Saturday, December 16, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Jawa » Jawa Barat » [review] Menikmati Wisata Bandung di Zen Rooms Cihampelas
donna imelda promenade hotel bandung 7

[review] Menikmati Wisata Bandung di Zen Rooms Cihampelas

Siapa yang tak kenal Cihampelas, sebuah daerah di Bandung yang menjadi salah satu lokasi favorit kunjungan para pejalan. Bagi sebagian orang, mungkin tempat ini terlalu mainstream atau old school banget, maklumlah tempat ini sudah menjadi tujuan wisata di Kota Bandung yang murah meriah sejak saya kanak-kanak, lebih dari empat puluh tahun lalu. Namun ternyata, Cihampelas masih saja ramai dan memunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

AyoPelesiran.com. Perkembangan dunia pariwisata saat ini berkembang sedemikian cepat. Pejalan memiliki banyak pilihan lokasi wisata untuk dikunjungi. Di Bandung saja setidaknya kita kini mendengar tempat-tempat yang kekinian di seputar Lembang seperti Farm House, Tebing Kraton, Stone Garden, Dusun Bambu, Rumah Sosis, Tahu Susu Lembang dan lain-lain. Itu belum termasuk taman-taman, tempat-tempat bersejarah, hotel dan resort serta ratusan bahkan mungkin ribuan warung makan, resto dan kafe serta tempat wisata belanja yang tersebar diseluruh penjuru Bandung.

Tentu saja hal ini juga didukung dengan peningkatan fasilitas transportasi yang sangat baik untuk para pejalan dari penjuru mana pun mereka datang, baik yang melalui jalur udara dengan pesawat atau mereka yang memilih jalur darat dengan menggunakan bis, mobil travel, kereta api atau kendaraan pribadi. Melalui Tol Cipularang, jarak Jakarta ke Bandung hanya memerlukan waktu tempuh sekitar dua jam saja pada kondisi normal dan sekitar tiga jam bila menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir.

Bandung adalah kota besar dengan infrastruktur yang sangat mumpuni, baik bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pejalan bebas memilih dengan moda transportasi apa mereka ingin berkendara mengunjungi tempat-tempat tersebut di atas jalan raya yang mulus. Yang penting kita bisa mencermati cara bertransportasi yang paling efisien, mengingat banyak jalan di Kota Bandung yang satu arah dengan jumlah kendaraan yang padat dan menyiasati waktu kunjungan agak tidak terjebak dalam kemacetan di kota yang dijuluki Paris van Java ini.

Kondisi di atas menyebabkan laju pertambahan jumlah wisatawan atau pejalan yang sangat cepat dan signifikan. Bila dahulu traveling hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu yang punya waktu dan uang, kini siapapun bisa jadi jalan pejalan. Traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup, meski dengan uang seadanya dan waktu yang sempit. Semua bisa disiasati dengan teknologi dan berbagai cara dan tetap bisa dinikmati. Tinggal sesuaikan dengan kondisi kocek dan waktu yang tersedia.

Begitu juga dengan saya, ketika mendadak merasa butuh piknik dan memutuskan melipir sejenak dari Jakarta, saya memilih Bandung sebagai kota terdekat untuk dikunjungi bersama keluarga. Keputusan yang mendadak dan waktu kunjungan yang singkat tak membuat perjalanan kami sekeluarga menjadi rumit. Untuk transportasi, saya dan suami memilih untuk membawa kendaraan pribadi demi efisiensi dan kenyamanan mengingat kami membawa juga kedua orang tua kami dan anak-anak. Sedangkan untuk tempat menginap, kami memilih hotel di daerah Cihampelas.

Pemilihan Cihampelas sebagai lokasi tempat menginap bukanlah tanpa alasan. Meski bagi sebagian orang tempat ini sudah terlalu mainstream, namun dari banyaknya pengunjung, terbukti bahwa Cihampelas masih memunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lokasinya sangat strategis, berada di pusat perbelanjaan di jantung kota yang mendapat julukan Paris van Java, lengkap dengan sebuah mall besar bernama Cihampelas Walk.

Sehari sebelum berangkat saya sempatkan mencari kamar di www.zenrooms.com, sebuah situs pemesanan hotel atau lebih tepatnya Virtual Hotel Operator (VHO) yang menghubungkan pejalan dengan hotel-hotel di jaringannya. Pilihannya banyak dengan range harga yang luas, kita bisa memilih hotel dengan harga dari seratus ribuan hingga jutaan. Zen Rooms tersedia di 7 kota besar di Indonesia seperti Bali, Bandung, Batam, Bogor, Jakarta dan Surabaya serta Yogyakarta, dan di berbagai negara seperti Brazil, Bangkok, Hongkong, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, Singapore, dan Thailand.

Seluruh kamar di Zen Rooms memiliki kriteria standar kenyamanan yang cukup tinggi dan menjamin bahwa kebutuhan standard minimum kenyamanan terpenuhi di setiap kamar yang disediakan, yaitu, wifi gratis, tempat tidur yang nyaman, kamar yang bersih, televisi layar datar, pendingin udara dan kamar mandi di dalam. Untuk hal ini, Zen Rooms melakukan audit secara berkala untuk kamar-kamar yang dialokasikan khusus untuk tamu Zen Rooms. Jadi kamar manapun yang kita pilih, kita akan mendapatkan kamar yang telah lolos audit oleh tim Zen Rooms dan secara reguler diperiksa agar kualitasnya tetap terjaga.

Pengalaman memesan kamar sebelumnya melalui Zen Rooms yang praktis, sangat membantu mempermudah pencarian dan pemesanan kamar hotel. Bahkan saya bisa melakukannya sambil mobile melalui layar telepon seluler saya. Meski di layar ponsel, prosesnya pencarian berlangsung lancar. Menunya sangat sederhana dan ringan dibuka sehingga memberikan pengalaman pencarian yang menyenangkan. Tinggal buka websitenya, lalu masukkan data kota yang akan kita kunjungi dan tanggal menginap, maka layar akan menunjukkan pilhan hotel-hotel yang tersedia.

Untuk mempersempit pencarian, kita bisa menyaring informasi sesuai dengan kamar yang dibutuhkan, misal  harga, lokasi dan pilihan jenis kamar. Di layar tersedia gambar kamar dan informasi lokasi hotel, fasilitas pendukung, jumlah kamar yang tersedia, serta harga dan besarnya diskon. Harga yang tertera sama dengan harga yang akan kita bayarkan, jadi kita tidak khawatir akan dikenakan biaya tambahan saat reservasi. Pembayaran pemesanan kamar bisa menggunakan atm atau kartu kredit dan diberi waktu maksimal sampai dengan 4 jam untuk menyelesaikan pembayaran. Waktu yang cukup leluasa sehingga kita tak perlu terburu-buru.

Akhirnya saya putuskan untuk membawa keluarga menginap di Zen Rooms Promenade Hotel. Jarak hotel ini hanya beberapa ratus meter dari Cihampelas Walk Mall. Untuk berjalan-jalan menikmati suasana Bandung di sepanjang Cihampelas, kami cukup berjalan kaki saja. Mobil kami tinggal di hotel lalu berjalan perlahan menikmati kebersamaan dengan keluarga, bebas dari macet dan bebas repot mencari tempat parkir.

Tak repot mencari tempat makan, belanja atau sekedar cuci mata. Kami sekeluarga menghabiskan sore di Cihampelas Walk. Berjalan menelusuri koridor demi koridor, menikmati keramaian sambil mengambil beberapa gambar. Tempat yang dulu terkenal dengan sentra penjualan berbagai pakaian dari bahan jeans ini kini menjadi magnet ragam manusia berkunjung, baik warga lokal maupun pendatang, berbagai usia dan latar belakang.

donna imelda promenade hotel bandung 4

Karena bagi keluarga kami liburan itu tak selalu berarti harus mendatangi berbagai tempat di kota tujuan, maka sekedar jalan atau makan di sekitar hotel, serta menikmati suasana dan kebersamaan bersama keluarga adalah salah satu cara kami mengisi liburan. Itukah mengapa kebutuhan akan hotel yang nyaman, lega dan bersih merupakan kriteria utama dalam memilih hotel untuk staycation.

Di luar waktu jalan-jalan, waktu istirahat kami habiskan dengan berbincang sambil menonton film dari jaringan tv cable di dalam kamar yang cukup luas. Kebetulan kamar yang kami gunakan terhubung dengan connecting door sehingga meski tidur di kamar yang berbeda, kami tetap tak kehilangan momen kebersamaan dengan keluarga dan anak-anak juga tidak merasa bosan di dalam kamar. Buat kami, hotel ini cocok dipilih sebagai hotel keluarga bagi para pelancong.

Nah, bagaimana dengan sahabat Ayo Pelesiran? Apa kriteria pemilihan hotel untuk keluarga kalian?

Yuk… kita pelesiran ke Bandung!

[Donna Imelda]

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

5 comments

  1. Apapun kata orang tentang Bandung, terlalu mainstream lah, terlalu biasa lah, terlalu Macet lah, bagi saya Bandung tetap saja unik dan banyak tempat yang asik untuk ditelusuri. Apalagi kalau jalan-jalan bersama keluarga. Seperti yang dilakukan bersama keluarga Mbak Donna, jalan-jalan dan makan-makan di sekitar Hotel juga cukup lah 🙂
    Evi recently posted…Jangan Membesarkan Hal-Hal KecilMy Profile

  2. Bandung emang ngangenin. Apalagi Ciwalk. Halan2 di sana bikin betah 😀

    Enaknya di Bandung, milih hotel deket Ciwalk banyak. Hehe. Gak usah keluar duit buat transport lagi deh
    Lestarie recently posted…Kamera Ponsel, Sahabat Pedekate Saya Kepada Anak-anakMy Profile

  3. Herman Djachrie

    Sengaja menginap di Hotel Promenade di Jln. Cihampelas yg tlh banyak dikenal sebagai lokasi top untuk shopping yang sangat Deket dgn Ciwalk (Cihampelas walk) tempatnya shopping dan Kuliner di Kota Bandung.

  4. Habis lebaran lalu, hampir mau nginep di ZenRooms lho. Tapinya full booked…

  5. hotelnya bersih ya mbak, tp saya lbh suka ke daerah lembang drpd ke kota bandungnya
    riweh euuy klo weekend nyari tempat duduk buat makan aja susah banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge