Tuesday, October 24, 2017
Home » Review and Event » Travelio, serunya merencanakan perjalanan bahkan sebelum perjalanan itu dimulai
KERALA

Travelio, serunya merencanakan perjalanan bahkan sebelum perjalanan itu dimulai

Merencanakan perjalanan bersama Travelio mampu menghadirkan serunya perjalanan, bahkan sebelum perjalanan dimulai.

Hal tersebut di atas saya rasakan saat saya merencanakan perjalanan terakhir saya. Di sela-sela kesibukan saya sebagai wanita bekerja, melakukan perjalanan bersama keluarga adalah salah satu hal yang menjadi prioritas bagi saya. Tak harus ke tempat yang jauh seperti yang secara rutin kami lakukan sekeluarga di kala libur panjang tahunan, namun juga ke tempat-tempat di kota terdekat dengan tempat tinggal kami di Jakarta.

Seperti kemarin, setelah dua bulan terakhir menjalani aktivitas dengan beban kerja yang lebih banyak dari biasanya, saya merasa perlu sedikit menghilangkan kepenatan dengan melakukan perjalanan bersama keluarga. Namun pekerjaan yang tidak mungkin ditinggalkan terlalu lama, membuat saya harus merencanakan perjalanan ke kota yang tak jauh dari Jakarta. Pilihan saya jatuh pada kota yang terkenal dengan kota hujan, yaitu di Bogor.

Bogor yang dapat kami capai hanya dengan satu jam perjalanan dengan menggunakan commuterline sebenarnya merupakan kota yang tak asing bagi kami sekeluarga. Beberapa tempat wisata di Bogor sudah banyak yang kami datangi, namun tak pernah sampai menginap, sehingga kami harus merencanakan hari lain untuk datang kembali ke tempat yang belum sempat kami datangi. Hal ini kemudian yang menjadi ide saya untuk mengajak anak-anak kembali ke Bogor dengan cara yang sedikit berbeda, yaitu dengan menginap.

Kebetulan, beberapa bulan lalu saya beruntung mendapat undangan untuk menghadiri peluncuran sebuah perusahaan pemesanan hotel online yaitu Travelio. Dengan keunikan bahwa pemesanan tarif hotel di Travelio dapat disesuaikan dengan anggaran perjalanan yang kita miliki, terbersitlah ide tambahan untuk menggunakan fasilitas tawar-menawar harga ini untuk melengkapi rencana perjalanan saya.

Disinilah keseruan itu dimulai

Screenshot_2015-04-27-01-29-58_1

Ternyata melakukan pemesanan tiket di Travelio sangat mudah dan menyenangkan. Saya hanya perlu masuk ke laman resmi Travelio di www.travelio.com, lalu di layar yang tertera saya memasukkan data lokasi tempat saya akan menginap, serta tanggal dan lama menginap. Setelah meng-klik menu “cari hotel” maka sistem akan menampilkan daftar hotel yang ada di data base Travelio.

Di halaman ini kita juga bisa melihat kondisi hotel yang akan kita tuju dengan meng-klik tombol “lihat hotel”. Maka travelio akan menunjukkan lokasi hotel, tempat-tempat rekreasi yang terdekat dengan hotel tersebut, serta fasilitas hotel baik di dalam kamar maupun fasilitas yang disediakan hotel secara keseluruhan. Hal ini memudahkan saya untuk menentukan hotel mana yang sesuai dengan kebutuhan saya seperti  lokasi hotel yang strategis, memiliki sarana olahraga untuk berenang, ketersediaan transportasi umum serta sesuai dengan budget yang saya siapkan.

Bebas Biaya Tambahan dan harga bisa ditawar

Screenshot_2015-04-27-01-47-53_1

Melakukan transaksi pemesan hotel di Travelio memberikan kita kepastian harga yang harus kita bayarkan. Harga yang tertera adalah harga yang sesuai dengan tarif hotel, sudah termasuk pajak dan pelayanan serta tidak ada tambahan biaya apapun. Uniknya, dan ini sangat menarik adalah harga tarif tersebut bisa kita tawar dan sesuaikan dengan biaya yang telah kita anggarkan. Saya menganggarkan biaya menginap sebesar 350.000 rupiah per malam untuk menginap di Bogor, maka saya memilih hotel dengan tarif berada pada kisaran 400.000 sampai dengan 500.000 saja. Dengan meng-klik menu “tawar sekarang” maka kita bisa memasukkan harga yang kita inginkan dengan login terlebih dahulu. Bila belum terdaftar, maka kita bisa melalukan registrasi terlebih dahulu baru melakukan proses tawar menawar.

Kita boleh menawar hingga maksimal sepuluh kali tawaran dalam satu hari. Hasil dari tawaran itu bisa saja ditolak, sehingga kita harus mengubah harga tawaran. Bila harga yang kita tawar sesuai dengan standar harga yang ditetapkan mereka, maka tawaran akan langsung diterima. Namun juga bisa saja terjadi bahwa Travelio membutuhkan waktu lebih lama untuk memutuskan akan menerima atau menolak tawaran kita. Untuk itu, Travelio akan menanyakan apakah kita bersedia menunggu atau tidak. Betapa senangnya tawaran saya pada angka 350.000 rupiah diterima untuk hotel di daerah Pakuan, di pusat Kota Bogor, padahal tarif sebenarnya yang tertera adalah rata-rata  hampir seharga 500.000 rupiah.

Proses mudah, cepat dan aman

Dengan disetujuinya harga penawaran, maka proses selanjutnya adalah pembayaran dengan memilih salah satu cara pembayaran yaitu, menggunakan kartu kredit, internet banking atau bank transfer. Pada penggunaan metode bank transfer, proses hanya bisa dilakukan pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00. Saya memilih menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Harga yang saya bayarkan persis sama dengan harga tawaran yang disetujui ,tanpa biaya tambahan apapun.

Melalui surat elektronik, voucher hotel pesanan saya dikirimkan sesaat setelah proses pembayaran selesai. Voucher inilah yang kemudian saya cetak dan akan saya tunjukkan pada receptionist hotel pada saat melakukan check in. Mudah, cepat dan aman, bukan?

Screenshot_2015-04-27-01-27-45_1

Dua Hari Satu Malam di Bogor.

Urusan pemesanan hotel selesai, maka saya pun mulai memikirkan aktivitas apa saja yang bisa saya dan keluarga lakukan selama dua hari dan satu malam di Bogor. Rencana tersebut antara lain:

1. Wisata Kuliner

Nasi Timbel Komplit Resto M.11

Sebelum check ini, kami rencananya akan santap siang di sekitar Institut Pertanian Bogor yang berada di daerah Baranangsiang. Banyak pilihan makanan yang ada di sana. Biasanya kami akan makan masakan khas Sunda di Restoran M11 yang terkenal dengan menu Nasi Timbel komplitnya. Tapi bukan itu saja, di lokasi yang sama saya dan suami bisa menikmati es cincau hijau dan tahu gejrot, sementara anak-anak bisa menikmati es potong dan yoghurt kegemaran kami masing-masing. Selain itu, kami juga akan berkeliling seputar Taman Kencana yang memiliki beberapa restoran terkenal di wilayahnya. Banyak pilihan yang sudah mampir di benak saya, Restoran Pak Ewok yang terkenal dengan sop buah itu, Sate Madura Pak H. Ismail serta Macaroni Panggang MP dan Pizza Bakar.

2. Olahraga

Berenang Yuuuk

Selain menikmati fasilitas olahraga yang disediakan hotel berupa kolam renang, kami juga akan melakukan jogging atau sekedar jalan santai berkeliling Kebun Raya Bogor pada pagi hari. Tentu saja selain untuk menikmati udara segar, sekaligus bercengkrama dengan alam bersama keluarga.

Suasana Kebun Raya Bogor Yang Asri

3. Wisata Edukasi

Ada Museum Zoologi dan Museum Etnobotani yang menjadi bagian rencana kami sekeluarga. Letaknya tak jauh dari Kebun Raya Bogor. Bahkan Museum Zoologi berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor itu sendiri. Selain itu, anak-anak juga bisa wisata sambil belajar di Kuntum Nursery yang letaknya ke arah Tajur untuk belajar tentang pertanian dan peternakan.

Belajar Menanam dan Memanen
Belajar Memelihara Ternak

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

The Passport @donnaimelda

The Passport – Tempat Hangout Favorit di Gading Serpong

Bukan sekali ini saya mampir ke The Passport, tempat hangout favorit saya di Gading Serpong. ...