Tuesday, October 24, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Jakarta » The Koprolers, Escape to Harapan Island
Pulau Harapan
Pulau Harapan

The Koprolers, Escape to Harapan Island

Bulan masih bulat penuh bersinar di atas langit Cimanggis dini hari kala adzan subuh belum lagi berkumandang. Aku sudah duduk manis setengah mengantuk di samping ia tercinta yang fokus dibalik kemudi saat roda mobil mulai bergerak mengantarku menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara yang menjadi meeting point kami pagi ini. Dua puluh tiga orang koprolers, begitu sebutan untuk kami yang hobi backpacking ini akan berkumpul. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih satu jam lewat jalan bebas hambatan Jagorawi Cibubur – Dakota Jembatan Tiga ini benar-benar bebas hambatan karena jalanan ibukota bebas dari macet pada dini hari. Berbekal GPS dan petunjuk dari seorang teman menuju pelabuhan, aku terpaksa menahan kantuk supaya gak salah arah dan bisa sampai ditempat sesuai dengan waktu yang kami sepakati. Alhamdulillah, sedikit tanya sana sini di Pasar Muara Angke untuk menemukan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tempat kami akan berkumpul, sekitar jam enam pagi aku sudah sampai disana.

Tak hanya kelompok kami saat itu yang berkumpul disana, saya perkirakan saat itu sudah ada ratusan orang yang juga berkumpul di sana dengan tujuan yang sama yaitu gugusan Kepulauan Seribu. Tentu saja tak semua dari kami menuju pulau yang sama, karena ada banyak sekali pulau-pulau berpenghuni yang biasa dikunjungi, beberapa diantara seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, atau seperti tujuan kami yaitu Pulau Harapan yang berada di bagian utara Kepulauan Seribu. Dari pelabuhan Muara Angke ini jangan dibayangkan kita akan berpelesir layaknya turis, lalu dengan dandanan ala wisatawan dan membawa travelbag dengan roda yang bisa ditarik-tarik kesini. Dengan gaya seperti itu, dengan tegas saya akan mengatakan anda “salah kostum”. Pelabuhan yang letaknyanya terintegrasi dengan pelabuhan nelayan dan pasar ikan dengan akses jalanan yang becek dan berbau ini harus dinikmati dengan pakaian dan bawaan yang sesuai bila anda gak mau kerepotan sendiri dan terlihat seperti makhluk asing xixixi. Dan serunya saya melihat pemandangan itu kemarin, beberapa orang membawa bantal imut didekapan dan menggeret travelbag nya.

Kurang lebih pukul tujuh pagi akhirnya The Koprolers mulai bergerak menuju dermaga tempat kapal yang akan membawa kami bersandar. Pagi itu pelabuhan sudah sangat ramai cenderung sesak oleh manusia karena memang keberangkatan ke Kepulauan Seribu dari titik ini hanya satu kali sehari sehingga kami dan ratusan orang lainnya bergerak pada waktu yang bersamaan. Keterbatasan jadwal pemberangkatan dan jumlah kapal pengangkut mengharuskan kami beradaptasi dengan kondisi kapal yang seadanya, duduk dimana saja yang bisa diduduki, bahkan kalau perlu duduk diatas atap kapal. The koprolers terpisah2 namun tetap berangkat dalam satu kapal. Saya alhamdulillah dapat tempat kosong yang cukup nyaman dimana saya bisa duduk bersandar dan selonjor menikmati angin diatas kapal tanpa atap. Tiga jam waktu tempuh menuju Pulau Harapan dilalui dengan nyaman, cuaca cerah tapi panas tak terlalu menyengat, sambil ngobrol dan bercanda dengan beberapa Koprolers kami sampai di Pulau Harapan.
Pelabuhan

P4271695
Aku menarik napas panjang, menikmati pemandangan dihadapanku, jalan setapak memanjang membentuk garis lurus menuju deretan rumah penduduk seolah menyambutku dan berkata “Selamat Datang di Pulau Harapan”. Ya…kami akan singgah disini selama dua hari, untuk menikmati pulau-pulau kecil disekitar pulau Harapan termasuk alam bawah lautnya yang memikat, bercengkerama dengan penduduk, serta tak lupa menyisipkan aktivitas “More Than Traveling Point” yang menjadi moto setiap perjalanan yang The Koprolers lakukan, dengan ikut melakukan penanaman Mangrove dan melihat lebih jauh penangkaran Penyu Sisik di Pulau Kelapa Dua di perjalanan kali ini.
P4282263
P4282266

Lalu apa saja cerita The Koprolers selama dua hari di sini, tunggu catatan perjalanan selanjutnya ya.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170515103635

ROYAL KLANG HERITAGE WALK – Telusur Jejak Warisan Bandar Diraja Klang

Royal Klang Heritage Walk namanya, kegiatan ini dilakukan dengan berjalan kaki menelusuri jejak dan bangunan ...

2 comments

  1. Very soon this web site will be famous amid all blog people, due to it’s good content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge