Wednesday, May 24, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Sumatra » Lampung » Ke Lampung bersama Royal Class DAMRI
Ruang Kabin Royal Class DAMRI
Ruang Kabin Royal Class DAMRI

Ke Lampung bersama Royal Class DAMRI

“Ke Lampung?”

“Dengan siapa?”

“Naik apa?”

Saya perlu waktu untuk berpikir sejenak sebelum menjawab pertanyaan di atas. Pertanyaan-pertanyaan memberondong saya saat menyampaikan pada keluarga bahwa saya akan meninggalkan Jakarta selama empat hari ke depan. Meski Lampung adalah kota kelahiran saya dan hampir setiap tahun saya datangi saat mudik lebaran, namun kali ini saya ke sana bukan dalam rangka mudik atau pelesir  bersama-sama keluarga. Wajar apabila kemudian saya harus berpikir, alternatif apa yang nyaman berpergian dengan transportasi umum tanpa keluarga menuju Lampung.

Kedatangan saya ke Lampung kali ini untuk memenuhi undangan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Berkat informasi dari akun twitter seorang teman, saya mengirim data diri melalui surat elektronik sebagai bentuk permohonan untuk bisa terlibat dalam tim media sosial di perhelatan tahunan Festival Teluk Semaka ke-7.  Alhamdulillah, saya diikutsertakan.

*****

Berbagai Pilihan dan Cara ke Lampung

Kebetulan dari Jakarta, ada seorang teman yang ikut serta juga dalam acara ini. Mbak Evi Indrawanto namanya. Melalui obrolan via whatsapp,  kami sepakat untuk berangkat bersama menggunakan bis Damri. Pertimbangan saya sederhana saja sebenarnya memilih cara ini -karena praktis. Dengan satu kali membayar, saya tinggal duduk manis dari Stasiun Gambir Jakarta untuk sampai di Stasiun Kota Bandar Lampung.

Ada juga cara lain yang lebih praktis yaitu dengan naik mobil travel. Penumpang akan dijemput di rumah dan diantarkan langsung sampai ke tujuan. Tapi saya tidak terlalu suka dengan cara ini, selain karena harus menyediakan waktu bergiliran dengan penumpang lain untuk diantar dan dijemput di tempat masing-masing, pengendara travel ini rata-rata memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.  Untuk jenis penumpang seperti saya yang gampang was-was, berada dalam kendaraan yang dipacu dengan kecepatan tinggi apalagi cenderung ugal-ugalan membuat perjalanan terasa tak nyaman.

Cara lain yang lebih hemat adalah berganti moda transportasi, antara bis dan kapal laut secara terpisah. Agak repot bila membawa barang karena harus berjalan kaki dari terminal ke pelabuhan saat berpindah moda transportasi beberapa kali.

 Royal Class Bus Damri
Royal Class Bus Damri

Bagaimana Dengan DAMRI?

Ekspektasi saya sederhana saja saat memilih bis DAMRI ini. Ada tiga pilihan kelas yaitu kelas Bisnis yang berpenumpang 39 orang, Executive dan Royal Class. Saya awalnya memilih yang tengah-tengah yaitu Executive Class dengan jumlah bangku penumpang 24 buah, formasi 2-2. Namun ternyata selisih harga antara Executive Class dan Royal Class hanya sedikit, tapi memiliki perbedaan tingkat kenyamanan yang lumayan. Saya akhirnya memilih Royal Class dengan jumlah bangku penumpang 21 buah, formasi 2-1.

Struktur Tarif DAMRI Dari Jakarta ke Lampung
Struktur Tarif DAMRI Dari Jakarta ke Lampung

Perbedaan harga yang hanya terpaut tiga puluh ribu rupiah ini juga mungkin yang menyebabkan penumpang lebih memilih Royal Class dibanding Executive Class. Setidaknya hal ini terlihat dari antrian yang lebih panjang di loket Royal Class. Meski loket baru dibuka jam 07.00 WIB, namun calon penumpang sudah berangsur datang sejak jam enam pagi. Ramainya calon penumpang terjadi bahkan pada hari kerja seperti yang saya lakukan kemarin, Kamis 30 Oktober 2014. Saat itu banyak calon penumpang yang kehabisan tiket. Mengingat cukup tingginya jumlah penumpang yang menggunakan transportasi ini, saya menyarankan untuk melakukan pemesan terlebih dahulu supaya tidak kehabisan tiket.

Dari informasi yang terpampang di atas loket, tertera bahwa jadwal keberangkatan untuk tujuan Bandar Lampung pada pagi hari ada tiga kali keberangkatan. Keberangkatan pukul 08.00 WIB dan 09.00 WIB tersedia untuk Royal Class, dan  Jam 10.00 WIB untuk Executive dan Bisnis. 

Sedangkan untuk malam hari juga ada tiga waktu keberangkatan yaitu jam 20.00 untuk semua kelas dengan tujuan Bandar lampung dan kota-kota sekitarnya seperti Bandar Jaya, Metro, Gaya Baru dan Pringsewu. Keberangkatan pukul 21.00 WIB tersedia untuk Royal Class dan Executive tujuan Metro. Dan keberangkatan terakhir malam hari pukul 22.00 WIB tersedia jenis Executive dan Bisnis untuk tujuan Bandar Lampung.

Jadwal Keberangkatan DAMRI dari Stasiun Gambir Jakarta
Jadwal Keberangkatan DAMRI dari Stasiun Gambir Jakarta

*****

Kenyamanan Ala Royal Class DAMRI

Tak berlebihan bila DAMRI memberi nama bis ini Royal Class dan menyandingkan kenyamanannya setara dengan Pesawat Boeing 747. Pertama masuk ke dalam kabin saya langsung merasa nyaman.  Indra penglihatan saya disambut dengan pemandangan sederet kursi penumpang –reclining seat- berukuran besar dengan formasi 2-1, lengkap dengan selimut berwarna kontras merah dan biru tersampir di atas jok berwarna krem.

Di bagian bawah kursi, terdapat sandaran kaki untuk selonjor yang bisa diatur ketinggian yang pas buat setiap penumpang. Di bagian bawah kursi penumpang depan,  terdapat pula pijakan untuk ujung kaki. Bagi perempuan bertungkai panjang seperti saya, desain kursi penumpang seperti ini sangat membantu terhindar dari pegal-pegal dan membuat perjalanan panjang tak terasa melelahkan.  

Rencananya bis jenis ini akan dikembangkan lebih lanjut oleh DAMRI untuk menjadi Sleeper Bus ke kota-kota lain di Indonesia. Saya sempat diminta untuk mengisi angket oleh DAMRI bagaimana konsep sleeper bus yang diinginkan oleh penumpang. Saya menyambut baik sekali, mengingat saya pernah merasakan tidak enaknya sleeper bus yang pernah saya naiki dari Phnom Penh ke Ho Chi Minh City.Sleeper bus versi yang saya tumpangi adalah bis yang kursinya telah diganti dengan bentangan matras tipis berlapis jok licin sebagai alas duduk. Panjang matras ini tidak memungkinkan kita meluruskan kaki sehingga harus menekuk lutut sepanjang perjalanan. Sandaran punggung dan kepala di desain statis dengan kemiringan sekitar 45 derajat sehingga leher dan punggung saya harus menderita pegal-pegal.

Mbak Evi Indrawanto asik nulis catatan perjalanan
Mbak Evi Indrawanto asik nulis catatan perjalanan

Selain kursi yang ergonomis, masih ada fasilitas lain yang memudahkan dan menambah kenyamanan penumpang seperti toilet duduk, dispenser air minum, smooking room, stop kontak dan wifi. Saya tidak mencobanya semua fasilitas tersebut, karena koneksi Wifi yang tak lebih cepat dari koneksi yang saya miliki serta air minum yang saya bawa sendiri. Namun keberadaan stop kontak sangat membantu pasokan listrik untuk baterei perangkat alat komunikasi saya. Toilet meski kenyamanannya standar tapi bersih, itu yang paling penting buat saya. Suspensi bis yang sangat empuk nyaris membuat saya tidak merasakan guncangan sama sekali selama dalam perjalanan.

Jadi, tak perlu bingung bukan? Bila anda memerlukan armada yang laik, desain kabin yang nyaman dan pengemudi yang handal dalam perjalanan anda menuju Lampung. Royal Class Damri ini sangat saya rekomendasikan sebagai pilihan buat anda.

Ke Lampung, yuuuuk….

Ruang Kabin Royal Class DAMRI
Ruang Kabin Royal Class DAMRI

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20161209085632

Cerita Dari Pantai Sebening Kristal dan Rumah Penyu di Pulau Pramuka #EnjoyKepulauanSeribu

Pagi terasa begitu syahdu saat kita terbangun di pagi hari dan disambut oleh alunan musik ...

35 comments

  1. Oh kemarin motret ogut dari samping untuk ini toh…Hahaha..keren, gak apa2 kalau yang ini mah…Apa lagi bisa mejeng dalam tulisan keren ini…Cihuiii…

    • donna imelda

      xixixi, makasih ya Mbak Vi.. senang punya teman perjalanan seperti Mbak Vi. Kagum aja dengan cara Mbak Vi ngisi waktu. Tau2 jadi satu tulisan tanpa aku merasa kesepian hahaha

  2. Harusnya dapat komisi nih dari Damri ^^
    minimal dpt voucher haha
    keren reviewnya.

    Aku belum pernah naik royal class, biasanya exe terus, dulu pernah naik Bus Siger yg rada2 mirip royal class, tp jauh dr kata nyaman, tempat duduknya pendek bgt, kakiku yg pendek aja mentok 😀

  3. Review yang mantaap surantaap mak. Keren, keren…! Aku jadi mupeng ke Lampung iiih…

  4. hayukk, mau ah kapan-kapan ke lampung naik damri ini. Lampung deket, banyak tempat indah lagi. Rugi banget ngga ke lampung 😀

  5. Sekarang mudah ya jalan-jalan ke Lampung dari Jakarta dengan menggunakan Royal Damri sudah tenang dan tinggal menikmati perjalanan saja. APalagi bila ada internet di dalamnya. Coba ah kapan-kapan barang Kali di ajak sama Damri-nya juga. he,, he, he,,,

    Salam

  6. ahhh, nyaman bgt mak, jd gak perlu was2 sepanjang perjalanan ya mak 🙂

  7. ternyata cukup nyaman juga ya bus nya

  8. Wah… di bus ada stop kontaknya. Ini yang saya cari. Karena tanpa stop kontak, wifi tidak bertahan lama, hehehe. Makasih infonya tante. Segera menyiapkan mental untuk bertualang ke Lampung, hehehe.

  9. Kelihatan nyaman banget duduk di bangku Damri Royal Class-nya… ahh jadi kepingin naik itu juga ketimbang ngeteng dan nyaris ngemper di Merak hehehe. Damri mesti bayar Tante karena telah promosiin Royal Class nih 😀

    • donna imelda

      Worth it lah kalo pengen nyimpan energi supaya enjoy, Lim. Mungkin karena sering bolak balik Lampung dengan cara yang beda jadi ngerasain sensai lain perjalanan.

  10. lho? ternyata ada juga ya royal class damri ke lampung? 😀 baru tahu deh 😀

  11. wahhhm ternyata gampang juga yah klo mau ke lampung bisa dengan damri, jadi pengen ke lampung

  12. Mahal juga yaa ongkos bus nya, tapi nyaman banget keliatan. Aku blm perna naik bus damri jarak jauh … paling jauh cuman bandara – pancoran hahaha

  13. Haduh, mbak Donna, mbak Noe, ajak saya ke Lampung dong 🙁
    Rifqy Faiza Rahman recently posted…Doa di Hari Ulang TahunnyaMy Profile

  14. mba Donna, kalo di loket yang di Gambir itu beli yang tujuan Lampung – Jkt sekalian bisa gak ya?
    tertarik nihh pengen jalan2 ke Lampung naik Damri Royal Class 😀

    • donna imelda

      Nanti beli di Lampungnya aja, Dita. Pas nyampe, langsung beli untuk tiket balik ke jakarta. Armadanya banyak kok, dari berbagai kelas. Tapi kalau mau, coba aja, bisa beli di gambir atau nggak tiket Lampung-Jakarta. Good luck….

  15. Ini salah satu moda transportasi andalanku hehehe..

  16. Saya juga pernah naik DAMRI dari Medan ke jakarta Mbak. Lebih nyaman dari bis lintas sumatra yang lain. Dulu perbandingan harga transport darat dan udara jauh banget. Jadi memilih transport darat. Tapi ya itu, bokong tepos, 3 hari 3 malam perjalanan. Boros di jalan deh 😀

  17. wah bagus infonya nih …
    saya niat jalan2 ke lampung

  18. mba, maaf mau tanya kalau dari bandar lampung ke bandung ada ga ya ? barangkali tau hehe. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge