Tuesday, October 17, 2017
Home » Traveling » Wonderful Indonesia » Sumatra » Lampung » Weekend ke Lampung yuuk, ini caranya….
buritan

Weekend ke Lampung yuuk, ini caranya….

Hendak menghabiskan weekend yang cuma dua hari, tetapi sayang bila dilewatkan hanya tidur2an dirumah? Atau mulai bosan berlibur di sekitar Jakarta? Kenapa tidak mencoba berwisata ke Lampung? Hampir setiap saya ke Lampung selalu saja ada yang menanyakan bagaimana cara kesana. Tentu saja dengan teknologi dan transportasi yang berkembang saat ini, tak sulit rasanya untuk mencapai Lampung atau lebih tepatnya kota Bandar lampung. Terletak di ujung Sumatra, terpisahkan dengan Pulau Jawa oleh Selat Sunda, kota Sang Bhumi Ruai Jurai ini bisa ditempuh dengan mobil pribadi sekitar 7-8 jam. Berikut ada beberapa alternatif untuk mencapai Lampung.

Melalui tol Jakarta-Merak, dengan menggunakan mobil pribadi, anda butuh waktu sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke Pelabuhan Merak dan membayar tiket untuk naik ke atas kapal sebesar 250 ribuan per kendaraan dan menyeberang selama 2-3 jam. Di atas kapal anda bisa memilih untuk berada di dek tempat kendaraan parkir selama penyeberangan, atau duduk2 di pinggir kapal di sekitar area penumpang kelas 3 tanpa dipungut biaya tambahan. Namun bila anda ingin lebih nyaman (tak banyak kapal ferry yang memberi kenyamanan maksimal), setidaknya anda tak perlu ber-angin2 di geladak, anda bisa masuk ke area khusus penumpang kelas 2, 1 atau eksekutif (tergantung kapal yang anda naiki) dengan membayar tiket lagi. Gak mahal kok, hanya sekitar 5-10 ribu per orang. Nantinya kapal akan merapat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan masih harus melanjutkan perjalanan sampai ke kota Bandar Lampung selama 2,5-3 jam.

Tidak hanya menggunakan mobil pribadi, bagi anda yang memiliki keterbatasan waktu dan ingin menghemat waktu perjalanan anda dapat menggunakan jasa transportasi penerbangan, dengan biaya sekitar 300-400 ribu sekali jalan, anda bisa terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng selama kurang lebih 40 menit untuk mendarat di Bandar Udara Raden Inten 2 Bandar Lampung. Ada lima perusahaan penerbangan yang melayani rute Jakarta – Balam, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air dan Merpati dengan total lebih dari 15 penerbangan sehari. Pilih penerbangan paling pagi dan pulang dengan menggunakan penerbangan paling sore supaya anda semaksimal mungkin memanfaatkan waktu liburan anda di Bandar Lampung.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bus antar kota. Ada beberapa pilihan yaitu Bus yang baru dioperasikan bulan Agustus 2012 kemarin yaitu bus SigerKencana yang berangkat dari Grogol dan Kemayoran dengan Tiket seharga 160 ribu rupiah. Alternatif bus lainnya, anda bisa menggunakan bus Damri dari Stasiun Kereta Api Gambir Jakarta ke Stasiun Kereta Api Bandar Lampung dengan waktu tempuh 8-10 jam.

Ada dua jenis bis Damri saat ini yaitu Executive Class AC, reclining seat dengan biaya 140 ribu sekali jalan, berangkat jam 8, 9 dan 10 Pagi dan Malam dari Jakarta. Jenis yang kedua bus Damri yang baru saja dioperasikan Desember 2012 yaitu Royal Class Damri dengan kapasitas tempat duduk 21 seat + 2 seat untuk Area Smoking, dan fasilitas tambahan antara lain : AC, Recleaning Seat, Leg Rest, Foot Rest, Audio/Video, Karaoke, Wifi, Toilet dan Mini Bar. Damri Royal Class akan berangkat dua kali dalam sehari. Pagi berangkat pukul 10.00 WIB sedangkan malam berangkat pukul 21.00 WIB. Untuk harga tiket, tidak jauh berbeda dengan harga jurusan yang telah ada sebelumnya. Tiket Damri Royal Class seharga Rp165 ribu/orang.

Alternatif lain untuk mereka yang suka backpackeran, wisata murah meriah asik, bisa menuju lampung dengan hop on hop off berbagai moda transportasi umum, alias lompat-lompat. Dari Terminal bus KampungRambutan atau LebakBulus, anda bisa naik bus menuju Pelabuhan Merak dengan biaya sekitar 25-30 ribu, disambung menyeberang Selat Sunda naik Kapal roro (ferry) dengan harga tiket 10-15 ribu dan terakhir melanjutkan perjalanan dengan bus kota dari pelabuhan Bakauheni ke BandarLampung membayar sekitar 30 ribu rupiah. Murah meriah asik khan…

Nah…tak sulit khan untuk mencapai kota Bandar Lampung, tinggal sesuaikan saja dengan waktu dan budget yang tersedia, juga dengan siapa anda melakukan perjalanan, misal bersama keluarga, anak2 atau teman sebaya. Ingin yang ala princess atau backpacker, atau gaya saya….gaya nanggung hehehe.

Bagi yang gak mau repot segalanya…bisa kontak saya kok. Ntar kita urusin semuanya dari Jakarta sampe Lampung, dan jalan-jalan di sekitar Lampung anda tinggal duduk manis, dan bayar hehehe.

Selamat berkunjung ke Lampung….

kapal

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC9098e

EAT TRAVEL WRITE 5 – Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Klang Selangor

Selangor State Economic Planning Unit (UPEN Selangor) berkolaborasi dengan Ministry of Tourism and Culture Malaysia, ...

4 comments

  1. Salam kenal Mbak Donna,, 

    Saya juga pernah diajak suami mengisi weekend ke Lampung (tujuannya Way Halim). Berangkat Jumat malam, Senin pagi sudah sampai Jakarta lagi. Waktu itu hampir lengkap moda transportasi yang kami manfaatkan, mulai dari jalan kaki, transjakarta, bis, kapal, lalu travel (dari Pelabuhan ke Way Halim), lalu jalan kaki lagi. Seru. Sayangnya waktu itu belum sempat kuliner atau wisata pantai, karena fokus mengunjungi saudara. Semoga lain kali bisa ke Lampung lagi 🙂

    • donna imelda

       

      salam kenal juganmbak Rina, thanks sudah berkenan berkunjung.  Ya….kapan2 ke Lampung lagi mbak, banyak makanan enak dan pulau2 cantik yg aksesnya mudah. Tak jauh pula dari Jakarta.

  2. Wisata Lampung banyak bener kalau mau dikunjungi. Paling dekat dari Jakarta, Lampung Selatan, juga banyak destinasi wisata menarik

  3. Ayu Wijayanti

    Kalo ke lampung lagi boleh ajakin aku kok kak 😘😘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge