Friday, June 23, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Jakarta » Cerita Dari Pantai Sebening Kristal dan Rumah Penyu di Pulau Pramuka #EnjoyKepulauanSeribu
IMG20161209085632

Cerita Dari Pantai Sebening Kristal dan Rumah Penyu di Pulau Pramuka #EnjoyKepulauanSeribu

Pagi terasa begitu syahdu saat kita terbangun di pagi hari dan disambut oleh alunan musik alam. Deru ombak dan hembusan angin berpadu dengan dengan dinginnya udara Pulau Harapan di belakang homestay sungguh menghadirkan suasana syahdu dalam benak. Segelas teh panas di tangan pun mencairkan semua angan, makin nyata makin dekat karenanya. 

IMG20161209091320

Homestay tempat kami menginap di Pulau Harapan adalah rumah penduduk yang biasa disewakan untuk pelancong. Di setiap pulau wisata di Kepulauan Seribu, homestay adalah pilihan dominan sebagai tempat tinggal karena tempat menginap berupa hotel hanya ada di pulau-pulau resor seperti Pulau Bidadari dan Pulau Ayer. Namun jangan khawatir soal kenyamanan, pelancong bisa memilih homestay yang nyaman seperti yang kami tinggali.

Meski sederhana, homestay kami yang kami tempati memiliki empat kamar dengan 3 kamar mandi (salah satunya ada di dalam kamar), dan setiap kamar dilengkapi dengan air conditioner. Untuk bersantai di dalam homestay, terdapat dua living room yang masing-masing dilengkapi dengan televisi. Dan istimewanya, teras belakang homestay kami persis menghadap ke laut, sehingga kami bisa bersantai-santai di teras menikmati hembusan angin dan aroma laut sambil melihat anak-anak lokal bermain air di laut.

IMG20161209060348

Terbayang khan betapa indah pagi kami saat menikmati detik-detik mentari menjelang hari di pinggir dermaga kecil dengan segelas teh panas di tangan, amboiiiii syahdunya.

Hari kedua di Kepulauan Seribu kami isi dengan snorkeling, seru khan. Seusai sarapan nasi uduk dan kerupuk ikan buatan masyarakat lokal kami pun bergerak menuju dermaga. Rombongan kembali dibagi menjadi dua kapal, namun kali ini kami menggunakan kapal kayu berukuran sedang agar mudah merapat di pulau-pulau kecil karena tak semua pulau memiliki dermaga untuk kapal besar. Untuk keamanan setiap peserta harus menggunakan pelampung dan dibekali dengan satu set alat snorkeling. Wah, kami pun makin semangat.

Lokasi snorkeling kami yang pertama adalah perairan di sekitar Pulau Perak. Dan lagi-lagi saya jatuh hati dengan kondisi di Pulau Perak. Kami sempat mampir sebentar di pulau ini untuk menerima briefing bagaimana beraktivitas di laut yang bertanggung jawab, misal tidak menginjak terumbu karang dan menyentuhnya. Juga terhadap hewan-hewan dan ikan-ikan yang ada, cukup dilihat saja, jangan diganggu, disentuh apalagi ditangkap.

Sebelum snorkeling, kasih senyum manis dulu untuk fans ya
Sebelum snorkeling, kasih senyum manis dulu untuk fans ya

Sebagaimana pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Perak kembali membuat saya jatuh hati. Pulaunya bersih, pasirnya putih dan lembut, dan airnya jernih dengan gradasi warna biru dan hijau tosca yang cantik sekali. Sejenak saya membiarkan kaki saya bertelanjang menikmati pasir dan airnya, hangatnya menjalar ke seluruh tubuh. Rasanya ingin berlama-lama menikmati pulau ini sambil berayun-ayun diatas buaian yang tergantung di sebuah pohon besar di atas pantai. Sayang kami harus segera melaut untuk snorkeling.

Di lokasi snorkleing yang dipilih tak terlalu banyak yang bisa kita lihat. Nyaris tak ada terumbu karang di tempat ini, hanya gerombolan ikan berwarna-warni yang bisa kami lihat. Namun itupun tak mengurangi antusias kami menikmati hari, kami sibuk menikmati kebersamaan, bahkan beberapa baru pertama kalinya snorkeling, jadi mereka sibuk dengan euforia mencoba bagaimana alat snorkeling itu bekerja. Tak apa, lain waktu kami bisa mencari lokasi snorkeling lain yang alam bawah lautnya lebih indah.

Bening banget ya... bikin betah
Bening banget ya… bikin betah

Lokasi kedua tempat kami bermain air adalah Pulau Dolphin, mungkin dulu sering terlihat Dolphin di sekitar pulau ini sehingga dinamakan demikian. Dan ini memang bukan hoax, seminggu setelah kami menjelajah Kep. Seribu, di salah satu instagram milik seorang travel blogger diposting seekor dolphin yang menampakkan diri di sekitar Pulau Harapan. Wah saya berharap suatu saat saya bisa melihat hewan mamalia yang pernah saya lihat di Teluk Kiluan Lampung di Kepulauan Seribu.

Di Pulau Dolphin saya lebih memilih untuk bermain di pinggir pantai menikmati segelas teh panas dan semangkok Indomie Telor pakai cabe rawit. Kebayang khan maknyusnya, badan dingin dan lapar setelah snorkeling, diumpani dengan makanan dan minuman panas. Sisa waktu saya gunakan untuk berbincang sambil bermain air dan pasir di pantai. Dan bukan Indonesia Corners Team ya kalau nggak ditingkahi dengan canda dan tawa. Selalu saja ada yang dilakukan untuk memancing gelak.

IMG20161209145622

Jadwal yang cukup padat membuat kami tak bisa berlama-lama snorkeling dan bermain-main di pantai. Apalagi rencananya masih ada dua pulau lagi yang akan kami datangi yaitu Pulau Pramuka dan Pulau Ayer. Sayang, hari yang terlanjur beranjak sore dan angin membuat ombak semakin tinggi di sore hari, panitia memutuskan untuk mengakhir kunjungan di Pulau Pramuka. Tak apa, biar menjadi alasan untuk kembali ke Kepulauan Seribu untuk mengunjungi Pulau Ayer dan pulau-pulau lainnya.

Di Pulau Pramuka kami mengunjungi pinggiran Hutan Mangrove yang letaknya berseberangan dengan Rumah Penyu atau Sea Turtle House. Kami tak sempat mengelilingi Hutan Mangrove dan lebih banyak berada di Rumah Penyu untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses penangkaran Penyu. Telur-telur Penyu yang berada di sini sebagian besar dari jenis Penyu Hijau dan Penyu Sisik. Telur-telur sebut dikumpulkan dan dirawat hingga menetas dan menjadi Tukik dan siap dilepas ke alam bebas.

IMG20161209151346

Tak semua Tukik di lepas, ada yang memang sengaja dipertahankan untuk kepentingan pengambilan sampel dan penelitian. Ada pula penyu yang sudah terlalu besar yang sudah sudah kehilangan insting alam liarnya dan dikhawatirkan tidak dapat beradaptasi lagi bisa dilepas ke lautan luas. Yang seperti ini juga tetap dipertahankan di rumah penyu. Nah untuk kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang penyu dan butuh waktu untuk riset, di Pulau Pramuka ini juga tersedia lho rumah tinggal untuk singgah.

Nah, tak perlu jauh-jauh khan bila ingin menikmati keindahan pulau-pulau di Indonesia. Apapun pilihan wisata anda, bisa didapatkan di Kepulauan Seribu, dari pulau resor, pulau wisata, pulau arkeolog, pulau edukasi lengkap tersaji. Baik atraksi wisata sejarah, keindahan alam, sustanaible tourism maupun keunikan masyarakat lokal.

Tunggu apalagi?

Yuk kita pelesiran ke Kepulauan Seribu.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

pulau ketam donna imelda

Pulau Lumpur Nan Unik itu Bernama Pulau Ketam

Deretan rumah panggung yang unik dengan tiang-tiang kayu penyangga serta barisan perahu yang tertambat itu masih ...

13 comments

  1. Aih airnya jernih sekaliii. Jadi pingin segera ke sana

  2. wah, ini salah satu spot buat snorkelingnya di pulau harapan kok g ditayangin fotonya Mba?

    Pengen ke sini sudah lama. tp kok belum sempet2 aja. haha
    kayanya ID corner perlu bikin trip ke sini terus ajak aku. wkwk

  3. Boleh dong info penginapan di Pulau Harapan nya mbak.

    Sejauh ini aku belum pernah nginap di Pulau Pramuka atau Pulau Harapan, baru di Tidung, Perak, dan Pari saja. Kalau menurut mbak Donna, lebih asik mana, Harapan atau Pramuka untuk getaway sekitar 2 harian?

  4. jadi kangen pengen kesini lagi yang penting ombaknya jangan besar-besar ya, kemarin itu bikin deg-degan haha

  5. Cakep pulau dan pantainya. Pulau yang paling favorit di kepulauan seribu yang udah pernah dikunjungi yg mana, mbak? Biar ada gambaran soalnya belom pernah ke sana sama sekali ;(

  6. Cakep bgd pantainyaaaaa,
    Begini mah aku bakal betah main air di situ mbk, hehe

  7. Cakep bgd pantainya,
    Begini mah aku bakal betah main air di situ mbk, hehe

  8. waahhh…Saya pernah melihat dolphin di perairan pulau pramuka saat hendak kembali ke dermaga. dan baru tau ternyata ada pulau dolphin…
    pasti akan menyenangkan melihat kumpulan dolphin berenang cantik

  9. airnya bening banget ya mba. kapan-kapan mau lah kemari.
    Rahmawatie recently posted…Piknik Seru Bareng Keluarga ke Air Terjun di Way KananMy Profile

  10. Tukiknya kok warnanya gitu ya??
    Situnis recently posted…Pantai Tebing Aceh Besar: Cantik Sih, Tapi Mahal di OngkosMy Profile

  11. Kalau udah membaca tulisan tentang pantai, aku pengen segera cepat2 kesana Mbak. Rasanya adem banget kalau tinggal di tepi pantai, apalagi lihat photo-photonya mbak Donna. Semoga aku bisa kesana ya Allah.
    yelli recently posted…E-Commerce Solutions untuk Shopee IndonesiaMy Profile

  12. Kapan ya bisa ke sini lagi 🙂

  13. ikannya dah keliatan di pinggir pantai atau kita harus agak ketengah lagi kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge