Friday, September 22, 2017
Home » Review and Event » Long Weekend di Apartemen, Cara Praktis Menikmati liburan Keluarga di Jakarta
donna imelda travelio sewa apartemen
Lengkap dengan living room dan ruang makan

Long Weekend di Apartemen, Cara Praktis Menikmati liburan Keluarga di Jakarta

Long weekend mungkin bagi sebagian orang adalah kesempatan baik untuk menikmati liburan di luar kota. Namun sedikit berbeda dengan saya dan keluarga, kami tidak terlalu menyukai liburan di masa-masa liburan umum karena hilangnya kenyamanan saat berlibur karena macet atau kondisi tempat wisata yang terlalu ramai. Beberapa alternatif lain biasanya kami lakukan agar tetap bisa memanfaatkan libur dan menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga. Hmm, kira-kira seperti apa ya?

  • Liburan itu Gak Harus di Luar Kota

Sudah rahasia umum saat long weekend jalan menuju luar kota Jakarta pasti macet sekali, seperti di jalur Puncak, pintu tol Cikampek, bahkan hingga ke Brebes. Saya malah pernah mengalami macet yang berkepanjangan saat ke Pekalongan di suatu long weekend pada Bulan Desember 2017 lalu. Bayangkan, saya dan keluarga harus menempuh perjalanan tersebut hingga 17 jam lamanya. Itu baru persoalan di perjalanan lho, belum lagi kondisi ketika sampai di kota tujuan.

Sebutlah Bandung, Bogor atau Yogyakarta, saat liburan atau long weekend  jalanan di dalam kota juga macet, cari parkir di lokasi wisata susah, harus parkir jauh dari lokasi dan berjalan kaki menuju lokasi. Di dalam lokasi wisata juga biasanya penuh pengunjung dan jadi tidak nyaman, bahkan untuk mengambil foto pun susah karena background foto terhalang pengunjung. Di spot-spot foto tertentu, bahkan kita harus mengantri berjam-jam untuk bisa mengambil gambar.

  • Staycation di Apartement, Why Not?

Melihat fenomena liburan saat long weekend yang hampir selalu seperti itu, kami sekeluarga memang akhirnya lebih suka stay di Jakarta saja dan menikmati waktu keluarga bersama saat long weekend. Kadang hanya berenang atau window shopping, makan di luar atau mengunjungi keluarga lainnya. Sesekali kami staycation di hotel atau sewa apartemen di sekitar Jakarta, lalu bermalas-malasan di sana sambil menikmati fasilitas hotel, olahraga, berenang dan makan enak.

Karena anak-anak sudah besar, gak mungkin dong tidur berempat dalam satu kamar saat menginap di hotel. Harus pesan dua kamar dengan connecting door atau kamar dengan tipe Family Room. Namun tak semua hotel yang kami pilih memiliki family room atau connecting door. Kalau pun ada belum tentu dalam keadaan tersedia, bisa jadi sedang digunakan tamu lain. Akhirnya terpaksa kami memesan dua kamar yang benar-benar terpisah dan kehilangan sebagian kebersamaan dengan anak-anak.

Menyiasati hal tersebut, akhir-akhir ini kami lagi suka memilih apartemen untuk tempat menginap saat liburan. Pertimbangan utamanya adalah agar kami selalu bersama saat liburan, karena salah satu tujuan utama liburan keluarga adalah merekatkan kembali ikatan keluarga yang mungkin renggang karena kesibukan kami sehari-hari. Menginap di hotel namun terpisah kamar dengan anak-anak itu rasanya seperti mengurangi kebersamaan kami.

  • Pilih akomodasi yang sesuai kriteria keluarga

Memilih tempat menginap sebenarnya bukanlah hal yang sulit, asal kita telah menentukan kriteria apa yang kira inginkan. Kriteria bisa saja berbeda-beda tergantung  liburan seperti apa yang kita inginkan. Apakah berlibur dengan pasangan atau dengan keluarga, sendirian atau dengan rombongan, lebih banyak di dalam ruangan atau aktivitas di luar. Semua tentu saja menghadirkan kebutuhan yang berbeda-beda.

Seperti saya misalnya, libur long weekend kali ini ingin bersama keluarga menghabiskan waktu lebih banyak di satu lokasi. Dengan pertimbangan demikian maka tempat menginap yang cocok buat kami saat itu adalah akomodasi yang berlokasi di tengah kota, memiliki kamar tidur yang luas untuk berempat, ada fasilitas kolam renang, parkir tersedia dan aman, serta dekat dengan pusat hiburan dan belanja. Dan yang memenuhi kriteria tersebut adalah menyewa apartemen.

Mengapa memilih apartemen? Selain hal tersebut di atas, ada beberapa kelebihan apartemen dibanding dengan di hotel yang saya suka, seperti:

  1. Memiliki lebih dari satu kamar tidur, cocok untuk liburan keluarga atau grup
  2. Memiliki living room sehingga ruang gerak lebih leluasa dan ada tempat untuk berkumpul
  3. Biasanya terletak di tempat yang strategis dan mudah dijangkau
  4. Memiliki pantry sehingga leluasa untuk menyiapkan makanan dan minuman
  5. Memiliki teras atau balkon untuk menikmati suasana
  6. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat
  • Lakukan pemesanan via online

Setelah sepakat dengan keluarga untuk staycation di apartemen mengisi long weekend maka saya mulai browsing apartment mana yang cocok buat kami. Bersyukur banget hidup di jaman digital, semua urusan jadi gampang, termasuk urusan liburan. Semua bisa dilakukan di rumah hanya dengan sentuhan jemari di layar telepon seluler. Semua informasi tersaji lengkap hanya dengan menggunakan internet, pemesanan pun dengan mudah saya lakukan dengan menggunakan gawai di tangan saya.

Kebetulan selama ini saya telah terhubung dengan Fans Page Facebook Travelio dan sering melihat promo sewa apartemen murah di Travelio yang muncul di lini masa saya. So, gak mikir lama, saya langsung buka website resminya di Travelio.com. Dan beneran, pilihan akomodasinya banyak banget dan rate-nya sangat beragam. Ada sewa apartemen, sewa villa, sewa rumah, guest house bahkan hingga kamar murah bertarif seratus ribuan semalam juga ada. Akomodir banget ya terhadap segala macam kebutuhan.

Setelah log in, saya langsung mengisi data pencarian utama yang ada di beranda, yaitu data lokasi menginap, tanggal menginap, lama menginap dan jumlah tamu. Tapi kalau ingin melihat-lihat dulu boleh juga, ada daftar apartemen di 5 kota populer di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Bogor atau melihat  promo-promo yang sedang berlangsung dan daftar apartemen serta lokasinya, pengunjung bisa scrolling dulu ke bagian bawah web.

Di hasil pencarian pun kita bisa melakukan penelusuran dengan mudah karena menunya sangat user friendly. Ada menu untuk mengurutkan hasil berdasarkan harga, peringkat atau nama, dan ada pula filter untuk harga, tipe kamar atau properti dan lokasi, atau langsung memasukkan nama akomodasi yang kita cari. Ini sangat memudahkan saya untuk mendapatkan akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Saya filter deh di angka satu juta s.d satu setengah juta, tipe apartemen dan lokasi di Jakarta Selatan untuk 4 orang di tanggal 27-28 Maret 2017 kemarin.

donna imelda travelio sewa apartemen

Lalu saya menelusuri lebih jauh pilihan-pilihan yang tersedia dari hasi pencarian tersebut, termasuk melihat-lihat kondisi ruangan melalui gambar yang tersedia dan detail properti. Ini penting buat saya supaya ekspektasi saya sesuai dengan yang saya inginkan saat check in nanti. Saya memperhatikan betul fasilitas yang tersedia, termasuk memperhatikan ketentuan biaya tambahan di luar biaya sewa apartment seperti cleaning fee, ketentuan parkir kendaraan dan soal deposit. Dari situ kami memutuskan untuk memilih Denpasar Residence Apartment yang paling sesuai dengan kriteria dan budget kami.

Salah satu hal yang saya suka saat memesan di Travelio adalah konten web-nya yang sangat informatif di setiap pilihan akomodasi. Semua informasi yang saya ingin tahu tentang apartemen yang saya pilih sudah ada di sana termasuk tempat wisata terdekat. Sangat membantu sehingga calon tamu atau penyewa gak perlu repot browsing sana sini untuk cari tahu lebih lanjut. Oh ya, ada fitur “Coba Tawar” pula di menu Travelio. Saya gak mau ketinggalan mencoba dan lumayan lho, selisih karena menawar tadi bisa untuk bayar parkir selama dua hari semalam di mall Kuningan City tempat Denpasar Residence Apartment yang kami sewa berada.

Pembayarannya pun mudah dengan isian form yang gak ribet dan berbelit-belit. Setelah proses konfirmasi yaitu memastikan akomodasi yang saya pilih benar dan biaya total yang dikenakan serta syarat ketentuan saya setujui maka saya melanjutkan ke proses pembayaran. Ada tiga pilihan cara pembayaran yaitu menggunakan kartu kredit, internet banking dan bank transfer. Saya memilih yang ketiga yaitu bank transfer, baik pembayaran sewa apartment maupun depositnya.

Proses transfer juga mudah sebagaimana proses transfer bank pada umumnya. Apalagi sebelumnya kita akan mendapat konfirmasi tentang nomer rekening yang dituju, jumlah yang harus di-transfer dan cara transfer. Gak bakal bingung deh di proses ini. Selesai transfer nanti kita akan dapat konfirmasi lagi bahwa dana yang kita kirim sudah diterima. Kelar deh, tinggal nunggu hari H dan bersenang-senang bersama keluarga menikmati long weekend

  • Nikmati waktu keluarga yang berkualitas saat liburan

Nah, penasaran gak bagaimana liburan long weekend ala Adofani’s Family? Yang jelas kami happy banget karena apa yang kami lihat di lapangan sesuai dengan ekspektasi kami saat booking di Travelio. Letaknya di Mal Kuningan City membuat kami tak perlu repot keluar lagi untuk bersenang-senang. Kolam Renang tersedia, pusat perbelanjaan lengkap di lokasi yang sama. Bahkan kami sempat belanja di Giant yang terletak di lantai bawah apartemen sebelum naik untuk membeli camilan yang bisa kami masak untuk dinikmati bersama di apartemen.

Kerjaan kami sekeluarga ya “mager “di living room berempat, ngemil, ngobrol, bercanda dan nonton film-film bagus di channel tivi kabel yang disediakan. Niatnya memang pengen menikmati quality time dengan anak-anak, bersantai bersama dan mengembalikan bonding antara anak dan orang tua yang mungkin tergerus karena kesibukan masing-masing. Jadi kami manfaatkan optimal waktu dan suasana yang tercipta untuk itu.

Lokasi yang benar-benar strategis di atas sebuah mall besar di Jakarta, membawa kemudahan dalam menikmati liburan bersama. Di malam hari kami makan malam bersama dari menu resto yang ada di bawah, tinggal turun lewat lift saja. Keesokan harinya kami pun tak perlu buru-buru mandi dan berkemas karena untuk window shopping dan belanja cukup turun ke mall saja. Hanya butuh satu menit saja ke mall hehehe, bayangkan bedanya kalau kami harus ke luar lokasi menginap lalu membawa kendaraan ke pusat hiburan dan belanja di lokasi lain. Kena macet dan cari parkir.

Wah… enakan begini deh. Pilihan menikmati quality time bersama keluarga dengan staycation di apartemen memang pas buat kami

So… bagaimana liburan keluarga ala anda?

Mumpung aku punya voucher ini untuk kalian, bisa dipake dengan kode voucher: DONNA417.
Nilai diskon: 10% atau maksimum Rp500.000,00. Syarat dan Ketentuan berlaku yaaaa
Yuk staycation!

donna imelda travelio sewa apartemen

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

The Passport @donnaimelda

The Passport – Tempat Hangout Favorit di Gading Serpong

Bukan sekali ini saya mampir ke The Passport, tempat hangout favorit saya di Gading Serpong. ...

7 comments

  1. Wah pas lagi cari alternatif nginep djakarta bawa keluarga, pas ada artikel ini. Info bermanfaat banget. Makasih mbak
    🙂

  2. Wah, aku belum pernah nih staycation di apartemen. Klo liat isinya sih sama kayak hotel ya mbak

  3. Liat dari foto kayaknya nyaman banget bisa staycation di apartement.
    kurnia amelia recently posted…Depresi,,Yuk CurhatMy Profile

  4. Toss mbaa, aku pun kalo berlibur mending pas gak musim liburan atau long weekend.. Hihi.. Seru jg ya staycation di apartemen, aku belum pernah nyoba.. Btw kaos ayopelesiaran yg oranye keceeee mbaaa.. 😀
    Dita Indrihapsari recently posted…Menjajal Berbagai Wahana di Trans Studio MakassarMy Profile

  5. betul ya, ganti suasana biar fresh lagi

  6. Asik juga liburannya nginap di apartemen ya. Kapan2 mau coba juga.

  7. seperti tinggal di rumah dgn kehangatan keluarga tapi suasananya beda 🙂
    Ria recently posted…Ini Dia Beragam Jenis Masakan Indonesia Khas Papua yang Harus Anda Coba!My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge