Friday, June 23, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Jawa » [Review] Menikmati Kualitas Terbaik Menginap di Batiqa Hotel Cirebon
Batiqa Hotel Cirebon
Suite Room

[Review] Menikmati Kualitas Terbaik Menginap di Batiqa Hotel Cirebon

Menginap di Batiqa Hotel Cirebon itu bagai menikmati kualitas terbaik sebuah pengalaman menginap. Di antara ornamen Batik Mega Mendung dan Anggrek Biru yang mendominasi berbagai sudut ruang, kami mendapatkan pelayanan yang ramah dan kamar tidur yang bersih serta nyaman dengan harga yang pantas. Tak heran bila tiga hari menelisik Cirebon bersama teman-teman Indonesia Corners akhirnya menjadi menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan.

  • Ayo Pelesiran ke Cirebon

Bagi sebagian besar orang Jakarta seperti saya, kota terdekat dari Jakarta seperti Bogor, Puncak, Sukabumi dan Bandung adalah beberapa alternatif tempat yang biasa dipilih untuk melakukan perjalanan di waktu liburan yang tak cukup banyak. Namun begitu, ternyata saya baru menyadari bahwa ternyata Cirebon juga merupakan kota yang tidak terlalu jauh dari Jakarta untuk dikunjungi, sehingga ajakan teman-teman Indonesia Corners untuk traveling bersama ke Cirebon awal Juni 2016 kemarin merupakan tawaran mEnarik yang tentu saja tidak saya tolak.

Batiqa Hotel Cirebon

Ada dua aternatif moda transportasi yang biasa digunakan untuk mencapai Kota Udang ini dari Jakarta. Jaraknya hanya sekitar 258 kilometer saja. Kita dapat memilih menggunakan mobil pribadi, bis kota atau menggunakan Kereta Api. Sebenarnya dengan adanya Tol Cikapali, waktu tempuh dari Jakarta ke Cirebon bisa ditempuh kurang dari tiga jam saja dengan menggunakan mobil pribadi dan sedikit lebih lama bila menggunakan bis kota. Namun saya yang sangat menyukai kereta api sebagai moda transportasi favorit tentu saja memilih menggunakan kereta api untuk ke Cirebon.

Dengan menggunakan kereta api eksekutif Tegal Bahari seharga 135 ribu rupiah, maka berangkatlah saya siang itu menuju Cirebon untuk bergabung dengan teman-teman Indonesia Corners lainnya yang sudah terlebih dahulu tiba. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar tiga jam saja, dan tergolong waktu tempuh yang singkat buat saya. Rasanya baru sempat mengkhayal satu dua episode, tahu-tahu kereta sudah memasuki Stasiun Kota Cirebon. Terpaksa deh, khayalannya dilanjutkan nanti saat pulang dan saya pun segera menggendong ransel kesayangan saya dan bergegas turun dari kereta.

Batiqa Hotel Cirebon

  • Cirebon dan Batiqa Hotel 

Sejak awal, Batiqa Hotel Cirebon sudah menjadi pilihan kami untuk menginap. Selain letaknya yang strategis, hasil yang baik dari pencarian informasi dari internet membuat kami memutuskan untuk menginap di hotel berbintang tiga ini. Meski terlihat bahwa hotel ini lebih cenderung merupakan hotel bisnis, namun perpaduan antara konsep modern dan batik yang diusung membuat hotel ini juga menarik bagi para wisatawan atau pejalan seperti kami.

Pihak Batiqa Hotel Cirebon menyediakan fasilitas antar jemput dari dan ke stasiun bagi para tamunya. Driver yang ramah menjemput kami dari stasiun menuju hotel siang itu dan kami berlima pun siap menelisik kota yang dikenal dengan Kota Udang ini selama tiga hari ke depan. Banyak tempat telah kami rancang untuk disinggahi dan berbagai sajian kuliner yang akan kami cicipi seperti mengunjungi Gua Sunyaragi, Masjid Merah, Makam Sunan Gunung Jati dan tentu saja tak sah bila tak sambil mencicipi Nasi Jamblang, Nasi Lengko dan Empal Gentong.

Batiqa Hotel Cirebon

  • Perpaduan Konsep Modern dan Sentuhan Etnik

Tak meleset dari dugaan saya tentang nuansa etnik yang disemat untuk konsep Batiqa Hotel Cirebon, begitu juga atmosfer yang saya rasakan begitu kaki saya menjejak di balik pintu masuk. Langit-langit ruangan berhias mural bercorak batik yang didominasi warna coklat dibuat senada dengan kursi kayu dan puluhan cap batik terbuat dari tembaga. Cap-cap batik ini tersusun rapi membentuk bidang persegi empat dan menempel pada dinding di belakang meja resepsionis yang menyambut kami ramah.

Dua ornamen utama tertangkap perhatian saya kala itu yaitu motif Mega Mendung dan Anggrek Biru. Dua ornamen inilah yang kemudian mendominasi banyak ruang Batiqa Hotel Cirebon. Ornamen Batik Mega Mendung yang terbuat dari rotan dipasang sebagai hiasan tempat tidur di setiap kamar Batiqa Hotel Cirebon yang keseluruhannya berjumlah 108 kamar. Sedangkan ornamen Anggrek Biru yang merupakan simbol tanaman langka, tersebar di seluruh penjuru hotel yang memiliki delapan lantai ini dalam berbagai bentuk seperti lukisan, rangkaian bunga, hingga hiasan dinding berbahan baku kayu.

  • Kualitas Terbaik Sebuah Pengalaman Menginap

Nama BATIQA sendiri merupakan kependekan dari BATIK QUALITY “A”. Filosofi inilah yang menjadi dasar layanan hotel yang ingin memberikan quality A atau kualitas terbaik untuk para tamunya. Dari 108 kamar yang tersedia ada 97 kamar yang merupakan Superiom Room dan 11 Suite Room. Tersedia juga 4 meeting room dengan kapasitas dari 30 hingga 110 orang, layanan spa dalam kamar, fitness room, dan Fresco Bistro sebagai tempat makan, sarapan atau restoran. Dengan demikian, untuk ukuran hotel bintang tiga, fasilitas yang diberikan oleh Batiqa Hotel Cirebon sudah cukup lengkap.

Superior Room yang luasnya 20 meter persegi didesain sedemikian compact untuk menyiasati ruang yang terbatas agar bisa memuat kebutuhan standar tamu. Agak sulit untuk sholat karena keterbatasan ruang. Namun fasilitas untuk kebutuhan tamu cukup lengkap di dalam kamar seperti kamar mandi, washtafel, lemari gantung, tempat tas, brankas, lemari gantung, dan televisi layar datar 32 inch. Washtafel ditempatkan di luar kamar mandi, ini merupakan pilihan cerdas karena tamu bisa berdandan tanpa menunggu teman sekamarnya selesai mandi.

Suite Room didesain lebih luas, mencapai dua kali luas Superior Room yatu 40 meter persegi. Dengan ruangan sebesar itu tentu sangat leluasa untuk menempatkan barang lain untuk memberi fasilitas dan kenyamanan lebih seperti sofa dan bangku di area duduk depan tempat tidur, dan satu set meja kerja berikut rak di sisi lainnya. Untuk kamar tipe ini Batiqa Hotel Cirebon menyediakan 11 buah kamar saja. Nah, tamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan anggaran menginap.

Jaringan internet tanpa kabel tersedia di setiap kamar dengan kecepatan yang lumayan. Sedangkan untuk tamu yang membutuhkan komputer, hotel ini juga menyediakan 2 buah unit komputer di lantai satu. Jadi tak perlu khawatir akan kebutuhan komputer dan jaringan internet. Selama menginap di Batiqa Hotel Cirebon, urusan bisnis atau keluarga akan tetap bisa berjalan.

Oh ya, soal makanan, selain sarapan di Fresca Bistro, saya sempat mencicipi steamboat dan jatuh cinta dengan racikan bumbu pada kuahnya yang sedap dan menggugah selera. Kalau kalian main ke Cirebon dan menginap di Batiqa Hotel Cirebon, pastikan memesan menu yang satu ini ya, djamin bikin lidah anda bergoyang dan tak ingin berhenti mengecap.

Secara keseluruhan saya memberi poin 8 dari 10 hampir merata di seluruh bagian seperti bagian kebersihan, kenyamanan, layanan, dan lokasi. Sedangkan untuk sarapan saya memberi point 7,5. Dengan rate yang dikenakan hanya sekitar 400 ribuan untuk Superior Room dan 700 ribuan untuk Suite Room, saya sangat merekomendasikan Batiqa Hotel untuk tempat menginap di Cirebon. Nah, ntuk info lebih lanjut silakan hubungi alamat di bawah ini ya.

Selamat menikmati kualitas terbaik menginap di Batiqa Hotel Cirebon.

Batiqa Hotel Cirebon
Jl. Dr. Ciptomangunkusumo no 99, Sunyaragi Kesambi, Cirebon Indonesia, 45132.
Telp +62 231 833 8000.
Email sa.cirebon@batiqa.com

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

pulau ketam donna imelda

Pulau Lumpur Nan Unik itu Bernama Pulau Ketam

Deretan rumah panggung yang unik dengan tiang-tiang kayu penyangga serta barisan perahu yang tertambat itu masih ...

4 comments

  1. Belum pernah ke Cirebon 🙁
    Tapi bisalah dijadikan salah satu opsi siapa tahu main ke sana dalam waktu dekat ini.

  2. namanya aja batiqa, nuansanya batik juga ya mbak? enak kyknya nginep disana

  3. Antar jemput stasiun hotel nya free atau bayar kak ???

  4. bisa ni hotel masuk list jika main-main ke cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge