Tuesday, October 24, 2017
Home » Traveling » Around The Globe » Petrosains, The Discovery Centre – Kuala Lumpur
IMG_9265resize

Petrosains, The Discovery Centre – Kuala Lumpur

Waktu saat itu sudah mendekat tengah hari, sekitar pukul sebelas siang waktu Kuala Lumpur. Dari Fahreinheit 88 Bukit Bintang, kami sekeluarga besar (saya menyebutnya rombongan lenong) yang berjumlah 12 orang ini terdiri dari 2 lansia, 5 dewasa dan 5 anak-anak sudah siap untuk menjelajah ibukota negeri Jiran ini selama empat hari ke depan. Dengan berjalan kaki menuju stasiun Bukit Bintang, tujuan kami di hari pertama ini adalah mengunjungi dan menghabiskan sisa hari di KLCC-Suria Mall.

Pada KL Transit Map panduan kami, ternyata stasiun KLCC yang menjadi tujuan berada di jalur Kelana Jaya (Jalur Hijau) sedangkan stasiun Bukit Bintang berada di jalur Monorail (Jalur Ungu) sehingga nantinya kami harus turun di Stasiun Bukit Nanas, dilanjutkan dengan berjalan kaki (lumayan jauh ternyata) untuk berpindah ke Jalur Hijau di Stasiun Dan Wangi untuk melanjutkan perjalanan dan turun di stasiun KLCC.

Namun jangan khawatir bila tak ingin ribet dengan naik turun kereta dan pindah jalur, pemerintah Malaysia sudah meyediakan bus kota gratis Go KL. Jadi kami pun memanfaatkan fasiltas gratis ini saat pulang dari KLCC kembali ke Bukit Bintang.

Kami tiba di Suria Mall persis jam makan siang, wah lumayan susah ya cari tempat duduk untuk makan di food court. Apa boleh buat, rombongan lenong ini kami pecah menjadi 3 rombongan kecil-kecil dan makan di meja yang berbeda. Harga makanannya terjangkau, banyak pilihan dan lumayan rasanya tapi porsinya besar-besar. Setelah masing-masing melaksanakan sholat di lantai bawah, rombongan kami pecah lagi, sementara yang lain berkeliling mall, saya dan suami mengawal anak-anak dan keponakan yang kami sebut The krucils untuk menjelajah Petrosains, the Discovery Centre yang terletak di lantai 4.

Petrosains, the Discovery Centre

Bagi anda yang berlibur bersama keluarga dan masih memiliki putra putri usia sekolah, sepertinya destinasi ini wajib didatangi. Anda bisa mengeksplorasi lebih jauh tempat ini sebelum berangkat dengan mengunjungi web nya di http://www.petrosains.com.my/

Kebiasaan cari tahu sebelum berkunjung saya tanamkan pada anak-anak agar kegiatan mereka terarah, supaya sudah punya gambaran tentang apa yang akan mereka datangi dan lihat, serta apa yang ingin mereka ketahui lebih jauh disana. Sediakan waktu yang cukup buat mereka untuk menikmati semua fasilitas yang disediakan, butuh sekitar 3-4 jam untuk bisa menikmati semua asal gak keburu pegel-pegel karena tempat ini cukup luas dan menyediakan banyak sekali wahana yang sayang sekali bila hanya dilihat tanpa dicoba-coba tanpa merasakan pengalaman dan tahu secara ilmiah semua yang ada disekitar kita.

Saya harus mengakui bahwa konsep Petrosains, The Discovery Centre ini hebat. Dengan hanya merogoh kantong sebesar RM. 25 untuk dewasa dan RM.15 untuk anak-anak atau dengan RM.50 untuk paket keluarga yg terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak kami diajak menjelajah dengan sangat menyenangkan. Di bagian depan, sekitar tempat penjualan tiket, kita disambut para volunteer muda yang siap memandu kita menjelaskan banyak hal yang ada disana, bahkan disalah satu meja, anak-anak diajak bermain sejenis sulap dan teka-teki lalu kemudian dijelaskan secara ilmiah apa dibalik tebakan atau sulap tersebut, wah… The krucils excited sekali. Di tempat itu juga disediakan layar sentuh yang lebar-lebar. Kita bisa menjelajah science bulletin, future energi ataupun kehidupan luar angkasa dengan hanya menyentuh layar dengan jari-jari kita

Perhatikan deh layar sentuh di belakang kami...
Perhatikan deh layar sentuh di belakang kami…

Setelah membeli tiket, penjelajahan dimulai dengan terlebih dahulu berkelana menaiki gondola, masuk ke perut bumi yang gelap dan dingin (dark ride), gondola berputar menelusuri hutan tropis, naik ke puncak gunung dan menukik kedalam lautan, menyimak kehidupan sejak jaman prasejarah sampai masa kini dalam perjalanan yang sungguh mengasyikan. Dengan audio visual yang tertata apik, layar sedemikian lebar ditengah suasana yang gelap gulita membuat kita seolah berada ditempat sebenarnya, dan kita akan terhanyut pada cerita yang menjelaskan bagaimana energi dan kekayaan dari perut bumi berupa minyak dan gas bisa membentuk peradaban sehebat sekarang.

Berpetualang diatas Gondola....amazing
Berpetualang diatas Gondola….amazing

Turun dari Gondola, penjelajahan dilanjutkan dengan berjalan kaki, memasuki exhibition area, seperti:

Exploration Area yang menyajikan berbagai peralatan dan teknologi yang digunakan untuk eksplorasi minyak bumi dan memahami prinsip konservasi energi. The Krucils saat itu asyik mengotak atik rangkaian pipa sambil memahami apa itu energi kinetik, energi potensial dan transformasi energi

Di Sparkz Area kita belajar tentang penemuan-penemuan dan bereksperimen secara kreatif didalamnya. Mencoba bagaimana batubara ditambang dari dalam perut bumi dan alat transportasinya dari berbagai jenis seperti Screw Conveyor, Belt Conveyor, Bucket Elevator dll. Ah …disini saya mendadak inget kalo lagi berdiri didepan kelas mengajarkan mekanisme kerja alat-alat ini pada mahasiswa saya.

Geotime Diorama yang akan membawa Anda kembali ke lebih dari 200 juta tahun lampau, bertemu dengan dinosaurus besar yang bisa bersuara, menyentuh irisan fosil yang mengandung minyak, melihat gunung berapi yang sedang meletus dan mengeluarkan magma, termasuk merasakan gempa bumi dengan berbagai skala.

Speed Area, sepertinya ini bagian paling favorit The Krucils, hampir semua alat ingin mereka coba. Dari merasakan bagaimana meluncur dari puncak gunung es, meluncur di dalam tunnel, sampai mencoba jadi pembalap Formula 1.

Di The Molecule Nano World anda bisa melihat unsur terkecil di alam ini yaitu atom dalam ukuran raksasa dan bagaimana mereka berikatan satu sama lain membentuk senyawa.

Masih banyak yang tak mungkin diceritakan satu persatu disini, selain saya takut nanti anda bosan membacanya, tapi memang beberapa alat tak sempat saya coba atau explore lebih jauh karena kaki saya keburu pegal-pegal, sementara The Krucils itu masih sliweran kesana kemari bagai tak kehabisan energi. Akhirnya saya duduk menunggu sampai mereka benar-benar puas bermain. Pokoknya kalo kesini siapkan waktu dan stamina, jangan segan untuk mencoba dan merasakan pengalaman dengan alat-alat tersebut.

Konversi Energi
Konversi Energi
Nyobain jadi operator pertambangan batu bara
Nyobain jadi operator pertambangan batu bara
Kembali ke jaman purbakala, masuk ke perut bumi dan melihat fosil
Kembali ke jaman purbakala, masuk ke perut bumi dan melihat fosil
Tinggal pencet tombol didepan kita, mau ngerasain gempa kecil, sedang apa kuat...wow
Tinggal pencet tombol didepan kita, mau ngerasain gempa kecil, sedang apa kuat…wow
alat transportasi bahan, dari bucket elevator, belt conveyor sampe screw conveyor
alat transportasi bahan, dari bucket elevator, belt conveyor sampe screw conveyor
Yeeayyyy......Formula 1
Yeeayyyy……Formula 1
wow...anginnya kenceng banget....ini mah tornado
wow…anginnya kenceng banget….ini mah tornado

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge