Tuesday, August 22, 2017
Home » Traveling » Around The Globe » Gerimis Mengundang di Orchard Road…. awal sebuah perjalanan
IMG_0792

Gerimis Mengundang di Orchard Road…. awal sebuah perjalanan

Pernah berasa mati gaya saat traveling? Apa penyebabnya?

Aku pernah, salah satunya karena hujan. Ya, hujan seperti judul diatas…Gerimis mengundang.

IMG_0815Entah apa yang ada di pikiranku saat mengambil sebuah judul lagu yang bahkan liriknya pun aku tak hapal sebagai judul tulisan ini. Rentetan foto yang tersaji di layar komputer di hadapanku kebetulan memang menyajikan rekaman suasana hujan gerimis yang membasahi pedestrian lebar sepanjang Orchard Road, Agustus 2010 saat aku berada disana bersama seorang teman yang kita sebut saja dengan Netty (eh, memang namanya Netty kok hahaha, maaf Net becanda). Suatu spontanitas yang kebetulan pas sekali dengan keadaan cuaca kala itu. Tapi yang jelas aku tak akan menceritakan panjang lebar tentang hujan di tulisan ini, melainkan hanya ingin membuka niatan untuk berbagi berbagai hal ringan, lucu dan unik tentang perjalanan dua perempuan.

Anggap saja ini adalah sebuah kumpulan kalimat pembuka sebuah perjalanan kali pertama aku menjejakkan kaki di Singapore dan Kuala Lumpur sekaligus untuk pertama kalinya menjejakkan kaki keluar negeri. Perjalanan yang sudah berlalu lebih dari tiga tahun ini mendadak ingin kuceritakan saat aku menyadari begitu banyak cerita menarik di balik foto-foto yang hampir lapuk termakan usia di dalam folder komputer yang sedang aku pandangi ini. Perjalanan yang dilakukan disela-sela kesibukan yang luar biasa padat diantara urusan rumah, kantor dan kuliah di Bogor kala itu membuatku tak sempat menuliskan catatan perjalanan sekembalinya kami dari perjalanan yang kami beri nama Sin-KL Trip 2010. Perjalanan ke dua negara yaitu Singapore dan Malaysia terasa begitu cepat waktu berlalu hingga akhirnya terlupakan begitu saja keinginan untuk menulis sampai tiba malam ini saat aku mendadak senyum-senyum sendiri memandangi satu persatu foto yang terekam.

marina bay sand

rivercruise

Orchard Road, Merlion Park dan Esplanade adalah tiga titik tujuan di hari pertama kami tiba di Singapore setelah terbang selama kurang lebih satu setengah jam dari Jakarta. Itinerary yang tersusun rapi tak memasukkan kemungkinan hujan sebagai hal yang bisa saja terjadi dan memaksa kami harus melakukan penyesuaian. Begitu pun saat itu, kami yang masih terasa lelah karena sejak pagi sudah berada di Bandara Soekarno Hatta dan dalam keadaan berpuasa di bulan Ramadhan terpaksa memutuskan untuk istirahat sambil menunggu hujan reda dan waktu berbuka tiba. Penginapan yang letaknya jauh di kawasan Geylang tak memungkinkan kami untuk istirahat di hotel, jadi kami nikmati saja suasana seperti ini sambil memperhatikankesibukan warga Singapore yang lalu lalang bergerak cepat.

gerimis orchard road

Saat tulisan ini dibuat, aku sedang membayangkan  berada di suatu tempat dengan kondisi gerimis yang sama. Tentu saja tak lagi mati gaya seperti pembuka tulisan di atas. Di sebuah kota metropolitan yang tak berhenti berdenyut, duduk aku di sebuah kedai minum sambil menulis cerita perjalanan lalu yang kini bagai sebuah harta karun yang membuatku memiliki seuatu yang berharga yang disebut pengalaman. Perjalanan inilah yang kemudian menjadi pembuka perjalanan lintas negara berikutnyaAkan kuceritakan bagaimana aku yang penakut ini terjebak naik roller coaster di Universal Studio yang akhirnya membuatku mulas dan kapok, juga cerita tentang hotel yang salah pilih di kawasan Red District dengan pemandangan khas suasana malamnya, bermanis muka dengan petugas imigrasi Malaysia, tertinggal bis saat di Terminal Larkin Johor Bahru, sampai terdampar dini hari di Bukit Jalil dan hampir masuk penjara di Kuala Lumpur.

one fullerton

Hujan masih turun saat hari makin gelap memasuki malam, namun curah hujan cukup bersahabat untuk diterobos. Kami pun tak ingin menyia-nyiakan waktu menikmati keindahan malam di Merlion Park dengan memutuskan menggunakan taksi menuju kesana. Patung Mermaid berkepala Lion terlihat gagah, semarak dengan pantulan lampu warna-warni di sungai yang mengitarinya. Sesekali terlihat kapal yang membawa wisatawan melintasi sungai hilir mudik dihadapan kami. Sambil menikmati cahaya yang berpendar dari bianglala raksasa Singapore Flyer dan Marina Bay Sand, aku berkata….

disini, perjalanan itu dimulai.

Tunggu cerita ditulisan berikutnya ya

IMG_0767e

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC9098e

EAT TRAVEL WRITE 5 – Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Klang Selangor

Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) berkolaborasi dengan Ministry of Tourism and Culture Malaysia, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge