Wednesday, February 26, 2020
Home » Traveling » 5 Tips Traveling Praktis Ala Travel Blogger
Jpeg

5 Tips Traveling Praktis Ala Travel Blogger

Saat sharing tentang travel blogging di Akademi Berbagi Pekalongan, 7 Juni 2015 yang lalu, saya sempat mendapat pertanyaan, bagaimana tips agar saat traveling tak kerepotan. Karena sebagai seorang travel blogger, traveling tak hanya sekedar jalan-jalan atau melihat-lihat saja tetapi juga sambil mengamati, mengambil gambar, mewawancarai, dan mencatat berbagai hal sebagai bahan tulisan. Jawaban saya hanya satu kalimat, “simplify your life”, semua saya buat praktis dan sederhana.

1. Light Packing; minimumkan jumlah bawaan. Saya selalu membatasi bawaan dengan maksimal membawa dua macam tas saja dan membiarkan kedua tangan saya bebas tanpa tentengan. Misal perpaduan tas ransel dan tas selempang, atau ransel kecil dan travel bag beroda. Itu pun sebisa mungkin beratnya tak lebih dari 20 kg.

Terlebih karena saya sering berpergian sendirian, maka minimnya jumlah bawaan sangat memudahkan mobilitas dan aktivitas saya dalam perjalanan, entah itu harus ke toilet atau menunaikan sholat. Selain itu, saya tak akan kelelahan dengan bawaan yang berat, dan kedua tangan bebas digunakan untuk hal lain, seperti memotret, menulis, membayar, berpegangan, tanpa harus melepaskan bawaan dari tubuh saya.

2. Sepatu yang nyaman dan kuat digunakan untuk melangkah adalah syarat wajib yang harus dipenuhi. Gak pernah deh ada cerita penderitaan dalam perjalanan gara-gara sepatu tak nyaman atau rusak di tengah perjalanan. Biasanya saya memilih yang tertutup agar kaki saya terlindung. Entah kenapa saya tak suka melihat kaki saya menjadi gelap dan dekil karena karena paparan matahari dan debu. Makanya saya jarang sekali menggunakan sandal gunung kecuali basah-basahan. Bahkan kalaupun harus trekking, saya lebih memilih sepatu trekking daripada sandal gunung.

3. Berdandan sederhana tetap bisa kelihatan modis dan cantik lho. Saya menyukai T-shirt dan celana panjang yang menyerap keringat dan nyaman digunakan. Biasanya dengan ukuran yang sedikit lebih longgar agar memudahkan gerak. Dan untuk berpergian, saya menggunakan kerudung yang praktis yang terbebas dari segala macam alat kait, entah itu kancing, peniti atau jarum pentul. Beri sentuhan sedikit agar tetap manis hehehe.

3. Optimalkan gawai anda. Jaman sekarang teknologi tak lagi mahal. Dengan harga cukup terjangkau kita bisa dapatkan gawai yang multifungsi, baik sebagai alat komunikasi, pencari informasi, alat tulis, alat rekam, alat pemutar musik, kamera, hingga video dengan kualitas sangat baik. Penggunaan gawai secara optimal, mengurangi banyak kerepotan gara-gara membawa masing-masing barang dengan hanya satu fungsi.

4. Kamera digital yang langsing tapi dengan fungsi yang mumpuni dan memiliki kemampuan super zoom adalah yang saya sukai. Saya masih merasa repot menenteng-nenteng kamera besar, berlensa panjang dan berat. Digicam lebih praktis menangkap momen yang kadang berlangsung singkat dalam perjalanan dan tidak menarik perhatian banyak orang dibanding kamera DSLR. Kalaupun membutuhkan hasil foto yang lebih baik, kamera mirrorless lebih praktis untuk dibawa-bawa.

5. Mengurangi penggunaan alat tulis konvensional supaya tak repot bolak balik mengeluarkan buku catatan dan bolpoin. Gunakan gawai anda untuk mencatat, foto informasi penting seperti nama jalan, nama tempat, istilah atau waktu berlangsungnya momen menggunakan gawai anda. Sangat membantu mencegah penulisan yang salah dan anda bisa mengetahui catatan waktu selama perjalanan dari memori saat foto tersebut diambil. Praktis khan?

Yuuuk, kita traveling gak pakai ribet, siap gali informasi sebanyak mungkin agar manfaatnya maksimal saat ditulis dan dibagikan nanti.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Malaysia, Tenggara Yang Patut Dikunjungi Sebelum Tua

Malaysia, Tenggara Yang Patut Dikunjungi Sebelum Tua – Menjadi tua bukan satu hal yang merugikan, ...

16 comments

  1. Avatar

    siip ikut deh tips n trik-nyaaa

  2. Avatar

    Wah tips nya keren, saya kadang2 masih pake tulisan tangan, soalnya kadang lupa mindahin isi memory ke laptop jadi hapenya lemot hehe..

  3. Avatar

    Eaaa.. Makasih mak tipsnya, aku juga selalu optimasi gajet mak, makanya suka sebel kalo lowbet.. 🙂

  4. Avatar

    saya jarang plesiran sih mbak, tapi kalau udah ngebolang ransel dan tas slempang, kamera, tongsis *wajib haha*, sepatu kets, tsirt itu mesti dipakai. dulu zamannya belum ada smartphone, saya selalu bawa atlas lho hehe

  5. Avatar

    Wahh trima kasih mak untuk tipsnya, manfaat bgt buat saya yg slalu rempong kalo bepergian

  6. Avatar

    Makasih tipsnya mbak, bermanfaat bgt. Saya msh blm bisa memanaj barang bawaan dgn baik, apalagi saat bawa duo anak lanang. Dan mslh sepatu kyknya emang lebih praktis pake sepatu kets ya mbak.

  7. Avatar

    Makasih banyak tipsnya, Mak. Yang enggak lupa dibawa tuh sendal jepit. Hihi dalam segala suasana deh pokoknya. Berhubung menghindari bawaan banyak, suka pakek baju panjang, praktis gitu tinggal pakek 😀

    Yang masih enggak bisa mup on tuh tas ransel. Suka bawa ransel dua, depan belakang tapi jadinya kek penyu 😀

  8. Avatar

    Siap, tips-tipsnya akan dilaksanakan! Memang traveling itu sebaiknya tidak merepotkan diri, kan tujuannya buat having fun, masa jadinya malah having repot, fun-nya tidak ada :hehe :peace. Praktis memang paling enak ya Mbak, tapi kalau soal kamera, mirrorless itu kayaknya agak mahal… :huhu.

  9. Avatar

    OOo kamu aktif nulis disini to? Pantesan di blog listku kok nggak update2 yg blogmu lama. Aku juga bawa kamera digital yg praktis bisa zoom, soalnya biar cepet kalau aka momen yg tiba2 nongol. Sebenarnya hasilnya jauh lbh bagus mirrorles tp blm nemu lensanya zoomnya dipasaran. Jadi mirrorless utk event yg lbh privat & santai.

  10. Avatar

    Trmksh mba Donna, tips nya sangat bermanfaat… 🙂

  11. Avatar

    wuihh terima kasih infonya 🙂 harus aku praktekan nih

  12. Avatar

    Duuuuuuh…
    Harus dicatet ini semuanyaaa…makasih tipsnya yah mbak 🙂
    Aku setiap kali bepergian selalu diniatin untuk diposting…
    Tapi entah mengapa kok yah gagal terus setiap kali mau nulis soal perjalanan…
    Akhirnya nulis curhat muluk blog ku ituuuh bhahaha…

  13. Avatar

    Tipsnya sudah dipraktekin. Tinggal kamera nih mau dikecilin tasnya, mau dirampingkan. Penggunaan mirrorless sudah bisa menjadi pertimbangan biar ga repot2 lagi bawanya. Thx kak donna.
    Bobby Ertanto recently posted…Booking Hotel dengan Hotel QuicklyMy Profile

  14. Avatar

    Bener tuh kamera digital, enak dan nggak ribet. Kalo pake DSLR kan susah ngemasnya. Lagian jadi nggak bisa bawa barang lebih karena ada barang yang ‘gede’ hehe. Selain itu kamera pocket lebih nyaman digunakan kalo ada momen-momen kejutan. Jadi bisa cepet-cepet njepret 😀

  15. Avatar

    Tips yang ampuh tuh Mbak…lagian klo kebanyakan bawaan, berat bin ribet plus pasti bikin capee bawanyaa. hahahaha

  16. Avatar

    Kalau yang kamera masih proses menabung mbak 🙂 Terus kalau masalah menulis, saya lebih suka pakai alat tulis. Selain lebih enak dan gak ribet. Juga sehat bagi perkembangan diri. Soalnya menurut penelitian, menulis manual itu sehat bagi perkembangan otak kita.
    Sandi Iswahyudi recently posted…Yuk Berbagi Inspirasi di Profil Muda Cahaya! Mau?My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge