Wednesday, August 23, 2017
Home » Uncategorized » Ketika Rice Cooker Ikut Berkelana
cv#1

Ketika Rice Cooker Ikut Berkelana

Pernahkah anda membayangkan sekiranya alat menanak nasi alias rice cooker masuk ke dalam daftar barang yang harus dibawa saat traveling? Saya sih kebayang. Tapi memang lucu sih membayangkan rice cooker masuk ke dalam koper dan dibawa berkelana. Baru hendak menuliskannya saja saya sudah senyum-senyum sendirian di depan laptop. Gimana dengan kalian? Pernah juga bawa-bawa rice cooker saat traveling?

Sebenarnya hal ini bukan hal yang aneh bagi saya. Terlahir dari pasangan yang sejak muda gemar traveling dan piknik, saya sajak kecil sudah terbiasa melihat ibu saya begitu detail menyiapkan barang-barang apa saja yang akan di bawa saat perjalanan keluarga. Tak hanya urusan pakaian namun juga termasuk urusan makan. Apalagi bila berpergian jauh dan lama bersama keluarga, semua urusan makan, dari makan pagi hingga makan malam, semua disiapkan dengan rapi jali.

Tidak seperti saya yang malas repot dan memilih jajan atau makan di restoran selama perjalanan, ibu saya selalu menyiapkan makanan kering siap santap sebagai bekal. Tak hanya makanan, bahkan minuman ringan seperti kopi, teh, susu pun beliau pikirkan. Nah uniknya, ibu tak hanya membawa  makanan favorit seperti rendang, abon atau kering kentang  yang dimasaknya sendiri, ibu saya pun membawa serta beras dalam perjalanan kami. Seru khan, pergi bawa-bawa beras hehehe.

Lalu beras itu hendak dimasak di mana? Tentu saja beras tersebut dimasak di tempat kami menginap, gak mungkin dimasak di rumah khan? hehehe. Pakai apa? Ya pakai rice cooker yang kami bawa tadi. Itulah mengapa akhirnya ibu memasukkan alat menanak nasi tersebut ke dalam daftar barang yang harus dibawa saat traveling. Repot? Bagi yang tidak terbiasa memang akan terlihat merepotkan, namun pada kenyataannya gak repot-repot amat sih, karena biasanya rice cooker yang dibawa ibu adalah rice cooker yang biasa beliau pakai untuk memasak nasi di rumah. Ukurannya yang kecil dan ringan tak terlalu menyulitkan untuk dibawa.

Selain tak merasa repot, ibu saya membuktikan pada kami kalau banyak sekali keuntungan dengan membawa rice cooker. Seperti saat kami berlibur ke Malaysia dan Singapore beberapa waktu lalu. Kami sengaja memilih apartemen sewaan dibanding hotel dengan salah satu pertimbangan adalah karena memiliki pantry sehingga untuk urusan makan kami tak perlu repot keluar hotel dan mencari-cari restoran yang cocok di kantong dan di lambung. Maklumlah kadang lidah Indonesia kami tak cocok dengan lidah setempat.

Ibu saya bilang, urusan cari makan saat liburan itu cukup merepotkan, apalagi kalau pergi ramai-ramai dan membawa anak-anak yang lidahnya belum dapat cepat beradaptasi seperti orang dewasa di tempat atau di negara yang mereka kunjungi. Dan lagipula, makan di restoran seringkali harus berdamai dengan rasa yang belum tentu cocok dan atau anggaran yang jadi membengkak. Bisa-bisa makanan jadi tak terasa sedap karena memikirkan tagihannya saat makan. Nah rice cooker ini yang jadi penyeimbang, tempat menepis galau yang tepat untuk berhemat.

Nah dengan membawa rice cooker dan beras, maka selain hemat, lidah kita juga tak khawatir-khawatir amat gak dapet tempat makan atau restoran yang bagus. Kita bisa masak nasi di tempat kita menginap, bisa dimakan bersama abon, rendang dan kering kentang buatan ibu. Pokoknya terjamin dan higienis serta hemat waktu dan biaya.  Menurut beliau, selama nasinya pulen dan disajikan panas-panas, dengan lauk keringan dan sambal pun pasti sudah terasa nikmatnya.

Nah bagaimana dengan kalian, ada yang pernah bawa rice cooker juga saat traveling? Saya sih mau coba saat liburan keluarga di libur panjang sekolah nanti. Biar hemat, bersih dan nikmat. Lagian sekarang sudah banyak jenis rice cooker yang ukurannya kecil, desainnya cantik, mudah dibawa dan harganya murah. Kemarin sempat cek harga rice cooker murah di sini, ada yang digital juga lho. Ukurannya kecil dan mungil. Wah makin canggih. Saya mau beli satu ah. Yuk ikut berlibur bareng keluarga kami. Jangan lupa bawa rice cooker-nya ya hehehe.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

sebeeeeeeeel…….

pemerintah oh pemerintah…….kenapa juga deh…..mp ku do blokir sebeeeeeeeeel

One comment

  1. Sangat unik ketika rice cooker dibawa backpackeran yaaa. Bisa dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge