Thursday, October 6, 2022
Home » Review and Event » Garuda Indonesia Experience: Sebuah Jawaban Kerinduan
Sumber: http://garuda-indonesia.com

Garuda Indonesia Experience: Sebuah Jawaban Kerinduan

Karena keindahan hanya mampu dilihat oleh mereka yang merindukan, bahkan dalam mata yang terpejam sekalipun.  Gibran, K

Tiba-tiba saja kalimat itu melintas di pikiran saat musik di dalam lambung burung besi ini mengalun lembut di telinga saya.  Lagu yang kerap saya nyanyikan ketika kecil dengan nada riang gembira ini kini terdengar dengan nuansa yang berbeda. Sentuhan orkestra yang disematkan pada aransemen lagu Anak Kambing ini terasa membuai. Pesawat ini belum tinggal landas, namun album The Sounds of Indonesia telah membawa saya membumbung tinggi ke suatu titik dimana masa kini dan masa silam bertemu.

Dalam mata yang terpejam, saya melihat seorang anak kecil duduk di samping jendela, dengan raut wajah antusias menyambut penerbangan perdananya. Namun saat saya membuka mata, anak kecil itu sudah tidak ada. Kini di samping jendela itu, duduk berdampingan sepasang suami istri berusia senja. Mereka adalah ayah dan ibu saya. Dan anak kecil yang saya bayangkan itu adalah diri saya di masa lalu. Dua masa yang berbeda bermuara dalam penerbangan menuju Denpasar.

Photo by @donnaimelda
Photo by @donnaimelda

Jauh sebelum istilah traveling menjadi bagian dari gaya hidup masa kini, kami sekeluarga sudah terbiasa melakukan perjalanan. Itu dilakukan bersama ayah, ibu dan saudara-saudara saya sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Namun seiring perubahan jaman,  saya pun mulai disibukkan dengan berbagai urusan dan pekerjaan. Melakukan perjalanan bersama orangtua menjadi hal yang sulit kami lakukan. Dan ketika kerinduan itu hadir dan mendesak untuk terpenuhi, saya pun segera menyusun rencana. Pulau Dewata menjadi pilihan untuk menghadirkan kebersamaan sebuah perjalanan bersama orang tua yang saya sayangi.

Hal penting yang menjadi perhatikan saya selain memilih destinasi perjalanan adalah pemilihan maskapai penerbangan. Bagi kami sekeluarga, faktor kenyamanan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan. Tidak sulit bagi saya menentukan maskapai penerbangan yang memberikan kenyamanan paripurna seperti yang kami harapkan. Sudah pasti Garuda Indonesia yang menjadi pilihannya. Maskapai terbaik Indonesia yang pada tahun ini memperoleh penghargaan sebagai World’s Best Cabin Crew 2014 versi Sky Trax.

Layanan prima Garuda Indonesia bukan hanya diberikan selama penerbangan. Ini bisa didapatkan bahkan sejak sebelum berangkat hingga perjalanan usai. Sejak sebelum penerbangan, selama penerbangan, hingga setelah penerbangan. Saya sama sekali tidak mengalami kesulitan dalam melakukan reservasi, dari memilih jadwal penerbangan hingga melakukan pembayaran. Semua bisa saya lakukan dengan menggunakan internet dengan berbagai cara pembayaran. Reservasi bisa dilakukan di laman resmi Garuda Indonesia atau agen perjalanan yang menyediakan jasa reservasi penerbangan. Garuda Indonesia juga merupakan maskapai penerbangan dengan pelayanan penuh atau full service. Sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, pada maskapai pernerbangan full service, saya tidak direpotkan dengan tambahan biaya untuk makanan di pesawat, barang bawaan, bahkan untuk alat diving yang kami bawa.

Salam Garuda Indonesia Photo by @donnaimelda
Salam Garuda Indonesia
Photo by @donnaimelda

Komitmen Garuda Indonesia dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia mewujud dalam sentuhan Indonesia di setiap lini. Berbalut keramahan awak kabin yang tulus dan bersahabat, seluruh panca indra dibuai manja. Lihatlah bagaimana senyum manis pramugari berbalut kebaya dan kain batik bercorak Gondosuli menyambut kami di ujung tangga pesawat mengucapkan salam khas, Salam Garuda Indonesia.

Interior kabin yang didominasi warna cokelat terakota, jingga dan merah bata menghadirkan kesan hangat dan berenergi saat kami masuk. Sambil memastikan ayah dan ibu sudah duduk sesuai nomor kursi, saya memperhatikan awak kabin yang cekatan membantu meletakkan barang bawaan mereka di bagian atas kursi penumpang. Mengambil tempat di sebelah jendela, mereka duduk berdampingan sambil berbincang mesra. Santai di kursi penumpang yang ergonomis dengan bantalan kepala yang fleksibel, nyaman menanti waktu lepas landas tiba. Ah, saya bahagia melihatnya.

Garuda Indonesia Experience: Sebuah Jembatan Kerinduan Photo by @donnaimelda
Garuda Indonesia Experience: Sebuah Jembatan Kerinduan
Photo by @donnaimelda

Kepenatan setelah bekerja penuh selama sepekan seolah terbayar bahkan sebelum saya sampai di tempat liburan. Garuda Indonesia menciptakan atmosfer dalam kabin yang memberikan efek relaksasi pada tubuh. Pengaturan tempat duduk penumpang dengan ruang kaki yang lapang dilengkapi dengan perangkat elektronik yang canggih membuat saya betah duduk selama perjalanan. Dengan alat Audio and Video on Demand (AVOID) yang disediakan, saya bebas memilih musik atau film yang saya sukai, bebas pula memilih siaran televisi atau video game.  Wewangian aromatis hasil paduan eksrak flora dan rempah asli Indonesia menguar tipis nan lembut dalam kabin memberikan efek segar dan menenangkan. Saya benar-benar merasa rileks.

Bukan itu saja, Garuda Indonesia juga memberikan pengalaman terbang dengan banyak kemudahan dalam penerbangan. Saya tak perlu memikirkan dan mengeluarkan biaya tambahan untuk makan malam kami selama di pesawat. Dengan menu yang disesuaikan dengan jarak dan lama penerbangan dari Jakarta menuju Denpasar, saya disuguhi makanan dengan cita rasa yang cocok dengan lidah Indonesia. Malam itu kami menikmati hidangan pasta dengan irisan daging  asap dan saus keju, lengkap dengan pilihan minuman, seperti air mineral, minuman hangat atau sari buah. Tak perlu khawatir kelaparan bukan?

Garuda Indonesia, Maskapai Terbaik Indonesia Photo by @donnaimelda
Garuda Indonesia, Maskapai Terbaik Indonesia
Photo by @donnaimelda

Untuk semua pelayanan berkualitas yang saya nikmati bersama Garuda Indonesia sebagaimana yang saya rasakan di atas, saya sepakat bahwa maskapai terbaik Indonesia ini telah memberikan harga tiket pesawat murah yang terbaik buat calon penumpangnya. Itu belum termasuk berbagai promosi dan diskon yang memberikan harga khusus. Murah tidak selalu identik dengan kecilnya besaran rupiah yang harus dibayarkan, tapi seberapa besar manfaat yang kita dapatkan dibanding dengan harga yang kita bayarkan. Penerbangan yang andal, tepat waktu, aman, nyaman, dan profesional dari Garuda Indonesia tidak hanya memberikan harga yang sepadan dengan fasilitas dan layanan yang diberikan, namun juga memberikan layanan kelas dunia dengan sentuhan Nusantara dalam kesempurnaan penerbangan. Jadi bila anda mencari tiket pesawat murah, maka pilihan yang tepat adalah  Garuda Indonesia.

Kebetulan Garuda Indonesia Balikpapan sedang mengadakan Lomba Menulis Blog Garuda Indonesia, dan kebetulan pula saya belum pernah berkunjung ke Balikpapan. Dengan tema Excellent Service of Garuda Indonesia, saya berharap tulisan saya berhasil memenangkan lomba.  Saya ingin menjawab kerinduan dengan melakukan perjalanan ke tempat lain lagi di wilayah Indonesia bersama orang-orang yang saya cintai. Bersama orang tua atau keluarga tercinta. Saya juga ingin membagikan pengalaman terbang dan seluruh rangkaian perjalanan saya melalui tulisan dan foto-foto di website pribadi dan akun-akun media sosial yang saya miliki. Saya ingin menyampaikan pesan bahwa Indonesia itu indah di setiap pelosoknya, saya juga ingin menyampaikan bahwa tak ada alasan untuk tidak mengunjunginya satu persatu daerah-daerah di Indonesia karena ada Garuda Indonesia yang akan membawa kita terbang ke sana.

Sengaja jauh-jauh datang dari Jakarta ke Balikpapan nanti karena saya ingin menikmati keindahan semburat jingga saat mentari terbenam di Pantai Kemala, menikmati kesejukan hutan hujan tropis Bukit Bangkirai yang eksotis, penangkaran Buaya Teritip serta keunikan Kampung Atas Air Margasari. Dengan hadiah tiket gratis dari Garuda Indonesia Balikpapan, saya kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju kota lain, entah itu Manado, Pontianak atau Banjarmasin sesuai dengan hadiah yang saya dapatkan nanti. Semoga Garuda Indonesia Balikpapan memilih tulisan ini sebagai salah tulisan yang terbaik dan pantas memenangkan salah satu hadiah lomba tersebut.

Menutup tulisan ini, saya ingin menyampaikan, terimakasih Garuda Indonesia, telah memberikan pengalaman terbang luar biasa dan terus bertumbuh menuju excellent service. Terimakasih telah menjadi jembatan kerinduan dan sahabat perjalanan untuk menjejak di banyak tempat. Terimakasih telah menjadi perusahaan penerbangan yang membawa panji kebesaran bangsa Indonesia untuk dikenal dan diperhitungkan di mata dunia.

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Jejak Langkah di Raja Ampat

Raja Ampat adalah satu destinasi wisata Indonesia yang masuk dalam daftar tempat yang harus saya ...

17 comments

  1. Avatar

    Service Excellence banget buat garuda, kebanggan Indonesia banget.
    Saya kalau udah naik garuda berasa eksklusif ^^
    Shinta recently posted…Travel Hemat dengan DiskonMy Profile

  2. Avatar

    sepakat mbak, saya pernah naik Garuda waktu ke Jepang dulu tahun 2007, rasanya tak terlupakan, meskipun di kelas ekonomi tapi service tetep memuaskan 🙂 Kepengen deh naik garuda lagi kemana gitu … hehe
    rodamemn recently posted…Hilangkan Noda Bandel dengan Cara IniMy Profile

  3. Avatar

    Naik Garuda berasa banget mewahnya sebuah penerbangan. Even duduk di kelas ekonomi rasanya gimana gituhh …:)
    Evi recently posted…Blog Dalam Perjalanan Hidup SayaMy Profile

  4. Avatar

    penyampaian ceritanya lembut nan asikk mak, good luck ya 🙂
    langit namora recently posted…Say No to Galau saat MencuciMy Profile

  5. Avatar

    Orang Indonesia harus BANGGA dengan GARUDA! Yayyy!
    @nurulrahma recently posted…Inovasi Tiada Henti Sinar Mas LandMy Profile

  6. Avatar

    saya ketagihan mak naik Garuda Indonesia, berharap suatu hari nanti bisa terbang lagi bersamanya, masih inget banget rasanya terbang perdana bersama dia
    evrinasp recently posted…By: evrinaspMy Profile

  7. Avatar

    garuda memang keren Mba, saya dan teman2 di sini selalu hunting tiket garuda yang promo buat terbang ke kampung halaman, anak2 pada seneng kl pakai garuda nggak pernah rewel malah ga mau pada turun dari pesawat padahal udah landing…hahahaha
    irai recently posted…Berlibur Di Atas K.M. Bukit Siguntang (Balikpapan-Tarakan-Nunukan) #2My Profile

  8. Avatar

    Wah makin mupeng aja nih, pengin naik Garuda klo berkesempatan naik pesawat suatu saat nanti.
    Lianny Hendrawati recently posted…Sebening Kasih MamaMy Profile

  9. Avatar

    Saya rindu garuda Indonesia, pengalaman saya pertama kali naik pesawat ini sungguh seru dan tenpatnya pun nyaman sekali 🙂

    http://www.fkrimaulana.blogspot.com
    Fikri Maulana recently posted…Tips Menghindari Temen yang Suka Malak.My Profile

  10. Avatar

    emang keren nih garuda, servicinplus-plus ya mak

  11. Avatar

    Waaah….sudah naik Garuda dari kecil. Keren banget ya postingannya…Btw Garuda memang oke

  12. Avatar

    pokoknya aku berharap banget kalo suatu saat bisa naik pesawat, pngen naik pesawat garuda ini 😀

    btw, goodluck yaah mak kontesnya ^^

  13. Avatar

    JAdii kangen pengen naik GAruda lagiiiii #pengalaman tak terlupakan dan semoga terulang dan terulang lagii *ngarepbanget*

    Sukses dengan lombanya ya mbak

  14. Avatar

    Suka sama pesan postingan ini. Pengin sampai seperti foto ayah ibu Mbak Donna ….
    Haya Aliya Zaki recently posted…Resep Produktif Ngeblog dari 5 Blogger CantikMy Profile

Leave a Reply