Friday, August 18, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Jakarta » Smesco : Jelajahi Negeri Dalam Sehari Melalui Produk Unggulan Nusantara
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Smesco : Jelajahi Negeri Dalam Sehari Melalui Produk Unggulan Nusantara

Selama ini saya berpikir bahwa produk-produk khas Nusantara terutama wastra, kerajinan tangan dan cendera mata hanya bisa saya dapatkan dengan mendatangi langsung daerah-daerah di Indonesia. Tak banyak tempat lain yang menyediakan barang-barang seperti ini di Jakarta yang disajikan secara dengan jumlah yang cukup banyak dan jenis yang bervariasi. Setidaknya saya hanya mencatat Taman Mini Indonesia Indah, Sarinah dan Pasar Raya Grande saja.

Namun ternyata perkiraan saya salah. Ada satu tempat lagi yang justru menyajikannya dengan lengkap, baik dari jumlah maupun jenisnya. Mengayomi penjualan produk-produk unggulan dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, SMESCO –demikian nama yang disandang oleh gedung ini— adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk didatangi dan menjadi rujukan tempat berbelanja produk-produk Nusantara.

Ruang UKM Gallery lantai dasar yang luas dan nyaman.
Ruang UKM Gallery lantai dasar yang luas dan nyaman.
Memilah dan memilih, sesuai selera dan keinginan
Memilah dan memilih, sesuai selera dan keinginan

Tak terbilang telah berapa kali saya melewati gedung dengan atap berbentuk setengah lingkaran ini, namun jarang sekali saya berkesempatan untuk singgah. Meski tahu bahwa di dalam gedung yang terletak di Jalan Gatot Subroto Kavling 94 Jakarta ini terdapat banyak sekali produk-produk usaha kecil dan menengah karya anak bangsa, namun saya tak mengira bahwa tempat yang dulunya hanya tempat pameran produk-produk KUKM dengan ekspektasi yang biasa-biasa saja kini SMESCO (Small & Medium Enterprises dan Cooperatives) telah bermetamorfosis begitu cantik, sehingga ketika saya datang berkunjung kembali kali ini, saya terkagum-kagum dengan kondisinya sekarang.

Dipayungi oleh Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), SMESCO melalui LLP-KUKM adalah lembaga yang memberikan layanan terhadap pemasaran produk-produk koperasi dan usaha kecil dan menengah unggulan dari seluruh Nusantara. Produk-produk yang dipasarkan dibagi dalam dua kelompok besar yaitu produk-produk UKM Gallery di lantai dasar dan lantai dua serta produk-produk unggulan daerah di Paviliun Provinsi yang terletak di Lantai 3, 11, 12 dan 15.

Belum sempat ke Papua, lalu bermimpi suatu saat bisa ke sana dan tidur di dalam Honai
Belum sempat ke Papua, lalu bermimpi suatu saat bisa ke sana dan tidur di dalam Honai
Selendang-selendang nan cantik
Selendang-selendang nan cantik

Beruntung saya dan beberapa teman sesama travel blogger sempat mengunjungi semua lantai dan menikmati setiap produknya pada tanggal 15 Agustus 2015 kemarin. Paradigma yang melekat pada kata “kecil dan menengah” sirna seketika saat kami mengunjungi satu persatu pavilun provinsi dan ruang UKM Gallery. Meski di produksi oleh pelaku usaha kecil dan menengah, namun produk-produk yang dihasilkan sangat berkualitas dan telah melewati proses kurasi oleh dewan kurator. Bahkan beberapa diantaranya mampu menembus pasar ritel modern dan pasar ekspor.

Ruang UKM-Gallery didominasi oleh produk-produk tekstil dan pakaian jadi serta aksesoris pelengkapnya seperti sepatu, tas, gelang, kalung serta beberapa produk UKM lainnya. Saya terpesona dengan ragam batik yang disajikan di sini. Corak dan warnanya sungguh memikat hati, ingin dimiliki semua rasanya. Apalagi seluruh batik-batik ini adalah buatan tangan dan tidak menggunakan mesin printing. Ditulis motif demi motif, diwarnai hingga menjadi corak yang indah. Di lantai ini juga terdapat beberapa produk makanan dan minuman olahan produksi UKM yang bisa dijadikan sebagai buah tangan buat keluarga dan kolega.

Sepatu-sepatunya cantiiiik
Sepatu-sepatunya cantiiiik
Makanan dan Minuman Olahan Nusantara sebagai buah tangan juga ada lho
Makanan dan Minuman Olahan Nusantara sebagai buah tangan juga ada lho

Paviliun Provinsi ditempatkan secara random di empat lantai yang berbeda dan didesain secara unik, sesuai dengan ciri khas daerah masing-masing dan menampilkan produk-produk unggulan setiap daerah. Jenisnya beragam, dari pakaian, sepatu, cendera mata, kerajinan tangan, makanan khas, sampai alat musik dan ukiran kayu dengan tingkat kesulitan dan nilai jual yang tinggi. Soal harga, barang-barang di paviliun provinsi ini sangat wajar dan sesuai dengan kualitas barangnya.

Bahkan bila dibandingkan dengan harga di tempat asalnya juga tak jauh berbeda, bahkan ada yang sama dan lebih murah. Kami sempat “kalap” dan hampir semua dari kami membelinya,  ketika melihat kain tenun NTB dan NTT dengan corak dan warna khas yang memukau dijual dengan harga yang terjangkau dan bahkan sama dengan harga yang saya bayarkan saat saya membeli kain yang sama. Kalau pun lebih mahal sedikit anggaplah itu bagian dari biaya transportasi dan kontribusi kita buat pengrajin lokal.

Souvenir Abang None Jakarte
Souvenir Abang None Jakarte
Bila membayangkan betapa telatennya sang artis pengrajin menyusun manik-manik yang super kecil menjadi produk seperti ini, tentu harga yang dibayarkan harus sebanding dengan ketelatenan dan nilai seninya
Bila membayangkan betapa telatennya sang artis pengrajin menyusun manik-manik yang super kecil menjadi produk seperti ini, tentu harga yang dibayarkan harus sebanding dengan ketelatenan dan nilai seninya

Melihat ini semua saya berpikir bahwa tempat ini bukan lagi semata tempat bertemunya penjual dan pembeli yang difasilitasi pemerintah, namun juga suatu tempat yang terintegrasi. Perpaduan antara bisnis, industri, seni, wisata dan edukasi. Penduduk lokal maupun turis mancanegara, baik anak-anak maupun dewasa, lelaki atau pun perempuan bisa bisa datang kesini mengenal dan menjelajah Indonesia secara singkat hanya dalam satu hari kunjungan saja. Bisa mencicipi makanan khas daerah sekaligus membeli produk-produknya sebagai cendera mata. Aksesnya mudah, transportasinya gampang, harga terjangkau dan barangnya berkualitas. Buka setiap hari lho, dari jam 10.00 s.d. 21.00 wib.

Belum sempat keliling Indonesia? Mengapa tidak ke Smesco saja? Yuuuk kita jelajahi negeri dalam sehari melalui produk unggulan Nusantara di sini.

Semarak Kemerdekaan di Paviliun Sumatera Utara. Horas...
Semarak Kemerdekaan di Paviliun Sumatera Utara. Horas…
Paviliun Jakarta, unik ya...
Paviliun Jakarta, unik ya…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

pulau ketam donna imelda

Pulau Lumpur Nan Unik itu Bernama Pulau Ketam

Deretan rumah panggung yang unik dengan tiang-tiang kayu penyangga serta barisan perahu yang tertambat itu masih ...

11 comments

  1. Haduuhh aku ngeri kalap lihat tas2 lucu ituuu
    nunik utami recently posted…Fakta Menakjubkan Tentang IndonesiaMy Profile

  2. Wah, ke sananya bareng rombongannya Mei sama duo Fahmi bukan mbak? Aku tertarik banget sama tenun ikan NTB & NTTnya itu lho. Emang sih sering lihat gedung setengah bola itu, tapi ke sononya yang kadang2 males hehehe 🙂
    Adie Riyanto recently posted…Reuni: Membuka Kembali Kenangan LamaMy Profile

  3. Tempat yang seringkali dilintasi setiap menyusuri Jl. Gatot Subroto namun terlewat begitu saja. Padahal isi di dalamnya keren banget ya. Jadi ada ide nih, lain kali kalau jalan terus lupa beli oleh-oleh, ke sini saja :hihi. Saya paling suka dengan suvenir Abang-None itu Mbak, lucu-lucu sekali :)). Ha, agaknya akhir pekan ini mesti disempatkan nih, satu kunjungan kemari :)).
    Gara recently posted…Makam Van Ham: Berkisah Tentang Mereka yang TerlupakanMy Profile

  4. Wah souvenir dari DKI lucu pisan! Kenapa kemarin aku gak mampir ke paviliun ini ya? *saking banyaknya yang musti dilihat, hehehe*

    This is definitely my newest destination in town, other than shopping malls! 🙂

  5. aku pernah ke smesco cuma kondangan aja, jadi gak begitu merhatiin banget. ternyata semenarik ini ya isinya :))

  6. Kemarin itu aku pengen banget beli kain batik tulis. Namun harus nahan diri, duitnya gak cukup. Ntar balik lagi harus beli ah…
    Evi recently posted…Menginap di Fenix Inn Hotel MelakaMy Profile

  7. Asyik ya di SMESCO, serasa keliling Indonesia dan bisa belanja pula! ^^

  8. mbakkkk ini yang mbak donna ceritain ya, gak usah keliling nusantara coz di smesco ada semua, iyah berasa di nusantara ya mbak, itu souvenir2nya sudah mewakili
    evrinasp recently posted…Sehari Bersama Dan+Dan di Depok Town SquareMy Profile

  9. sayangi produk dalam negri, sayangi indonesia tercinta, ayo visit indonesia
    uno recently posted…Three Color Mountain KelimutuMy Profile

  10. smesco asyik banget. konsepnya untuk UKM

  11. intan rosmadewi

    Aaah . . . Indonesia memang surga belanja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge