Thursday, October 19, 2017
Home » Traveling Tips » Gimana Sih, Cara Booking Melalui Online Travel Agency OTA?
OTA 1

Gimana Sih, Cara Booking Melalui Online Travel Agency OTA?

Gimana Sih, Cara Booking Melalui OTA?

Di era Android sekarang, tak sedikit orang yang memanfaatkan internet untuk berbisnis, media sosial, belanja online, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan booking hotel dan tiket. Tentu Anda mengenal OTA (Online Travel Agency), bukan? Biro perjalanan yang memberikan pelayanan secara online. Jadi, Anda dapat booking tiket pesawat maupun kamar hotel secara online, tanpa susah-susah menuju lokasi terlebih dahulu.

Apa keuntungannya?

Tentu bagi Anda yang belum mencoba menggunakan OTA sebagai salah satu cara alternatif untuk mem-booking, belum merasakan keuntungan dari booking melalui online. Sebenarnya direct booking juga tidak ada ruginya, namun dibandingkan dengan booking melalui online, booking online lebih efektif dan menghemat waktu.

Selain itu, Anda juga mengetahui secara pasti harga yang ditawarkan. Terkadang saat kita menghubungi pihak hotel secara langsung, harga yang ditawarkan mengalami kenaikan sewaktu-waktu, meski di hari yang sama namun di waktu yang berbeda. Atau bahkan, karena kita belum melakukan transaksi, kamar yang kita booking dialihtangankan kepada pengunjung hotel yang lain. Jika Anda booking hotel menggunakan jasa OTA, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Anda dapat mengetahui secara langsung harga yang ditawarkan sesuai tanggal yang Anda pilih.

Beberapa agen juga memberikan informasi-informasi yang cukup akurat mengenai kondisi kamar hotel, testimoni para pengunjung hotel tersebut, dan gambaran lokasi sekitar hotel. Terkadang memang gambar tidak sesuai dengan kenyataan dikarenakan banyak faktor, seperti halnya faktor lokasi, karena tidak semua kamar berada di sudut yang sama, sehingga pemandangan yang ada pun berbeda.

Bagaimana sih, caranya booking melalui OTA?

Buat Anda yang baru mencoba menggunakan jasa OTA, perlu diketahui bahwa ada beberapa agen yang dapat Anda pilih, seperti halnya Traveloka, KlikHotel, Pegipegi, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa juga memiliki aplikasi yang dapat Anda unduh melalui Playstore di Android smartphone, sehingga akan lebih efektif. Ada beberapa langkah sebelum Anda menggunakan jasa OTA, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  1. Download Aplikasi atau Membuka Situs Agen yang Dipilih.

Sekarang era Android, dimana-mana ada aplikasi yang lebih praktis dan memudahkan. Anda bisa mengunduh aplikasi OTA di Playstore. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena Anda juga dapat langsung mengunjungi situsnya. Beberapa agen yang dapat Anda pilih seperti halnya Traveloka, Agoda, KlikTiket, dan lain sebagainya.

OTA 1

(Suber Gambar : Okezone.com)

  1. Registrasi

Biasanya, Anda diminta untuk registrasi terlebih dahulu. Beberapa situs sangat mudah dalam registrasi, hanya memasukkan data email, nomor handphone, sosial media, dan lain sebagainya. Gunanya untuk verefikasi data registrasi, dimana Anda juga nantinya akan diberikan kode booking yang akan dikirim melalui email dan nomor handphone.

  1. Memilih Tiket atau Kamar Hotel Sesuai yang Diinginkan

OTA 2

Contoh Booking Kamar Hotel (Sumber Gambar : Ratuamalia.com)

Nyamannya booking melelui online dibanding direct booking ialah, kita bisa mengetahui beberapa gambaran kondisi kamar hotel dengan melihat gambar, testimoni para pengunjung hotel yang kita pilih, dan juga kondisi sekitar hotel. Selain itu kita juga bisa membandingkan harga kamar hotel dan disesuaikan dengan budget yang kita miliki, karena setiap hotel tentu memiliki kamar dengan berbagai jenis kelas. Terkadang, beberapa agen juga mengadakan promo sehingga harga juga sedikit lebih murah daripada harga awal.

OTA 3

Contoh Booking Tiket Pesawat ( Sumber Gambar : Majubuana.com)

Bagi Anda yang mem-booking tiket pesawat, Anda juga dapat membandingkan harga tiket tiap pesawat. Di sana juga tertera waktu penerbangan, sehingga Anda juga dapat memilih penerbngan yang tepat dengan harga yang sesuai.

  1. Memilih Metode Pembayaran

Ada beberapa cara metode pembayaran yang dapat Anda pilih, antara lain ialah dengan transfer melalui ATM, internet atau SMS banking, PayPal, dan juga bisa melakukan transaksi pembayaran di Indomaret, karena beberapa agen sudah bekerja sama dengan minimarket tersebut.

Cukup mudah dan efektif, bukan? Jika Anda melakukan pem-bookingan melalui online. Selamat menikmati perjalanan via OTA.

Semoga bermanfaat!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

2 comments

  1. Sekarang hidup ngak pake ribet yaaa, mau piknik tinggal klak klik di smartphone aja beres, dan itu si biru idolaku gaagahhahaha

  2. Pelesiran makin mudah ya…semua bisa online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge