Tuesday, August 22, 2017
Home » Adofani's Trip » Bermain dan Belajar di Kidzania Jakarta

Bermain dan Belajar di Kidzania Jakarta

motto bermain dan belajar, bekerja dan hobi adalah dua hal yang sama menyenangkan dan nyaris tak ada beda di @dofani world terasa kental sejak pagi hari. Hari ini saya menemani kedua buah hati saya plus seorang keponakan menuju Kidzania Jakarta. Sebenarnya ini sudah kunjungan kami yang ketiga, sehingga ketika saya menawarkan “bulan ini kita fieldtrip kemana” saya cukup bertanya-tanya mengapa mereka memilih tempat ini lagi dibanding tawaran kami ke Trans Studio di Bandung, dengan alasan yg masuk akal sekali dari dibarani bahwa mereka masih penasaran dengan beberapa profesi yg ingin mereka pelajari karena dua kunjungan sebelumnya tentu saja tidak cukup waktu untuk mendapatkan itu semua meski tiap kunjungan minimal 5 jam kami berada di area tersebut. Dibarani pun dengan sengaja memilih waktu weekday saat libur sekolah krn guru mereka harus mendampingi adik2 kelas mereka darmawisata, maka berangkatlah kami hari ini.

Dari rumah kami menuju pintu tol cibubur ke arah dalam kota untuk menuju One Pacific Place tempat kidzania berada dengan waktu tempuh yang lumayan cepat untuk ukuran Jakarta yaitu satu jam perjalanan, Kidzania terletak di lantai 6 diatas mall mewah tersebut.

Dari website resmi Kidzania dikatakan bahwa, Kidzania adalah sebuah pusat rekreasi berkonsep edutaintment yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun serta orang tua nya, dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota.

Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi seorang dokter, pilot, pekerja konstruksi, detektif swasta, arkeolog, pembalap F1 dan lebih dari 100 jenis profesi dan pekerjaan orang dewasa lainnya. Di Kidzania  terdapat bangunan-bangunan yang umumnya terdapat di sebuah kota, seperti Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan banyak lagi. Dalam rangka memungkinkan anak-anak untuk mengambil inisiatif dan melakukan apa saja yang mereka ingin lakukan, orang dewasa tidak boleh masuk establishment atau berpartisipasi dalam kegiatan. Namun, orang dewasa didorong untuk memjadi bagian dari penonton di Teater dan Stasiun TV, dan  melihat aktivitas dan prestasi anak-anak mereka dari daerah luar di establishment masing-masing.

Kidzania adalah tempat yang aman, interaktif dan memiliki unsur pendidikan yang tinggi dimana anak-anak mengenakan seragam dan melakukan peran yang mereka mainkan. Dipandu oleh para Zupervizor, anak-anak dapat menyelami langsung dunia, profesi atau pekerjaan orang dewasa yang selama ini mereka impikan, serta belajar menghargai nilai uang, seperti di dunia yang sesungguhnya. Di Kidzania, anak-anak menggunakan mata uang resmi, Kidzos. Dengan demikian, selain anak-anak dapat belajar mengenai profesi, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka. Upah yang mereka dapatkan ini kemudian bisa digunakan untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ada di Kidzania.

Nah karena ini kunjungan anak2 yg ketiga, dan mereka pun sudah merasa dirinya “anak gede”, diba malah menyarankan untuk gak usah diikuti saat mereka berada didalam. Diba bilang “plis deh bunda, aku khan udah gede bisa jaga diri dan disini khan aman, aku bisa tanya atau minta tolong petugas bila ada perlu”. Maka, ya sudahlah saya lepas mereka bermain bertiga… Dengan membekali mereka uang secukupnya, kartu nama saya dikantung mereka agar in emergency case saya bisa segera dihubungi saya pun menunggu mereka di  Parents Lounge. Sesekali dibarani singgah untuk minum atau menitipkan hasil kerja mereka disini, lalu melanjutkan permainan. Parent Lounge ini sungguh nyaman, berpendingin udara dan sofa-sofa besar dan empuk, majalah serta empat unit komputer yang terhubung dengan internet. Kita gak akan merasa bosan, saya malah bisa sambil menulis catatan ini dengan netbook yang sengaja saya bawa dari rumah untuk membunuh waktu.

Sampai tulisan ini dibuat, anak2 masih beredar entah kemana, namun kami tak khawatir, jika kami ingin menjumpai mereka pun ditempat ini, kami bisa memantau mereka mll gelang yg kami semua pakai. Dari gelang tersebut bisa dipindai anak2 terakhir kali bermain dimana. Bila anda tidak berada di parent lounge anda tinggal mengunjungi “imigrasi” untuk meminta informasi ini. Menyenangkan bukan…

yuk ah…

aku mau ngintip mereka sedang apa sekarang

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC9098e

EAT TRAVEL WRITE 5 – Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Klang Selangor

Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) berkolaborasi dengan Ministry of Tourism and Culture Malaysia, ...

2 comments

  1. menyenangkan sekali bermain sambil belajar di sini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge