Sunday, August 18, 2019
Home » Traveling Tips » Memilih Villa di Anyer untuk Libur Lebaran

Memilih Villa di Anyer untuk Libur Lebaran

Tradisi keluarga yang selalu ditunggu-tunggu saat lebaran selain silaturahmi adalah liburan bersama. Maklumlah untuk bisa mendapatkan jadwal libur yang sama dengan anggota keluarga besar saya yang jumlahnya enam belas orang bukanlah sesuatu yang mudah dan libur lebaran adalah satu-satunya waktu dalam setahun yang memungkinkan untuk itu. Nah, libur lebaran tahun 2019 ini menginap di villa di Anyer, Banten menjadi tujuan libur lebaran kami.

Ada beberapa alasan mengapa kami memilih Anyer sebagai destinasi liburan.

Lokasi
Anyer menjadi pilihan tempat kami sekeluarga mengisi libur lebaran dengan pertimbangan jaraknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta. Dengan jarak sekitar 120 km dari tempat tinggal kami di Jakarta, dalam situasi normal Anyer bisa dicapai sekitar tiga jam melalui jalan darat. Sebagian besar perjalanan ditempuh melalui jalan tol Jakarta-Merak, keluar gerbang tol Cilegon Barat dan dilanjutkan dengan jalan raya biasa hingga ke Anyer.

Moda Transportasi
Pertimbangan lain memilih Anyer sebagai tempat liburan selain jarak adalah pemilihan moda transportasi. Hampir semua dari kita tahu bahwa di situasi libur lebaran begini mendapatkan tiket kereta api dan atau tiket pesawat bukanlah hal yang mudah. Selain masalah ketersediaan, kita juga dihadapkan dengan masalah harga tiket yang melambung lebih tinggi dari masa libur lainnya. Untuk ke Anyer kami cukup menggunakan kendaraan pribadi tanpa dipusingkan dengan urusan tiket.

Menggunakan kendaraan pribadi juga memudahkan saya untuk urusan bawaan, saya gak repot mikir berat isi koper saya dan keluarga yang berjumlah 4 orang dewasa ini. Selain itu kami bisa membawa berbagai jenis barang yang diperlukan selama liburan tanpa perlu packing khusus karena bisa langsung disusun di dalam bagasi mobil. Untuk saya yang benar-benar butuh liburan tanpa tambahan pusing mikirin urusan packing, membawa kendaraan pribadi adalah solusi paling tepat.

Aneka Pilihan Wisata
Daya tarik berupa keindahan pantai atau laut, sejarah dan kulinernya menjadikan Anyer sebagai pilihan yang direkomendasikan untuk tempat berlibur. Meski telah beberapa kali berkunjung ke Anyer tetap saja ada rindu yang memanggil untuk kembali dan merasakan sensasi yang berbeda saat datang lagi untuk yang kesekian kali. Aroma laut, semilir angin pantai, dan debur ombak sudah terbayang dalam benak setiap kali merencanakan liburan di Anyer.

Memilih Anyer untuk tempat berlibur itu berarti kita punya banyak sekali pilihan memilih lokasi pantai untuk dinikmati di sepanjang pesisir pantai. Hampir semuanya mudah diakses karena berada di tepi jalan raya, ini juga yang membuat saya memilih Anyer karena bisa langsung melihat pantai dari tempat menginap. Ada beberapa pantai cantik di Anyer seperti, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Sambolo, Pantai bandulu, Pantai Florida dan pantai-pantai lainnya.

Selain wisata pantai, ada juga wisata sejarah. Salah satu sejarah yang melekat dengan Anyer adalah keberadaannya sebagai titik awal jalan raya yaitu Anyer-Panarukan yang dibangun pada abad 19 di masa penjajahan Belanda sepanjang kurang lebih seribu kilometer. Di tempat ini juga terdapat mercusuar berusia ratusan tahun yang dibangun untuk membantu pelayaran disekitar Selat Sunda dan Batavia kala itu. Mercusuar Cikoneng ini dibangun oleh pemerintah Belanda tahun 1855 pada masa pemerintahan Willem III di Indonesia. Oh ya, salah satu spot terbaik yang saya suka di Anyer untuk menikmati sunset adalah di lokasi Mercusuar ini.

Nah yang tak kalah asiknya bila memilih Anyer sebagai tempat berlibur adalah karena kulinernya. Sebagai tempat wisata di wilayah pantai tentu saja makanan laut menjadi menu hidangan yang sayang bila dilewatkan. Ikan atau hasil laut lainnya bisa kita beli dari nelayan sekitar pantai dan kita bawa ke tempat menginap untuk dimasak bersama-sama. Seru saja membayangkan kebersamaan saat liburan bersama keluarga sambil barbeque dan menyantap hidangan seafood yang kita bakar langsung dari perapian. Kalau tak mau repot, tersedia rumah makan yang menyajikan hidangan seafood yang lezat dan terkenal di kalangan pejalan seperti Rumah Makan Taktakan atau Rumah Makan 88.

Ketersediaan Akomodasi
Meski jarak antara Anyer dan Jakarta tidaklah terlalu jauh dan bisa memilih untuk one day trip di Anyer namun pengalaman selama ini, saya lebih merekomendasikan untuk menginap supaya tidak terburu-buru harus kembali ke Jakarta dan bisa menikmati keindahan dan kebersamaan lebih lama. Apalagi bila memang waktunya memungkinkan. Kondisi tubuh akan lebih fit untuk berkendara pulang keesokan harinya. Lelah seharian bermain di laut akan lebih nyaman bila dilanjutkan dengan rileks menikmati api unggun sambil barbeque dan tidur ditemani suara ombak yang memecah di pantai sepanjang malam.

Ada banyak pilihan tempat menginap di Anyer, dari penginapan hingga resort mewah, dari hotel hingga villa. Semua tergantung pada budget yang tersedia dan kriteria kita untuk menginap. Bila hanya dengan suami dan dua anak, saya memang lebih memilih hotel dengan dua kamar yang memiliki connecting door atau family room jadi tetap bisa bersama-sama. Namun bila berlibur dengan keluarga dengan jumlah yang lebih besar, agar tetap bisa selalu bersama, maka saya lebih menyukai villa untuk menginap.

Villa mampu memenuhi kebutuhan kamar untuk jumlah keluarga yang banyak namun tetap dapat mengakomodir agar anggota keluarga bisa tetap bersama-sama. Villa itu layaknya sebuah rumah untuk berlibur dan bersantai. Kita bisa memilih villa dengan jumlah kamar sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga dan dapur atau pantry untuk meramu makanan atau minumam selama berlibur. Kita bisa membawa bahan makanan yang praktis untuk disantap bersama.

Selain itu, villa juga menyediakan ruang keluarga dan teras yang memungkinkan semua anggota keluarga tetap bisa bercengkerama bersama-sama saat liburan dengan lebih leluasa dibanding di di hotel. Kebayang khan serunya bercanda di ruang keluarga, menyiapkan hidangan bersama di pantry dan menikmati pemandangan sambil menyantap makanan kecil dan minuman hangat di teras villa. Ah, jadi makin gak sabar menunggu masa liburan tiba.

Tips Memilih Villa
Untuk menikmati liburan keluarga yang berkesan memang tak lepas dari tempat menginap yang dipilih. Begitu juga memilih villa untuk menginap. Bagi saya pribadi, setidaknya ada tiga kriteria dasar dalam pemilihan villa yaitu lokasi, anggaran dan fasilitas.

Bila berlibur di area pantai, saya sangat menyukai lokasi villa yang agak menepi dari jalan raya namun bangunan villa berada tak jauh dari bibir pantai. Terbayang saat pagi kita membuka pintu villa langsung disambut dengan pemandangan pantai dan semilir angin laut. Gak harus buru-buru ke pantai, jadi bisa menikmati pemandangannya sambil duduk selonjor dari teras villa. Kalaupun hendak bermain air atau berenang, tak perlu berjalan jauh ke pantai dan bisa bolak balik sesering yang kita mau. Tau sendiri khan kalau bawa anak-anak ke pantai, mereka tuh seolah tak ingin beranjak dari pantai.

Soal anggaran sih saya gak terlalu ketat, ada harga ada barang istilahnya. Jadi budget menyesuaikan dengan fasilitas yang ingin didapatkan. Berpergian dengan keluarga besar dengan anggota keluarga yang beragam usianya, dari balita hingga usia senja memang sedikit menuntut fasilitas yang lengkap, misal karena membawa anak-anak, maka ketersediaan taman bermain dan kolam renang di villa adalah sebuah keharusan meski bisa berenang di pantai.

Kalau saya pribadi yang penting usia bangunan tak terlalu lama, kondisi ruangan terutama kamar mandi, kamar tidur dan linennya bersih dan nyaman serta lingkungan yang tenang dan aman. Oh ya udara pantai yang cenderung bertemperatur hangat juga membuat saya memilih villa yang menyediakan pendingin udara di dalam ruangan villa. Liburan sambil menahan gerah khan bikin gak santai hehehe. Jadi tak masalah bila harga yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas yang saya dapatkan atau sesuai dengan keinginan.

Nah untuk mencari villa dengan harga yang sebanding dengan keinginan saya, paling gampang tuh mencarinya lewat aplikasi di Traveloka. Hampir seluruh kebutuhan perjalanan saya selama ini baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaan sangat dimudahkan dengan adanya Traveloka. Hebatnya di Traveloka tersedia banyak fitur-fitur yang dibutuhkan para pejalan, dari tiket pesawat, tiket kereta api hingga tiket bis. Dari urusan akomodasi, tempat makan hingga atraksi dan aktivitas bagi para pejalan.

Untuk menggunakannya pun Traveloka menyediakan aplikasi yang sangat user friendy. Menunya gampang, loadingnya cepat dan ada fasilitas filter yang memudahkan kita untuk fokus pada pencarian fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi meski pilihan yang disediakan Traveloka sangat banyak, pengguna tidak dipusingkan dengan banjirnya informasi yang tidak dibutuhkan sehingga pencarian pun menjadi lebih singkat dan sederhana. Gak pake acara ribet.

Soal harga juga saya tidak pernah khawatir karena Traveloka sering memberikan promo atau diskon Saya bisa mendapatkan harga termurah di Traveloka dan harga yang saya bayarkan sesuai dengan yang tertera saat pencarian dan tak ada tambahan biaya apapun hingga pemesanan selesai dilakukan. Pembayarannya juga mudah dan praktis, ada banyak pilihan, dari transfer, debit, menggunakan kartu kredit, bayar di tempat, bahkan bisa menggunakan menu pay later yang memungkinkan kita membayar secara angsur biaya liburan kita tanpa harus memiliki kartu kredit.

Nah, urusan persiapan libur lebaran nanti sudah matang. Makin mantap memutuskan untuk memilih villa di Anyer saat berlibur nanti. Pergi dengan keluarga besar pun gak jadi masalah karena Traveloka memberi banyak pilihan villa yang sesuai dengan kebutuhan libur lebaran keluarga besar kami. Kalau kalian, akan menghabiskan libur lebaran di mana?

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

34 comments

  1. Avatar

    Asyik bisa libur lebaran bareng keluarga besar di villa. Itu pilihan yang tepat untuk mengeratkan bonding antarkeluarga.
    Saya pernah melihat bangunan villa di Wisma Kompas-Gramedia, Pacet. Bangunannya besar dan nyaman, ada pantry, kamar mandi rendam, lupa berapa kamar, dan ada fasilitas lain yang bikin nyaman. Sayang saya nginapnya di ruangan dengan dua kamar dan family room dengan masing-masing kamar mandi. Ada televisi di ruang tamu. Seruangan dengan dua orang teman yang baru dikenal dan menghadiri suatu acar konvensi bahasa. Sayangnya gak seru karena kami terlalu sibuk dengan acara yang sampai larut malam jadi tak bisa menyempatkan diri untuk kenal lebih dalam. Cuma tahu nama, asal, dan pekerjaan saja, he he.
    Sepertinya butuh waktu lebih lama barang dua malam agar bisa akrab. Makanya saya pikir asyik banget Mbak Donna dan keluarga bisa libur bareng di pantai sambil menginap di villa pilihan.

  2. Avatar

    Ke Anyer dari tempat saya di Cianjur Selatan, jalannya sekarang justru lebih bagus dan mulus. Lingkar selatan yang tembus dari Banten ke Sukabumi, Cianjur, terus ke Garut sampai Pangandaran saat ini banyak dipilih masyarakat karena selain jalan masih bagus, pemandangan banyak masih alami termasuk pantai pantainya dan yang terpenting bebas macet.

    Memilih liburan ke Anyer memang pilihan tepat
    Tahun baru kemarin saja kami touring dari Cianjur Selatan ke Carita wah seru banget dan berkesan
    Okti Li recently posted…Menukar Uang (THR) yang TertinggalMy Profile

  3. Avatar

    Aku pernah ke anyer tapi ga nginep karena belum sempet searching traveloka waktu dulu, next time jalan jalan ke anyer ku bakal searching dulu villa via traveloka

    • Avatar

      Wow keren mbak bisa liburan bareng keluarga ke Anyer. Apalagi momennya pas, saat lebaran dimana seluruh anggota keluarga bisa kumpul bersama. Tentunya dengan libur bersama di Anyer ini bisa menjalin silaturahmi lebih erat antar keluarga ya mbak. Melihat destinasi wisata yang ada di Anyer lengkap dengan penginapan di sekitar lokasi yang bisa digunakan Anggota keluarga untuk menginap rasanya jadi pengen ikut berlibur kesana. Terlebih sekarang ada aplikasi Traveloka yang mudah dan cepat prosesnya. Pesen hotel dan tiket wisata tentu tidaklah ribet inilah yang bikin liburan makin menyenangkan ya mbak.

  4. Avatar

    anyer emang ga ada matinya dari aku kecil. Kemaren anakku pun minta lagi jalan ke pantai, jadi keidean, iya ya nginep aja sekalian, bareng keluarga yang lain juga

  5. Avatar

    Terakhir ke Anyer tahun 2015-an hahaha udah lama banget :p setuju sih mba kalau pilih villa bareng keluarga kudu yang fasilitas lengkap ya ada harga ada rupa dan penting juga aku paling ga suka sama yang bangunan lama takutt soalna hahaha

  6. Avatar

    Andalan aku juga tuh mba kalau nyari vila di Traveloka. PIlihannya banyak dan villa yang direkomendasikan memang bagus-bagus. Aih jadi pengen liburan ke Anyer 🙂

  7. Avatar

    pasca bencana alam terakhir di anyer memang sempat menciutkan nyali untuk ke sana ya. tapi keindahan dan kenyamanan yg ditawarkan memang menggoda.

  8. Avatar

    Kami sekeluarga rencana lebaran di Balikpapan dulu, silaturahmi dengan saudara dan teman.
    Lalu hari kedua lanjut ke Samarinda, kira-kira 3 jam perjalanan di hari normal, ke tempat saudara hubby dan rencana menginap di sana.
    Aku juga berencana mengunjungi beberapa teman alumni Fahutan Unmul Samarinda juga

    Biasanya kalau lebaran, Balikpapan-Samarinda bisa lebih dari 3 jam nih.
    Mudah-mudahan semuanya lancar, terkendali

    Traveloka juga masih menjadi OTA kesayangan.
    Aku suka fiturnya terutama fasilitas kreditnya, hihihi
    Biasanya aku pakai untuk beli tiket pesawat, kereta api dan booking hotel

  9. Avatar

    Liburan keluarga paling asik menginap di villa dengan teras yang menghadap ke pantai. Ini yang jadi impian kelo ke Anyer, pengen sih meski kemarin sempat cemas waktu ada bencana tsunami.
    Hidayah Sulistyowati recently posted…Inovasi Keripik Lunpia Cik Meme, Cita Rasa Kuliner IndonesiaMy Profile

  10. Avatar

    Anyer ternyata gak cuma sekedr tempat rekreasi ya mba, tapi juga punya sejarah jaman belanda. Anyway, soal pesan memesan tiket liburan dan perjalanan aku pun selalu pakai Traveloka. Kalau lagi bikin rencana libran pasti cek harga disana juga buat mastiin aja budget nya berapa hehehe

  11. Avatar

    MashaAllah.. ini Anyer mba.. indah banget ya.. villanya juga terlihat enaken banget untuk ditempatin.. ke Anyer terakhir kapan ya? sampe lupa gini.. kadang yang deket seperti Anyer suka dilupain ya.. maupun liburan tuh ketempat ya jauh, Anyer ini selain deket dari Jakarta juga indah lho.. thanks mba Donna sudah meremind aku sama Anyer

  12. Avatar

    Liburan ke Anyer tuh asyik bangett, ya. Udah penginapannya nyaman, banyak destinasi wisata juga. Lengkappp rasanya.
    Idah Ceris recently posted…Singgah di Gedung Sate, Bandung!My Profile

  13. Avatar

    Kalau dari Jakarta, mau berwisata di pantai yang asik memang salah satunya ke Anyer karena gak terlalu jauh. Pesannya juga lebih enak di Traveloka karena harganya udah jelas. Gak ada tambahan ini itu
    Jalan-Jalan KeNai recently posted…Drama Menuju Ngunduh Mantu di MalaysiaMy Profile

  14. Avatar

    kurang lebih sama sih, mbak.
    indikator utama kalau mau milih hotel itu ya kamar mandi dan AC, apalagi kalau di daerah pantai. itu udah nggak bisa ditawar lagi deh, hehe

  15. Avatar

    Aku belum pernah ke Anyer Mba. Padahal lumayan dekat dari Jakarta kalo mau liburan XD
    Boleh juga nih villanya di bookmark dulu. Kalau ada rezeki main ke Anyer, mau nyobain villanya. Makasih infonya ya Mba 🙂
    Dewi Sulistiawaty recently posted…Sucikan Diri dan Harta dengan Menunaikan Ibadah ZakatMy Profile

  16. Avatar

    Kalau liburan ke Anyer tuh paling enak ya nginep, mana di sana banyak vila kan. Tinggal pilih dan yang sesuai dg kantong pastinya. Apalagi tuh kalau perginya bareng sama keluarga besar. Seruuuu

  17. Avatar

    pilihannya banyaaak ya sekarang mba..dan yang pasti akan lebih baik liburannya kalua semuanya telah terencana dengan baik
    indah nuria recently posted…Wonderful Wednesday with My Purple World, Oh My Heartsie Girls and FriendsMy Profile

  18. Avatar

    Anyer memang jd pilihan yg pas buat liburan dengan pemandangan pantai tp gak terlalu jauh sama ibu kota tp tetap terjangkau hehe

  19. Avatar

    Mau liburan kemanapun traveloka memang selalu jadi andalan saya dan keluarga karena mudah sekali mencari perbandingan harga dari beberapa penawaran

  20. Avatar

    Jadi kangen anyer dengan segala kenangannya hihi. Setuju mbak, kalau pilih Villa saya suka lihat bangunannya, yang pasti tidak terlalu lama. Pasalnya, pernah nginap di Anyer tapi bangunannya udah lama dan kurang terawat jadi gimana gitu nginap bareng keluarga dulu kurang nyaman hehe.

  21. Avatar

    Sudah lama gak piknik ke pantai bareng anak2…jd pengen maen ke Anyer juga jadinya. Makasih tipsnya ya Mba..

  22. Avatar

    Anyer. Tempat yg lama diimpikan jadi tuj wisata keluarga kami, tapi blm juga terwujud. Trims tips nyaba Donna, jadi catatan penting nih saat nanti berencana ke sana ..

  23. Avatar

    Aku belum pernah ke Anyer nih Mba, sebetulnya pernah ingin ke sana dulu, tapi belum kesampaian. Sekarang ada anak2 malah makin susah 🤣 laah maaf jadi syurhaat eyke

  24. Avatar

    Terakhir ke Anyes itu waktu aku SD mba Don,, waktu sekolah alm. Mama ku piknik hehe. Btw indah banget ya viewnya jadi pengen kesana lagi deh bareng keluarga.

  25. Avatar

    Belum pernah ke Anyer dan jadi pengen ke Anyer jadinya setelah lihat foto dan penjelasan di atas

    Hmm… Libur lebaran tahun depan semoga bisa.

  26. Avatar

    Nah, aku baca ini malah ingat liputan di tipi yang menceritakan betapa mahalnya kuliner di Anyer, Mbak. Nggak semua sih, di salah satu resto. Pilihan Mbak bagus nih kalau beli ikan dan kawan-kawannya kemudia di masak sendiri di villa.Selain lebih ekonomis, uga kita tahu higienis. Apalagi kalau masaknya bareng sama anak-anak, pasti makin serudan akan jadi liburan yang tak terlupakan.
    Diyanika recently posted…Guru Honorer dapat THR? Dari mana?My Profile

  27. Avatar

    Anyer udah aman ya sekarang. Jadinya gak perlu waswas lagi sama ini itu. Boleh-boleh nih liburan lebaran ke Anyer. Dan iya, villa yang dipilih wajib banget ada kolam renangnya. Anak-anakku pastinya kalo ke tempat nginep2 paling suka berenang. Apalagi deket pantai gitu. Maunya pada diem aja di kolam. Adem gak gerah 😀
    Nia K. Haryanto recently posted…Mengapa Perlu Pemanasan Sebelum Olahraga?My Profile

  28. Avatar

    Aku belum pernah ke Anyer. Kayaknya asyik juga ngajak anak-anak liburan ke Anyer. Ngomong-ngomong soal Traveloka, ini sih emang salah satu OTA favoritku untuk cari penginapan atau pesan tiket pesawat..

  29. Avatar

    Pascal pingin banget lihat mercusuar mbak, boleh juga nih ide liburan yang dekatnya ke Anyer bisa sekalian lihat mercusuar di Cikoneng ya. Duh udah lama banget aku gak ke daerah sana.

  30. Avatar

    Wah pengen juga ke Anyer. Aku jd keinget lagu Antara Anyer dan Jakarta hehe 😀
    Mbak Donna open trip jg ke sana kah?
    Iya kalau bawa keluarga enaknya emang sewa vila ya mbak, lbh legaan gtu

  31. Avatar

    Terakhir ke Anyer jaman saya masih SD. Udah lama banget tapi tetep keinget cantiknya Anyer sampai sekarang. Moda transportasi kesana sekarang semakin mudah ya. Dengan lebih terjangkaunya Anyer semoga semakin menambah ramai wisatawan yang berkunjung
    Kartika Nugmalia recently posted…Yuk Hitung Zakat dengan Kalkulator ZakatMy Profile

  32. Avatar

    Mbaaa… impian banget tuh nginep di villa dan begitu bangun di pagi hari langsung bisa ngelihat pantai. Bahagia banget deh ah kalau bisa gini. Semoga kapan2 kelakon nih pergi dengan keluarga dan nginep cantik seperti itu.
    Uniek Kaswarganti recently posted…Pasir Putih Pangandaran, Surga Tersembunyi Favorit WisatawanMy Profile

  33. Avatar

    Aiih~
    Seru banget berlibur bersama keluarga besar.
    Kami juga beberapa kali berlibur bersama. Dan ini tentu menambah kenangan dan kekompakan bareng sepups yang uda lama gak main bareng (kaya zaman waktu kecil dulu)
    lendyagasshi recently posted…Wujudkan Gaya Hidup Halal di Era MilenialMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge