Sunday, December 17, 2017
Home » Traveling » Around The Globe » [Kerala Journey] Berlayar di Atas Alappuzha; Venesia of The East
KERALA
KERALA

[Kerala Journey] Berlayar di Atas Alappuzha; Venesia of The East

Menyebut Backwater dan Kettuvallom atau houseboat, berarti bicara tentang Kerala, India Selatan. Di antara sekian banyak keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh Kerala, dua hal tersebut termasuk yang paling berkesan selama saya berkunjung di Kerala. Backwater yang memiliki wilayah perairan sepanjang  900 km, terbentuk dari 44 sungai, 34 danau dan ribuan kanal yang membentang di sepanjang Kerala. Kehebatan ini yang kemudian membuat Backwater mendapat  julukan The Most Fascinating Water World on Earth; a world where every road is a canal and every home is an island.

Houseboating at  Alappuzha - Venesia of The East
Houseboating at Alappuzha – Venesia of The East
menanti yang singgah berbelanja
menanti yang singgah berbelanja

Berkunjung ke Kerala tak lengkap rasanya tanpa  berlayar menelusuri Backwater dan melewatkan malam di atas houseboat. Sering sekali saya membayangkan bagaimana rasanya terapung-apung melewatkan malam hanya berteman keheningan di dalam sebuah rumah kapal tradisional yang. Dengan penerangan seadanya, tanpa televisi dan alat pemutar musik, saya membayangkan betapa damai dan tenangnya jiwa yang rebah berselimut malam ditemani bintang-bintang menanti fajar tiba.

Bayangan itu akhirnya bukan lagi sebatas imaji kala houseboat milik Rainbow Cruise yang disewa khusus oleh Kerala Blog Express 2 membawa kami berlayar menelusuri Backwater dari wilayah Alappuzha, melewati Danau Vembanad dan berakhir di Kumarakom yang berada di Distrik Kottayam.

Ketiga tempat ini adalah tempat-tempat yang istimewa. Alappuzha atau sering juga disebut dengan Allappey dikenal dunia sebagai Venice of the East sedangkan Danau Vembanad adalah danau terpanjang di India sekaligus danau terluas di Kerala dengan pemandangan yang menakjubkan. Kumarakom sendiri tercatat sebagai bird sanctuary dimana selain terdapat banyak sekali jenis burung, tempat ini juga menjadi perlintasan burung-burung yang bermigrasi setiap tahunnya.

Kamar tidur dalam houseboat cukup nyaman dengan pendingin udara dan toilet bersih di dalam
Kamar tidur dalam houseboat cukup nyaman dengan pendingin udara dan toilet bersih di dalam
Menu makan siang ala houseboat
Menu makan siang ala houseboat

Houseboat yang kami tumpangi ini memiliki tiga buah kamar berpendingin udara dengan toilet bersih di setiap kamarnya. Layaknya sebuah rumah, houseboat ini dilengkapi pula dengan sofa untuk duduk bersantai menikmati pelayaran serta meja makan yang menjadi satu dengan ruang duduk di bagian depan.

Tiga orang pelayan disiapkan untuk melayani kita selama berlayar, mereka akan bertugas sebagai juru kemudi dan juru masak yang melayani penumpang.  Setiap waktu makan tiba atau saat rehat kopi, mereka akan menanyakan menu apa yang kita inginkan.

Untuk paket perjalanan satu malam rute Alappuzha-Kumarakom seperti yang kami lakukan, perlu waktu tempuh sekitar tiga jam mengarungi Backwater menuju tempat houseboat bersandar untuk bermalam dan sekali berhenti di tempat berbelanja.  Di sini anda bisa membeli souvenir, makanan ringan dan minuman hingga hasil laut segar seperti ikan, udang atau kepiting untuk dimasak di atas kapal dengan bantuan juru masak kapal.

Tempat singgah berbelanja souvenir, makanan dan minuman serta hasil laut segar
Tempat singgah berbelanja souvenir, makanan dan minuman serta hasil laut segar
bersandar
bersandar

Backwaters menjadi begitu menarik karena keunikan kehidupan di sepanjang perairan, baik flora dan fauna serta manusia dan kehidupannya. Berlayar di atas kanal-kanal melewati sawah dan pemukiman, serta aktivitas penduduk lokal di  sepanjang tepian adalah suatu kenikmatan tersendiri.

Penduduk setempat sangat ramah. Di sela-sela kegiatan yang sedang mereka lakukan, tak segan mereka melambaikan tangan dan melemparkan senyum pada kami yang berada di kapal.

Tumbuhan Kelapa dan tanaman khas perairan tropis seperti Eceng Gondok mendominasi pemandangan sepanjang tepian. Begitu pun berbagai jenis burung,  pekik mereka seolah bersahut-sahutan sambil terus terbang dan hinggap silih berganti mengitari kami.

Saya menikmati sekali semua yang saya lihat sepanjang pelayaran sebelum akhirnya houseboat merapat ke daratan di tepian kanal. Kami akan melewati malam disini untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju Kumarakom esok pagi.

Setelah menikmati senja yang cantik di tepian kanal, berdampingan dengan bentangan sawah yang sedang menguning padinya, maka tak ada kegiatan lain selain menikmati hening malam berteman suara serangga dan gemericik air sambil membaca buku sebelum akhirnya saya jatuh terlelap pulas malam itu.

temaram senja
temaram senja

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

30 comments

  1. Wow.. Ngga bayangin juga ya enaknya semalam di atas perahu.. Alami banget rasanya ya…

  2. Wah mbak donna..bikin mupeng..hehe

  3. waaahh…itu dlm perahunya ada toilet ma tempat tidurnya mbak? wiihhh…keren ya…

    • donna imelda

      Iya, mbak. Toilet duduk yang bersih, lantai dan dinding keramik, shower dan washtafel lengkap di dalam masing-masing kamar dalam house boat

  4. ada tepat juga yang kayak begini yaaa… eh itu beneran houseboating, rumah kapal? kapal rumah? rumah yang kayak kapal ? #aduhh isitilahnya apa ya?

    • donna imelda

      rumah kapal kayaknya yang paling tepat heheh. Panjangnya bisa sampai 100 ft, dan ada yang sampai 4 kamar, dapur, ruang makan dan ruang duduk. Lebih besar dari rumah tipe 36 hehehe

  5. Byuuuhh termasuk mewah juga ya fasilitas kapalnya Mba. Bersih dan nyaman.
    Ntar ya mba postcardmu dan postcard orang India yg ngirimin gambar backwater itu aq tulis di blog 🙂

  6. wiiihh keren banget tuh house boating. Apalagi fasilitasnya nyaman kayak gitu. Kalo aja di Indonesia ada gituan, pasti penuh order tuh tiap liburan hehehe 😀

  7. Aku baru tau di India ada plesiran semacam ini. Mewah dan indah, ya.

  8. Wah, kapalnya kayak plataran di labuan bajo. kayak rumah-rumahaaannnn.
    pengen banget live on boat kayak gini lagii…

  9. Looks fun ya mba..dan Venezia of the east is so tempting..

  10. Kelotoknya bagus2 ya di sini. Beberapa kali ikutan sailing trip atau live on board kapal di Indonesia kok kayaknya biasa2 aja. Btw, rate-nya berapa rupee atau dollar itu mbak?

  11. Itu kelotoknya mewah banget ya. Beberapa kali ikutan sailing trip atau live on board, kayaknya kelotok2 di Indonesia modelnya gitu2 aja. Ada sih yang mewah, tapi tarifnya pakai dollar atau euro.

    Btw, di Kerala ini ratenya berapa ya naik kelotok begitu?

  12. Ah andai saja ikut tour Kerala gak perlu bersusah payah dulu..Ngiler banget lihat view backwater dengan house boatnya ini…

  13. Jadi pingin ke Kerala juga nih… Ahh jadi galau setelah baca ini mau beli tiket ke India tahun ini atau tahun depan >.<

  14. kerala ini bener-bener jadi pengalaman hidup yang berkesan ya mbak, nambah wawasan budaya, nambah banyak temen, dan nambah bikin ngiler pembaca blogmu karena jadi mupeng pengen kesana hahaha [termasuk aku]

  15. The Most Fascinating Water World on Earth; a world where every road is a canal and every home is an island.

    Waw … nggak kebayang …
    ini mungkin seperti yang di Banjarmasin itu ya ?
    Atau seperti kampung laut suku Bajo ?

    Pasti ini suatu pengalaman yang sangat berkesan …

    Salam sama Mak
    (6/6 : 27)

  16. wilayah perairan sepanjang 900 km, terbentuk dari 44 sungai, 34 danau dan ribuan kanal
    The Most Fascinating Water World on Earth; a world where every road is a canal and every home is an island.

    Waw … nggak kebayang …
    ini mungkin seperti yang di Banjarmasin itu ya ?
    Atau seperti kampung laut suku Bajo ?

    Pasti ini suatu pengalaman yang sangat berkesan …

    Salam sama Mak
    (6/6 : 27)

  17. hallo websitenya sangat menarik, terima kasih sudah berbagi informasi.

  18. Wow keren banget pemandangan senjanya! Ada sesuatu yang berbeda saat senja itu tersaksikan dari panorama danau dan sungai dengan panorama pantai. Nuansa sungai Asia Selatan itu tergambar benar di sini, takjub! Ah, untung saja di atas houseboat itu ada juru masak dan nahkodanya, sepintas saya kira hanya ada tamu di sana; apa pasal kalau nanti sampai terhanyut?

  19. waa..kamarnya di atas boat..anak2 bisa luluncatan kesenengan nih kalo ke sini 😀

  20. Saya sekolah di India selama 11 bulan belum pernah ke Kerala je, maklum jadwal padat.
    Terima kasih artikelya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

  21. Indah banget mak, aduh jadi pengen. Pemandangannya itu loh.

  22. hmm mantaaaap mba donna makanannya bikin ngiler :G