Tuesday, July 16, 2019
Home » Review and Event » Bersiap Seseruan di 9 Wahana Baru Dufan Tahun 2019

Bersiap Seseruan di 9 Wahana Baru Dufan Tahun 2019

Jika saya hanya boleh menyebut tiga kata saja untuk tempat ini, maka melegenda, eksis dan seru adalah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan Dunia Fantasi. Bagaimana tidak disebut melegenda dan eksis, theme park terbesar di Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1985, saat saya masih sekolah dasar dan masih eksis hingga saya menikah dan memiliki anak berusia remaja.

Itulah hebatnya Dunia Fantasi sehingga di usianya yang sudah lebih dari 3 dekade ini masih saja terus eksis dan menjadi tujuan wisata keluarga di Jakarta. Hal ini tak lepas dari inovasi yang dilakukan oleh Dunia Fantasi dari tahun ke tahun sehingga selalu saja ada wahana baru yang membuat wahana bermain bermaskot Bekantan jantan bernama DUFAN ini selalu menawarkan keseruan dan kebahagiaan.

Beberapa dari kita mungkin masih ingat, selama 5 tahun terakhir Dunia Fantasi selalu berinovasi dengan menambah wahana baru. Di tahun 2014 Dunia Fantasi menghadirkan wahana indoor Ice Age dan Hello Kitty, yang diikuti dengan pembangunan wahana Dufan Glow pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2016 Dunia Fantasi menambah lagi wahana Fantasy Light yang diikuti dengan penambahan wahana Galactica dan Magic House pada tahun 2017 dan 2018 sehingga sampai akhir tahun 2018 kemarin, total wahana yang dimiliki Dunia Fantasia berjumlah 30 wahana.

Inovasi itu tak berhenti, keinginan Dunia Fantasi untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kawasan bermain tematik atau theme park terus bergulir. Dan istimewanya di tahun 2019 ini, secara fantastis saat ini Dunia Fantasi tengah menyiapkan sebuah kawasan baru seluas 3,5 hektar, berikut dengan gerbang utama yang baru pula untuk menggantikan gerbang utama yang sekarang digunakan. Kawasan baru seluas 3,5 hektar ini diberi nama Dunia Kartun. 

 

Tak tanggung-tanggung, di kawasan baru ini bukan hanya akan ada satu atau dua wahana melainkan akan dibangun 9 buah wahana baru sehingga total wahana yang akan dimilik Dunia Fantasi di tahun 2019 ini akan berjumlah 39 wahana. Wow, keren banget khan! Penambahan kawasan ini membuat total area Dunia Fantasi nantinya menjadi 20 hektar. Kebayang khan luasnya, jadi kalau rata-rata selama ini pengunjung berada di Dunia Fantasi dengan durasi sekitar 5-6 jam maka dengan penambahan kawasan baru pengunjung akan berada lebih lama lagi bermain dan seseruan di sini, bisa hingga 7 atau 8 jam.

Asiknya, kesembilan wahana baru ini sengaja didesain untuk memenuhi keinganan masyarakat untuk bisa menikmatinya sekeluarga, jadi bisa dinikmati oleh semua pengunjung, pria maupun wanita di segala usia. Hal ini akan menguatkan bahwa Dunia Fantasi hanya bisa nikmati oleh mereka yang berusia remaja atau dewasa dan berani tapi juga anak-anak. Wahana-wahana tersebut disiapkan dengan tingkat pacu adrenalin yang beragam, dari yang santai sampai yang bisa bikin adrenalin berpacu cepat. Kesembilan wahana tersebut yaitu:

  1. Baling-Baling: Wahana ini diperuntukkan untuk remaja dengan ketinggian 30 meter yang akan memacu adrenalin dengan berayun dan memutar hingga 360 derajat. Kapasitas permainan ini adalah 30 orang per permainan atau sekitar 600 orang per jam.
  2. Paralayang: Wahana ini memberikan sensasi seperti terbang. Tak terlalu ekstrim sehingga bisa dinikmati bersama keluarga.
  3. Turbo Drop: Nah, kalau wahana ini sebenarnya mirip dengan Wahana Histeria versi lebih rendah dan bisa dinikmati oleh semua umur termasuk anak-anak. Permainan dengan kapasitas 8 orang ini membuat pengunjung seolah-olah dihembuskan dengan kecepatan tinggi hingga 8 meter. Seru pasti, dan aman karena tidak seekstrim Histeria.
  4. Karavel: Karavel atau galleon race merupakan wahana untuk anak–anak dengan sensasi melayang seperti gelombang di udara dengan pergerakan 360 derajat. Permainan ini memiliki kapasitas 24 orang.
  5. Kolibri: Wahana Kolibri merupakan wahana anak–anak yang menawarkan sensasi terbang. Permainan ini dikombinasikan dengan visual Dunia Kartun yang dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat dan gerakan naik – turun secara perlahan. Kapasitas: 28 orang
  6. Zig-Zag: Merupakan wahana untuk “keluarga” yang terdiri dari beberapa mobil yang bertenaga listrik. Aku sih membayangkannya mirip-mirip bom bom car kalik ya. Wahana ini dimainkan dengan mengarahkan mobil untuk menghindari mobil lainnya. Kapasitas: 20 car/40 orang. Kapasitas per jam:685 orang
  7. Ontang-Anting: Wave swinger (ontang–anting) termasuk wahana yang populer dikawasan rekreasi yang diperuntukan bagi anak–anak dan remaja. Wahana ontang–anting bergerak 360 derajat sesuai arah jarum jam yang membuat pengunjung serasa melayang di udara. Kapasitas: 56 seats. Kapasitas Per Jam 1400. Serunya reramean nih. Disediakan seat yang bisa berdua lho.
  8. Haunted Coaster: Pengalaman berbeda saat menaiki roller coaster, karena wahana ini akan berdiri di bangunan indoor. Perjalanan roller coaster yang bukan hanya memberikan pengalaman adrenalin namun juga memberikan kisah menarik. Namanya aja haunted, pasti ngeri-ngeri sedap nih sensasinya.
  9. Fantastique: Fantastique menampilkan pertunjukan yang menarik dan sangat indah untuk dinikmati. Aku sih sudah membayangkan sesuatu yang spektakuler. Panggung luas, lighting yang keren dan sound yang membahana. Beneran fantastis.

Kalau penasaran, bisa lihat teasernya dalam bentuk video di link youtube ini ya, 9 New Rides on Dunia Fantasi Ancol. Dijamin gak sabar deh menanti semua wahana ini beroperasi.

Kita ke sana bareng yuuuukkkk…

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Ashley Hotel, Tempat Menginap yang Nyaman dan Strategis di Jakarta

Ashley Hotel adalah tempat menginap yang nyaman dan strategis di Jakarta. Namanya saya kenal sebagai ...

27 comments

  1. Avatar

    Wih seru banget ya Dufan bertambah Wahan lagi, bukan tanggung2 ada 9 lagi, harus nabung yg banyak nih biar bisa ke sana menikmati wahana2 tersebut 😀

  2. Avatar

    Mbaaa, aku belum pernah ke Dufan :(. Kayaknya kalau ke DUfan lagi ajak ajak ya mba. Tapi kayaknya aku main permainan yang nggak terlalu memacu adrenalin deh. Hihih

  3. Avatar

    aku kok jadi ngga sabaaar ya hehehe. I always love theme parks mba, so wherever we are or wherever we go, we always look for the theme parks yang seruuu. Pulang dari NYC kemarin udah sempet ke Dufan sekali 🙂

  4. Avatar

    Saya juga sudah tahu Dufan dari iklan di majalah Bobo. Pengen ke sana cuma belum kesampaian. Ternyata ada banyak wahana dan luas wilayahnya bertambah, hem, kayaknya bakal bikin pengunjung puas dan betah. Pasti pengen balik lagi untuk menonton sepuasnya. Apa ada tempat menginap yang murah di dekat Dufan untuk keluarga yang bertiga?
    Bagi saya Dufan juga legenda, karena merupakan arena bermain pertama di indonesia. Ada banyak orang kampung sini yang sudah ke sana dan merasa senang. Artinya Dufan tetap populer meski banyak tempat wisata di Jakarta.
    Semoga saya dan keluarga bisa ke Dufan juga. Meski cuma main jalur aman soalnya jantung tak kuat untuk ikut wahana yang merangsang adrenalin, he he.

  5. Avatar

    Aku udah gak sabar nih mbak Donna nunggu 9 wahana terbaru di Dufan. Mau ke san alagi ah sama anak-anak pakai tiket fast track biar puas 🙂

  6. Avatar

    Woaaa baca ceritanya jadi inget kapan terakhir kali ke Dufan. Ya ammpuuuunn 2008 pas hunimun pernikahan, hahaha. Kudu diulang lagi nih ke Dufannya.

  7. Avatar

    Mau doooong Mbak, diajak kesana bareng 🙂
    Wahana barunya kayaknya kebanyakan untuk anak-anak yaah, pasti mereka bakalan senang nih dengan keseruan itu.

  8. Avatar

    waaa, seru! udah lama nih ga main-main ke Dufan Ancol ^^ tapi aku kalo ke Dufan, jarang banget main di wahana ekstrim seperti di sebut di atas itu xD ngeri soalnya, haha.. ah jadi pengen ajak anak-anak ke sini mbak 😀

  9. Avatar

    Tempat ini bgiku juga melegenda banget, Mbak. Aku ke sana pas SMP, jadi kira-kira thun 2006 lalu. Dan di sana hany bisa naik bianglala krena yang lain antre nya panjang banget. Tapi, seru, pas smpai atas bisa lihat Pulau Seribu dan Jakarta dari atas.

  10. Avatar

    Seruuuu wahana2nya yaaaa 😀
    Pasti lbh asyik lagi main ke Dufan-nya 😀
    Yg baling2 itu kyknya seru tapi paling aku cuma bisa memandangi, dah cemen naik2 gtuan wkwkwkk
    Apalagi kalau wahana barunya jadi, pastinya ank2 lbh bnyk lagi mainan yang bisa dinaiki ya 😀

  11. Avatar

    Uda lama keknya aku gak main ke Dufan.
    Uhhuuk~
    Jadi mupenk.

    Dan Dufan adalah salah satu Taman Bermain Outdoor favorit akuuh…

  12. Avatar

    Wah keren nih banget banyak wahana baru di dufan mantul bingit

  13. Avatar

    Huhuhu, kujadi kangen Dufan. Terakhir ke sana tahun 2011. Waw, udah lama banget. Makin banyak wahana yang menarik ya. Anak-anakku dulu masih terbatas naik ini itu. Kayaknya kalo sekarang ke sana, mereka bakalan suka.

  14. Avatar

    Bener banget mba, Dufan ini sungguh melegenda. Dulu aku sempat jengkel sama bapak, waktu masih kecil diajaknya ke TMII, bukan ke Dufan. Padahal kan pengin merasakan sensasi wahana2nya yang semuanya asyik2. Baru deh pas kuliah bisa ke Dufan bareng teman2 kampus.

    Sekarang makin banyak wahana baru. Dufan terus berbenah yaaa…saingannya juga makin banyak nih park2 sejenis gini. Harus inovatif dan melakukan pembaruan.

  15. Avatar

    Liat postingan ini bikin mupeng deh mbak. pengen juga jalan-jalan ke dufan dan ngerasain gimana serunya menikmati 9 wahana yang mbak sebutkan di atas

  16. Avatar

    Asikk banyak wahana baru di Dufan… Inovasi seperti ini yang dibutuhkan ya mba, agar wahana dufan tidak ditinggalkan dan kembali menjadi wisata destinasi fav di Jakarta.. aku dah berapa tahun ya ngga ke Dufan? ada kali 8 tahun hehe.. fix nanti ajak keluarga ke Dufan juga

  17. Avatar

    Duh, udah berapa abad nih aku nggak Dufan :(. Jaman gadis mah dikit-dikit ke Dufan, apalagi pas jaman masih ngajar Mba, tiap bulan November (hari guru) masuk Dufan gratis. Pas jamannya SBY kalau nggak salah. Puasss banget tiap pulang ngajar ke Dufan. Gils! hahaha.
    Sekarang anak-anak udah mayan gede, bisa kayaknya diagendakan ke sana, apalagi banyak banget wahana baru yaaa <3

  18. Avatar

    Aku terakhir ke dupan jaman Szd ig mbam jadi skrg makin banyak wahananya ya. Nambahnya ada 9 pula.

  19. Avatar

    Ya Allah bikin kangen Dufan
    Jaman SMA mainnya ke sini pas perpisahan
    Kangen lagi dolan ke aini semoga kapan kapan ada rejeki aamiin

  20. Avatar

    Sebagai orang yang tinggal di daerah yang jauh banget dari ibukota, saya belum pernah ke Dufan nih. Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki ke sana dan menikmati wahana-wahana yang ada yang kelihatannya seru-seru itu 🙂

  21. Avatar

    Wahhh dengan munculnya 9 wahana baru itu, pasti bakalan semakin banyak orang yang tertarik ke Dufan nih untuk menikmati keseruan wahana yang akan diluncurkan itu 🙂

  22. Avatar

    Langsung ingat tahun 2003, pernah bawa Yasmin ke sini.
    Masih teringat aura sukacita putri semata wayangku itu.
    Apalagi di Balikpapan, kota domisiliku, tak banyak menawarkan wahana seru begini.

    Setuju sama mba Donna, inovasi memang kata kunci di zaman millenial ini, kalau tak ingin ketinggalan “kereta” ya…

    Hmmm… dijamin semua pasti pada penasaran ya dengan wahana baru ini…

    Aku, jugak! 🙂

  23. Avatar

    Wahh harus coba nih mba, sudah lama Dufan tidak update permainannya.. Liat kalender langsung dehh

  24. Avatar

    Terakhir saya main ke Dufan tahun 2016 kayaknya, saat Audi datang liburan ke Jakarta. Pertengahan tahun ini nanti kalau dia jadi liburan ke Jakarta lagi, mau saya ajak ke Dufan lagi ah, biar bisa nyobain 9 wahana baru di Dufan sama-sama. Main sama Audi seru. Anaknya suka banget dengan permainan yang memacu adrenalin soalnya.

  25. Avatar

    wah.. seru banget ya mbak.. sayang kmrn pas bentrok sm jadwal yang duluan ada…

  26. Avatar

    Wah jadi kangen Dufan saya mbak. Kesini pas umur dua tahun, masih belum mengerti apa-apa hehe. Tapi kalau lihat foto-foto yang diabadikan orang tua saya, kok jadi kepengen suatu saat nanti mau ajak anak main kesana. Eh sekarang sudah punya bayi, malah jauh dari Indonesia nya hiks.
    Lisa Maulida R recently posted…Urus NHI Taiwan Sendiri? Ngga Ribet Kok !My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge