagian timur. Kayanya ini akan jadi destinasi yang menarik kalau saya melakukan perjalanan ke timur..
    Tina Latief recently posted…Hari-Hari Terakhir di Asrama Mahasiswa UIMy Profile

  14. wah warna airnya sejuk banget ya, pengen nyemplung nih…

  15. jadi kepingin ke ternate

  16. kahgi pengen banget nih ke Ternate. buat pelajari sejarah tentang rempahnya . Alamnya juga kaya ya. Tapi entah kapan bisa dapat tugas ke ternate

  17. wahhhh air nya bening banget, saya belum pernah ke ternate hehee
    mydaypack recently posted…Rincian Holiday Trip Pulau Kodingareng KekeMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge