Saturday, December 16, 2017
Home » Review and Event » Selamat Datang, Jakarta Corners
12011205_511559462354199_8669600709822098695_n

Selamat Datang, Jakarta Corners

Bila ada yang bertanya tentang sejarah lahirnya Jakarta Corners, ingatan saya pasti melayang ke suatu masa yang sudah cukup lama rasanya. Bahkan saya sendiri sudah lupa kapan tepatnya acara yang mempertemukan saya, Dewi Rieka, Shinta Ries dan Salman Faris. Yang saya ingat adalah kami kebetulan sama-sama hadir dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan travel yang bergerak di bidang ticketing yang menggunakan jasa blogger sebagai kontributor di berbagai daerah untuk mengisi beberapa media travel yang mereka miliki.

Meski saya, Dewi Rieka, Shinta Ries dan Salman Faris ada di tempat yang sama, namun ada keunikan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam menyiapkan daftar hadir bagi kami. Dewi dan Shinta tercantum namanya sebagai blogger, namun saya dan Salman tak menemukan nama kami di daftar blogger melainkan di daftar FANS hehehe. Saya tersenyum saat menulis bagian ini, karena seumur-umur saya baru kali ini datang dengan predikat sebagai fans untuk sebuah perusahaan.

Namun tak apalah, kejadian itu justru saat ini menjadi berkah buat kami. Meski ide untuk melahirkan sebuah komunitas atau apalah namanya saat itu, bermula dari sebuah guyonan saja agar tak lagi disebut dengan fans, namun perbincangan hangat penuh canda kemudian bergulir menjadi sebuah pembicaraan yang memiliki muatan, bahwa kami semua yang suka jalan ini menyadari bahwa ada potensi besar dari Jakarta untuk diangkat melalui media online. Banyak sekali sudut-sudut kota Jakarta yang sangat menarik untuk ditelisik, sehingga bulatlah tekad untuk melahirkan Jakarta Corners (JC).

Tak pelu berlama-lama. Untuk memudahkan diskusi lebih lanjut, malam itu juga grup WA yang hanya terdiri dari kami berempat saja anggotanya terbentuk. Kami berempat telah sepakat mewujudkan segala ide-ide yang kami obrolkan selama acara. Begitu juga dengan Shinta Ries, malam itu juga telah menyiapkan domain dan hosting untuk situs Jakarta Corners dengan alamat www.jakartacorners.com. Dan dalam hitungan hari, formasi JC diperkuat dengan menggandeng Evi Indrawanto dan Katerina. Sehingga lengkaplah formasi founder JC yang terdiri dari 6 orang blogger ini.

Jakarta Corners: Exploring Jakarta and The Corners
Kalau boleh saya mengatakan, Jakarta Corners adalah pengejewantahan sebuah ide sederhana untuk sebuah mimpi yang besar, yaitu mengangkat potensi Jakarta di dunia pariwisata baik lokal maupun internasional. Kenyataan bahwa Jakarta identik dengan kota besar, panas, macet dan kadang terkesan tak manusiawi seolah menafikan banyak hal lain yang menarik dari Jakarta. Padahal begitu banyak yang bisa kita gali dari kota yang dulu bernama Batavia ini.

Coba lihat lebih jauh, Budaya Betawi yang unik, kearifan lokal yang bersahaja, bangunan-bangunan tua yang bernilai sejarah, makanan khasnya yang mengundang selera sampai kehidupan masyarakatnya yang begitu heterogen. Semua menarik untuk diangkat. Untuk itulah Jakarta Corners hadir, menjadi situs rujukan tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya yang layak untuk dikunjungi dan memberi informasi lebih jauh tentang Jakarta. Misi Jakarta Corners ingin mengangkat kembali kebudayaan asli Jakarta dan sekitarnya untuk terus tercatat dan terdokumentasikan dengan baik.

Sebuah Langkah Awal
Langkah awal untuk mengenalkan Jakarta Corners lebih luas pun digagas, kami berenam menyiapkan sebuah acara peluncuran JC dalam bentuk Blogger Gathering dan Talk Show. Beruntung sekali Hotel Grand Zuri BSD bersedia sponsor utama.  Hotel bintang empat yang terletak di Jalan Pahlawan Seribu Kavling Ocean Walk Blok CBD Lot 6 BSD City, Serpong, Tangerang ini menyediakan seluruh fasilitas yang diperlukan, dari ruangan, hidangan, sampai goodie bag yang bisa dibawa pulang oleh peserta.

Tak hanya itu, untuk bisa merasakan suasana hotel yang mengusung tagline Feels Like Home ini juga mempersilahkan seluruh peserta untuk mengeksplore setiap sudut hotel. Bahkan untuk bisa merasakan kenyamanan hingga ke dalam kamar, pihak Grand Zuri juga  menyediakan satu buah kamar untuk dilihat dan diliput oleh para blogger.

Hal lain yang membawa antusias adalah kehadiran travel writer kawakan, yaitu Mas Teguh Sudarisman sebagai narasumber, Acara yang digelar pada tanggal 24 Oktober 2015 itu dihadiri lebih dari 50 orang blogger. Jauh melampaui ekspektasi kami yang hanya menyebar undangan untuk 50 orang blogger saja. Tentu saja kami sangat senang dengan antusias peserta yang hadir.

Semangat itu begitu terasa apalagi didukung dengan adanya berbagai lomba dengan hadiah yang sangat menarik. 9 voucher menginap di Hotel GrandZuri BSD dan One Day Trip Keliling Jakarta dan Tangerang bersama JC dipersiapkan untuk para pemenang lomba live tweet, foto Instagram dan lomba menulis tentang acara hari ini. Itu belum termasuk berbagai hadiah hiburan yang dibagikan selama acara berlangsung. Tak heran bila acara ini kemudian masuk di posisi nomer satu Trending Topic di Indonesia dan nomer dua Trending Topic dunia selama beberapa jam. Bahagia rasanya.

Meski tak seluruh blogger yang hadir adalah travel blogger, tapi saya yakin tak ada yang tak suka jalan-jalan. Itulah mengapa paparan Teguh Sudarisman yang terkenal dengan jargonnya “Make Money from Your Journey” ini mampu mencuri perhatian semua yang hadir. Dengan paparannya, peserta bisa melihat dan membuka wawasan, bahwa banyak sekali hal yang bisa diangkat dan menjadi banyak ide tulisan hanya dengan meluangkan waktu seharian ke sebuah sudut kota Jakarta.

Nah pertanyaannya, kapan terakhir kalinya kalian dengan sengaja menelusuri sudut-sudut kota Jakarta dan sudah menemukan apa saja hal yang menarik dari perjalanan itu? Ingin berbagi? Ditunggu ceritanya ya.

*Photo credit Evi Indrawanto, Katerina

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515174902

Aliya Hotel Klang – Hotel Nyaman di Jantung Bandar Diraja

Senja itu kubah Masjid Diraja Klang Utara terlihat indah dari kejauhan. Syahdu disinari cahaya lampu ...

6 comments

  1. Komunitas yang sangat menggugah dan sangat potensial untuk berkembang menjadi besar karena Jakarta selalu punya cerita baru di setiap pergerakan jarum detik :hehe. Saya minta maaf juga di sini, dulu saya diberitahu juga untuk datang ke acara itu cuma akibat satu dan lain hal saya belum bisa hadir.
    Jakarta memang punya permasalahan mendasar. Warganya tak tahu tentang bagaimana tempat tinggal mereka ini ada. Bagaimana mau menjaga sebuah rumah ketika penghuninya tak tahu bagaimana rumah itu dibangun? Bagaimana mau menghargai pohon-pohon yang tumbuh di halaman rumah ketika kita bahkan tak tahu pohon itu apa? Karenanya, semangat terus ya dengan JC ini, semoga sukses selalu, kalau ada menyelenggarakan event lagi mohon dikabari, siapa tahu saya bisa datang :hihi.
    Gara recently posted…Selamat Hari GuruMy Profile

  2. Selamat lahir Jakarta Corners. Yuk kita telisik tiap sudut Jakarta. Pasti banyak yang unik 🙂
    Evi recently posted…(Review) Jakarta Smart Hotel – Zuri Express Mangga DuaMy Profile

  3. Sukses terus JC ^.^v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge