Sunday, September 23, 2018
Home » Traveling » Around The Globe » 4 Rekomendasi Tempat Menginap dan Hotel di Labuan Malaysia
IMG20180426163550

4 Rekomendasi Tempat Menginap dan Hotel di Labuan Malaysia

Tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia menjadi topik bahasan kali ini. Selain transportasi, tempat menginap atau akomodasi adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah perjalanan. Apalagi bila perjalanan tersebut membutuhkan waktu lebih dari satu hari, maka di mana seorang pejalan akan melewati malam adalah hal krusial yang perlu dipikirkan.

Bila Sahabat Ayo Pelesiran masih ingat dua tulisan terdahulu tentang Labuan dan Island Hopping di sana, maka kali ini saya akan merekomendasikan 4 tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia selama sepekan. Menariknya, Gaya Travel dan Labuan Corporation yang mengundang saya dan teman-teman media lainnya ke sana memberikan pengalaman menginap yang sangat beragam, dari homestay, hotel hingga resort. Apa saja itu, yuk ikuti cerita saya selanjutnya.

Pilly Homestay

Sebagaimana namanya, Pilly Homestay berbentuk rumah tinggal. Kesan luas sangat terasa sejak pertama kali menjejakkan kaki di tempat yang memiliki halaman yang lapang ini. Empat buah bangunan tersusun rapi dengan satu bangunan berhadap-hadapan dengan bangunan utama. Empat bangunan tersebut terdiri dari satu bangunan utama berukuran besar, satu rumah berukuran sedang dan dua rumah berukuran lebih kecil.

Masing-masing bangunan memang berbeda peruntukannya. Bangunan yang paling besar selain memiliki kamar-kamar juga berfungsi sebagai lobby dan ruangan resepsionis bagi tamu yang akan menginap. Ada tujuh buah kamar dalam bangunan yang paling besar ini, enam buah kamar untuk disewakan sedangkan satu kamar digunakan sebagai ruang tidur pengurus hotel.

Satu bangunan lain yang berukuran sedang yang ada di bagian ujung adalah bangunan dengan tipe studio. Bangunan ini memiliki ruang terbuka di dalamnya yang diperuntukkan untuk tamu rombongan. Biasanya tamu yang seperti ini lebih suka menginap beramai-ramai dalam satu ruangan. Nah, ruang utama dalam bangunan ini lah yang menjadi tempat tidur tamu yang bisa memuat hingga sepuluh orang di dalamnya.

Dua bangunan lainnya didesain seperti layaknya sebuah rumah yang lengkap dengan teras di bagian muka. Ruang dalam dibagi menjadi dua ruangan besar dan satu kamar kecil untuk mandi dan buang air. Salah satu dari dua ruangan besar tersebut berfungsi sebagai ruang tidur, sedangkan satu ruangan lainnya berfungsi sebagai ruang makan dan dapur kecil.

Salah satu yang saya suka dari salah satu tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia ini adalah kelengkapan peralatan di dalam, persis seperti sebuah rumah tinggal. Dalam setiap bangunan tersedia dapur yang lengkap dengan lemari es, kompor untuk memasak serta peralatan makan. Tak hanya itu, bahkan mesin cuci modern pun disediakan di sini lengkap dengan jemuran dan gantungannya. Jadi bagi yang menginap lama tidak akan khawatir kehabisan pakaian bersih.

Meski homestay, ranjang dan tempat tidur yang digunakan adalah tipe spring bed dengan standar hotel berbintang yang nyaman. Di dalam kamar tersedia kasur serta bantal yang tebal dan empuk, dilapisi dengan sprei dan sarung bantal putih yang bersih dan dan wangi. Kamar juga dilengkapi dengan satu set meja rias, rak dan gantungan baju, pendingin udara serta satu set televisi layar datar berukuran besar.

Jadi bila pejalan yang datang ke Labuan dan ingin merasakan tepat menginap yang bersih, apik, nyaman dan lengkap layaknya di rumah sendiri namun dengan harga yang terjangkau maka Pilly Homestay sangat rekomen untuk tempat menginap. Tinggal pesan melalui aplikasi pemesanan hotel daring dari telepon seluler.

Palm Beach Resort and Spa

Dari beberapa tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia, Hotel ini adalah satu-satunya hotel dengan konsep resort yang ada di Labuan. Sesuai dengan konsep tersebut maka hotel ini memang memberikan kenyamanan yang maksimal bagi tamu-tamunya dengan desain yang kuat dengan unsur-unsur alam dengan nuansa tradisional.

Sejak memasuki lobby hotel, warna coklat kayu mendominasi dinding dan lantai. Di tempat yang sama pandangan mata anda akan dimanja dengan hamparan kolam renang di kejauhan yang seolah menyatu dengan pantai di hadapannya. Biru nan begitu membius dari pantulan airnya serasi dengan hijau pepohonan serta bangunan di sekitarnya yang bermaterialkan kayu dan beratap ilalang.

Taman-taman dengan tanaman hijau dan bunga-bunga yang dihadirkan di berbagai sudut membuat suasana begitu asri. Barisan kursi malas di pinggiran kolam pun tak kalah merayu, seolah mengajak untuk segera duduk bersandar, meluruskan kaki lalu menikmati hembusan angin hingga terkantuk-kantuk.

Palm Beach Resort and Spa telah beroperasi sejak tahun 1994. Hotel yang memiliki luas keseluruhan sekitar 17 hektar ini sempat dua kali berganti nama sebelum akhirnya diambil alih dan berganti nama dari Sheraton Hotel menjadi Palm Beach Resort and Spa. Memang ada bagian-bagian yang memperlihatkan usianya yang cukup lama, namun hotel ini masih cukup terawat dan nyaman untuk menginap.

Sekuntum bunga Kamboja begitu manis tergeletak di antara lipatan handuk di atas kasur seolah mengatakan selamat datang bagi tamu. Ada 245 kamar yang disediakan oleh Palm Beach Resort and Spa yang terdiri dari 2 jenis kamar yaitu Deluxe Room dan Suite Room. Salah satu yang istimewa dari kamar-kamarnya adalah ukurannya yang luas dengan pemandangannya yang cantik. Tamu bebas memilih pemandangan apakah lebih menyukai pemandangan kea rah taman atau ke arah laut.

Kamar-kamar di hotel ini luas-luas, minimal berukuran 45 m2 yang membuat tamu merasa lega berada di dalamnya. Kesan lega ini memang langsung terasa begitu kita membuka pintu kamar. Kamar beralas terakota dengan material interior dominan menggunakan bahan kayu membuat terasa sangat menyatu dengan alam. Serasi dengan sofa berwarna merah tua yang diletakkan di sudut ruang.

Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk keluar kamar dan menikmati pemandangan di sekitar hotel. Berjalan di pinggir pantai menjelang pagi sambil menikmati mentari perlahan meninggi dengan kaki telanjang sangat menyenangkan. Pantainya bersih dengan pasir pantai yang halus tanpa karang. Anda bisa bermain pasir di sini atau bermain volley pantai bersama teman atau kerabat.

Bila enggan melangkah atau lelah berjalan kita bisa memilih bersantai di atas hammock yang berjajar di tepian pantai. Sedangkan  sore hari, berjalanlah sedikit ke arah barat hingga ke sunset point. Di sana kita bisa menikmati cantiknya langit di pergantian hari saat mentari perlahan turun dan akhirnya menghilang di garis horizon. Suasananya tenang karena pantai ini merupakan privat beach untuk tamu hotel saja.

Tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia ini memang sangat maksimal dalam memanjakan tamunya. Bukan hanya dari fasilitas kamar dan kenyamanan namun juga suguhan atraksinya. Makan malam di pinggir pantai menjadi istimewa dan dengan penataan letak dan pencahayaan yang menghadirkan suasana romantis. Tamu bisa memilih untuk duduk di kursi-kursi yang terbuka atau di bawah pondok-pondok beratap rumbia.

Lepas jam makan malam, suasana semakin hangat dengan atraksi lagu-lagu dan tarian tradisional yang disajikan buat para tamu. Atraksi budaya tersebut yang beragam seolah mewakili etnis yang ada di Labuan. Para tamu pun larut dalam pertunjukan tersebut dan bahkan beberapa ikut menari atau bernyanyi. Sedangkan saya cukup menikmatinya dari atas tempat duduk sambil sesekali ikut dalam ritmenya.

Tiara Labuan Hotel

Ada kemiripan desain yang diusung oleh Tiara Labuan Hotel dengan Palm Beach Resort and Spa. Bisa jadi karena pemiliknya sama atau kebetulan saja desainnya serupa. Kedua tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia ini mengusung tema yang sama alami. Bagian luar ruangan terasa sangat asri dengan banyaknya taman dengan tanaman khas tropis. Sementara itu material bangunan didominasi dengan bahan kayu, rotan dan keramik terakota yang serasi dengan konsep natural yang diusungnya.

Kamar-kamar di Tiara Labuan Hotel semua berukuran luas. Untuk tipe deluxe saja luas kamarnya mencapai 144 m2, sedangkan tipe suite dengan satu atau dua kamar tidur luasnya mencapai 182 m2. Nah Dijamin terasa nyaman dan sangat leluasa di dalamnya. Bahkan terasa sangat luas bila hanya dihuni berdua saja. Biasanya sih, setiap menginap di kamar hotel yang luas, saya jadi ingat keluarga dan pengennya tidur bersama-sama berempat dengan mereka. Ah, mendadak rindu.

Kamar yang kami tempati selama dua malam di Tiara Labuan Hotel adalah tipe suite dengan satu kamar tidur. Namun secara keseluruhan yang kami dapatkan bukan hanya kamar, namun satu unit lengkap dengan ruang tamu, kamar mandi plus ruang rias, living room serta pantry. Setiap ruangan memiliki luasan yang ideal sehingga bisa dibayangkan unit yang kami tempati tak ubahnya bagai tinggal di sebuah rumah sungguhan.

Oh ya, di bawah manajemen yang sama, Tiara Labuan juga menyewakan unit-unit villa mewah yang letaknya persis di sebelah lokasi Tiara Labuan Hotel. Villa-villa ini menawarkan banyak pilihan jumlah kamar, yaitu 3,4 dan 5 kamar tidur. Bagi tamu yang datang dan ingin menginap namun tetap bersama-sama dalam rombongan besar di satu unit, maka Villa Tiara Labuan adalah pilihan yang tepat.

Lazenda Hotel

Berbeda dengan dua tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia, hotel berbintang tiga yang letaknya di tak jauh dari pusat kota ini memiliki konsep yang benar-benar berbeda, yaitu mengusung konsep modern dan kekinian. Hal ini terlihat dari cara Lazenda Hotel membiarkan beberapa dinding di ruang publik dan resto hanya dilapisi oleh plester semen berwarna abu-abu. Di beberapa bagian terlihat mural-mural yang sengaja dilukis di dinding untuk menguatkan konsep kekinian yang terasa sangat instagramable.

Meski tak memiliki ruang terbuka dengan taman-taman di area hotel, interior ruang Lazenda Hotel seperti di area lobby dan karpet di sepanjang koridor kamar masih didominasi dengan nuansa warna-warna tanah seperti coklat tua atau coklat susu. Bahkan di dalam kamar pun, lantainya tetap menggunakan lantai kayu berwarna coklat yang berpadu apik dengan desain kamar yang minimalis.

Ada tiga kamar yang bisa dipilih di Lazenda Hotel, yaitu Executive Suite Room, Junior Suite, Lazenda Suite dan Standard Suite dengan luas kamar yang semua sama seluas 10 m2 kecuali  tipe  Executive Suite Room. Untuk tipe tersebut luas unit secara keseluruhan tentu saja lebih besar karena tipe ini lebih mirip sebuah unit apartemen satu kamar lengkap dengan ruang duduk, ruang makan dan pantry.

Meski berbeda manajemen, ketiga tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia ini yaitu Palm Beach Resort and Spa, Tiara Labuan Hotel dan Lazenda Hotel dimiliki oleh pemilik yang sama. Hal inilah yang membuat saya menerka-nerka bahwa kayu dan warna-warna alam adalah warna favorit sang pemilik ketiga hotel tersebut. Oh ya, owner hotel ini sangat baik dan bersahabat, selama berada di ketiga hotel tersebut saya selalu melihat beliau rajin mendatangi dan berbincang dengan tamu-tamunya, termasuk dengan saya dan teman-teman.

Nah, cukup lengkap khan ulasan saya tentang tempat menginap dan hotel di Labuan Malaysia untuk Sahabat Ayo Pelesiran. Jadi gak bingung lagi akan menginap di mana bila pelesiran ke Labuan. Bila ingin merasakan suasana lokal, bisa pilih Pilly Homestay, ingin suasana resort atau natural nan asri  bisa pilih Palm Beach Resort and Spa atau Tiara Labuan Hotel. Sedangkan bila ingin yang lebih modern, simple dan stylish pun ada, tinggal pilih Lazenda Hotel.

So…, Ayo, pelesiran ke Labuan!

Selamat berlibur [DI]

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

donna_bajo (8)

Live on Board Menikmati Eksotisme Labuan Bajo

Sewa kapal untuk Live on Board (LOB) adalah cara asik menikmati eksotisme wisata di Labuan Bajo ...

23 comments

  1. Menarik sekali banyak pilihan tempat menginap. Semuanya berkualitas Baik. Mau pilih homestay atau resort tergantung kebutuhan dan kantong kayaknya ya

    • donna imelda

      bener banget Kang… bisa milih sesuai dengan keinginan dan budget. dan asiknya semua pilihan memberikan pengalaman menginap sama bagus sesuai dengan rate

  2. Subhanallahu jadi ingin menginap juga di Hotel labuan Malaysia. bagusnyaa

  3. Hotelnya nyaman banget kelihatannya mbak don, cozy, serasa di kamar rumah sendiri ya 🙂
    Vita Pusvitasari recently posted…Taman Mini Indonesia Indah Jakarta TimurMy Profile

  4. Makasih bgt infonya Mbak Donna, lengkap dan bermanfaat

  5. Cakep2 banget mba pilihan tempat menginapnya. homestay nya juga homey banget ya… Seneng deh liat yg palm beach resort, udah membayangkan pantainya yg romantis, aakk

  6. Dilihat dari foto-fotonya aja berasa banget kayak di rumah sendiri ya. Soal budget berapa nih mba?

  7. Aku membayangakan bisa honeyoon ama suami di Labuan euy, mba. Soalnya kliatan sekali menyenangkan dan berasa di rumah. Aksesnya juga nggak jauh yaa dari pusat kota?
    Rach Alida Bahaweres recently posted…Uzone.id Portal Berita Entertainment dan Lifestyle untuk MilenialMy Profile

  8. Ternyata di Malaysia ada juda daerah namanya Labuan 😀
    Hotel, resort, dan spa-nya oke2 mbak fasilitasnya, tapi aku mau komeni guest house-nya ah, kyknya menarik kalau pergi rame2 nginep di sana, bisa hemat budget jg kayaknya ya mbak #turisirit hehe

  9. homestaynya fasilitasnya mendekati hotel yaa…. baca ini jadi pengen liburan ke Labuan. Itu kamar honeymoonnya bikin mupeeeeeng

  10. Ulasannya lengkap banget! Bisa jadi referensi kalau kapan2 aku sekeluarga mau ke labuan malaysia. Bookmarked dulu ah. Thanks infonya ya Mbak

  11. mupeng aku mupeng hihi. Pasti anak-anak juga suka disini karena lamgsung pantai dan clean pemandangannya. Kalau aku nabung dulu berarti hihi
    Mira Utami recently posted…Cara Masak Ketupat Anti GagalMy Profile

  12. Langsung lirik Pilly Homestay. Fasilitas lengkap samoe mesin cuci. Baju kotor langsung cuci Aja 😁

  13. Ini harga per malamnya gk bisa dibisikin mba?
    Takut kantong gk kuat kalau mau menginap di salah satu penginapan yg disebutkan di atas. Ahahaha

  14. Waaa, ngiler aku pingin nginep di Palm Beach Resort and Spa.. Cantik banget tempatnya, apalagi di bagian luarnya deket kolam renang dan pantai ya mba Donna.. Semua penginapannya tampak nyaman dan homey.. Aku baru tau ada Labuan di Malaysia.. Kupikir awalnya Labuan Bajo.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge