Tuesday, October 24, 2017
Home » Traveling » Bali Trip…. Pura Taman Ayun
IMG_8376

Bali Trip…. Pura Taman Ayun

Masih hari pertama perjalanan saya di Bali, dari Tanah Lot kami melanjutkan perjalanan ke Pura Taman Ayun yang lagi-lagi untuk ukuran saya tidak terasa jauh. Hanya butuh sekitar 45 menit dari Tanah Lot untuk sampai disitu. Hampir sebagian jalan yang saya lalui bebas macet dan jarang sekali saya temukan traffic light, tentu saja ini tidak berlaku dikawasan padat wisatawan karena saya sempat merasakan macetnya Bali saat weekend . Bali juga unik, tak seperti kota-kota lainnya yang pernah saya singgahi, apalagi di bandingkan dengan Bogor yang mendapat julukan kota sejuta angkot, di sini saya nyaris tidak berpapasan dengan angkutan kota alias angkot. Mungkin sebagian besar penduduk Bali lebih suka menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

IMG_8370

Memasuki pelataran Pura Taman Ayun yang terletak di Desa Mengwi Kabupaten Badung, Bali, kira-kira terletak 18 Kilometer arah Utara Kuta, pura ini merupakan Paibon atau Pura Ibu bagi Kerajaan Mengwi. Halaman yang sangat luas ini seolah menyambut saya dengan menyuguhkan pemandangan pepohonan dan padang rumput yang luas, diperindah dengan kolam dan air mancur yang memanjakan mata saya, sungguh tak heran bila tempat ini merupakan tempat yang jarang dilewatkan untuk disinggahi. Melewati jembatan kecil , saya berjalan ke arah Kori Agung atau pintu gerbang yang hanya dibuka untuk keperluan upacara sehingga wisatawan tidak diperkenankan masuk kedalam komplek Pura Taman Ayun.

IMG_8384

Pura Taman Ayun ini dikelilingi oleh kolam ikan dan teratai, Pelataran Luar terdapat disisi luar kolam, sedangkan pelataran Dalam di bagi lagi menjadi tiga bagian. Bentuk Tiga halaman dari Pura ini melambangkan tiga tingkat kosmologi dunia, dari yg paling bawah adalah tempat / dunianya manusia, ke tingkat yang lebih suci yaitu tempat bersemayamnya para dewata, serta yang terakhir melambangkan Sorga tempat berstananya Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dikisahkan dalam cerita kuno Adhiparwa , keseluruhan kompleks pura menggambarkan Gunung Mahameru yang mengapung di tengah lautan susu.

IMG_8380

Bagian pelataran dalam pertama adalah tempat untuk istirahat sambil menikmati keindahan pura, pelataran dalam kedua tempatnya lebih tinggi dari pelataran dalam yang pertama, disini terdapat 9 relief penjaga setiap penjuru mata angin atau menurut kepercayaan Hindu Bali dikenal sebagai Dewata Nawa Sanga, dan yang terakhir yaitu Pelataran Dalam ketiga, letaknya paling tinggi dan merupakan tempat yang paling utama dan suci, disini terdapat beberapa candi dan meru-meru yang menjulang tinggi dan megah yang diperuntukkan baik bagi leluhur kerajaan maupun bagi para dewa yang beristana di pura-pura lain di Bali. Pintu Gelung dengan posisi di tengah akan dibuka hanya pada saat upacara sebagai tempat keluar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan dua pintu lagi yang di kiri dan di kanan berfungsi untuk aktivitas keluar masuk kegiatan sehari hari.

Sayang saya tidak bisa berlama-lama di tempat ini, karena saya ingin kembali ke Kuta dan menikmati sunset yang konon kabarnya salah satu sunset terindah di dunia. Benarkah…ah saya tak sabar untuk tiba disana.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge