Wednesday, October 18, 2017
Home » Traveling » Around The Globe » Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur yuk….
LCCT

Jalan-Jalan ke Kuala Lumpur yuk….

Pagi masih gelap gulita saat saya membangunkan dua gadis kecil yang masih nyenyak tertidur untuk segera berkemas. Tak terlihat enggan dari keduanya, bahkan sesaat setelah terbangun mereka segera bersemangat untuk mandi dan berpakaian. Ya…pagi ini kami akan segera memulai perjalanan libur kami selama empat hari ke depan bersama delapan anggota keluarga lain ke Kuala Lumpur. Berlibur beramai-ramai bersama rombongan yang mendapat julukan “rombongan lenong” ini sudah disiapkan beberapa bulan sebelumnya, dan sambil memeriksa kembali seluruh bawaan saya pun membayangkan betapa serunya perjalanan ini bersama kedua orang tua, empat orang keponakan saya dan keluarga lainnya sejumlah dua belas orang seperti yang pernah kami lakukan ke Singapura tahun lalu.

Dua koper berukuran sedang, empat buah ransel milik masing-masing dari kami berempat, dan satu tas kecil berisi uang dan dokumen penting sudah rapi siap diangkat. Jumlah yg sudah sedemikian rupa diringkas supaya nantinya kami tidak terlalu direpotkan oleh barang2 selama perjalanan. Anak-anak sudah dikondisikan mengisi ranselnya untuk kebutuhan pribadi mereka sendiri selama perjalanan, seperti satu set baju untuk antisipasi bila kotor, jaket, topi, hand sanitizer, tisu basah, minuman dan makanan kecil dan barang-barang pribadi lainnya. Dokumen penting semuanya saya yang pegang dengan alasan keamanan agar tak tercecer selama perjalanan (trauma pernah kehilangan paspor anak waktu di Changi) . Paspor dan KTP saya letakkan di bagian yang memudahkan diambil dan disimpan kembali saat pemeriksaan dan sesudahnya. Kami pun berangkat….

Kami memilih penerbangan paling pagi dari Jakarta agar punya waktu cukup lama di Kuala Lumpur. Terbang menggunakan maskapai penerbangan Air Asia dengan memanfaatkan program promo. Lumayan…dengan cara seperti ini biaya bisa dihemat sampai 50%, apalagi berpergian beramai-ramai seperti ini, dengan mengeluarkan biaya tiket hanya sebesar empat ratus ribuan per orang kami sudah dapatkan tiket Jakarta-Kuala Lumpur pulang pergi. Murah khan…siapa bilang jalan-jalan keluar negeri itu harus mahal.

Dari terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kami terbang selama kurang lebih 2 jam menuju Kuala Lumpur. Check-in yg sudah dilakukan melalui web beberapa hari sebelumnya cukup menghemat waktu, hingga kami bisa langsung ke counter, menyerahkan bagasi, mendapatkan boarding pass dan masuk ke ruang tunggu untuk kemudian terbang. Berbeda nyata dengan terminal 3 di Cengkareng yang merupakan terminal baru di Soekarno-Hatta, dimana kondisinya sangat baik dan bagus dibanding terminal lama lainnya yang sudah kusam, kami mendarat di LCCT, terminal untuk penerbangan murah. Diluar ekspektasi kami yang dengan penerbangan yang sama ke Singapore, kami tetap mendarat di Changi yang keren itu, tapi kali ini kami mendarat bukan di KLIA (Kuala Lumpur International Airport) tapi di LCCT (Low Cost Carrier Terminal) Sepang Kuala Lumpur yang kondisi nya seperti sebuah hanggar besar berpendingin udara tanpa sentuhan keindahan. Tapi jangan khawatir, meski tak indah tapi tetap bersih, proses pemeriksaan pun berlangsung tertib, siapkan passpor dan tiket untuk ditunjukkan, paling2 anda ditanya dalam rangka apa ke sana, berapa lama dan tinggal dimana. Saya sekeluarga malah tak ditanya sama sekali, mungkin karena di paspor saya sudah ada cap imigrasi dari perjalanan2 sebelumnya. Tapi kata kuncinya di setiap perjalanan adalah “nikmati saja” apapun kondisinya. Turunkan sedikit ekspektasi anda. Enjoy it….

Berpergian dengan rombongan lenong yang jumlahnya dua belas orang, kami sengaja memilih menyewa mobil jemputan sekalian dengan sewa apartemen di daerah Bukit Bintang. Pilihan ini adalah pilihan yang sangat ekonomis dan praktis, hemat waktu dan biaya dibanding naik turun sambung transportasi umum. Sedangkan pemilihan apartemen di daerah Bukit Bintang karena daerah ini merupakan pusat aktivitas belanja dan wisata di Kuala Lumpur, banyak tempat makan, dekat dengan stasiun MRT Bukit Bintang sehingga kami cukup jalan kaki menuju stasiun dan pemberhentian bus wisata.

Hari ini kami masih punya waktu banyak karena tiba di Kuala Lumpur sebelum tengah hari, setelah meletakkan barang di apartemen dan istirahat sebentar, kami menuju KLCC-Suria Mall tempat menara kembar Petronas berada untuk makan siang dan mengajak anak-anak bermain dan belajar di Petrosains yang berada di lantai 6 mall ini, cuci mata berkeliling mall, dan menikmati senja di taman dan mengakhiri hari pertama di Kuala Lumpur disekitar apartemen dengan menikmati Bintang Walk di waktu malam. Rencananya kami akan mengekplorasi Genting Highland di hari kedua, berkeliling Kuala Lumpur dengan bus Hop On Hop Off di hari ketiga dan berbelanja sebelum kembali ke Jakarta di hari keempat. Detail perjalanan kami akan diceritakan di tulisan berikutnya ya supaya gak kepanjangan dan bosan membacanya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya…..

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...