Thursday, October 6, 2022
Home » Review and Event » Sepuluh Juta di Tangan, Mari Berpetualang Ke Kalimantan Selatan Bersama Traveloka

Sepuluh Juta di Tangan, Mari Berpetualang Ke Kalimantan Selatan Bersama Traveloka

Banyak orang bertanya pada saya, “Donna, berapa biaya yang harus saya anggarkan untuk liburan ke suatu tempat?” Pertanyaan yang susah-susah gampang untuk dijawab sebenarnya, karena setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam merencanakan liburannya. Ada yang memulai dengan menentukan dahulu tempat yang akan dituju, baru kemudian menyusun anggarannya. Namun ada pula yang justru menentukan dulu anggaran yang ada kemudian baru menyesuaikan daerah yang akan dituju dengan anggaran yang dimilikinya tersebut, termasuk menyesuaikan jenis akomodasi dan transportasi yang akan digunakan.

Saya hampir selalu menggunakan cara yang kedua, yaitu merencanakan daerah tujuan, akomodasi dan transportasi sesuai dengan anggaran yang saya miliki. Karena bagi saya akan lebih mudah mengontrol pengeluaran untuk perjalanan dengan membatasi terlebih dahulu anggaran yang ada agar alokasi untuk perjalanan tidak mengganggu alokasi biaya atau kebutuhan hidup lainnya. Bila ternyata anggaran yang ada belum mencukupi maka saya tinggal menyesuaikan diri dengan merubah destinasi atau menunda perjalanan dan menabung lebih lama.

Contohnya saat ini, kebetulan sekali saat saya sedang merencanakan perjalanan, Traveloka juga sedang mengadakan lomba penulisan dengan tema “Jika aku diberikan uang 10 juta untuk traveling.” Pas sekali bukan? Sehingga tanpa ragu lagi saya segera menyelesaikan rencana tersebut dengan mengalokasikan anggaran sebesar sepuluh juta untuk rencana tersebut dan sekaligus mengikutsertakannya dalam lomba.

Serunya Bamboo Rafting
Serunya Bamboo Rafting

Daerah tujuan wisata yang saya rencanakan di kuartal kedua tahun 2015 ini adalah Kalimantan Selatan. Tujuan utamanya adalah untuk mengikuti Festival Loksado Bamboo Rafting 2015 yang dilaksanakan di Desa Loksad Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sekaligus mengeksplorasi beberapa tempat di daerah Kalimantan Selatan lainnya seperti Kota Banjar Baru, Martapura dan Lok Baintan di Banjarmasin.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini. Yang paling istimewa adalah Festival Bamboo Rafting, karena selain saya akan berpetualang mengarungi jeram-jeram di Sungai Amandit, pada festival tersebut juga akan diadakan acara budaya Suku Dayak Meratus yang berdiam di Loksado. Menyenangkan rasanya membayangkan menikmati keindahan alam sekaligus mengenal adat budaya negeri ini di sana.

Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung Lok Baintan

Di Martapura saya ingin mengenal lebih dalam kehidupan para penambang intan dan batu mulia di Desa Cempaka, Martapura. Saya ingin tahu lebih dalam tentang hal ini, terlebih melihat fenomena batu akik yang sedang mewabah di negeri ini, apakah kehidupan mereka sekemilau batu mulia yang mereka dapatkan dengan tetes keringat di bawah terik matahari yang membakar setiap harinya. Sedangkan di Kota Banjar Baru, saya ingin menjawab kerinduan saya untuk menikmati kembali cita rasa kuliner Banjar, dari Soto Banjar, Penganan khas hingga Ikan Haruan Masak Habang yang terkenal itu. Dan sebagai bagian dari yang menarik di daerah yang dijuluki Kota Seribu Sungai, tak lengkap bila saya tak menyempatkan diri mampir di Pasar Terapung Lok Baintan yang tersohor itu.

Ragam Wadai Khas Banjar: Apam Batil, Lopis Hijau, Gumbili dan Papare
Ragam Wadai Khas Banjar: Apam Batil, Lopis Hijau, Gumbili dan Papare

Melihat kalender tahun 2015, saya semangat sekali. Ada tanggal merah libur nasional yang memungkinkan libur akhir pekan lebih panjang dibanding biasanya yaitu dari tanggal 14 Mei 2015 sampai dengan 17 Mei 2015. Dengan prediksi bahwa saya memiliki empat hari berada di Kalimantan Selatan, saya memperkirakan bahwa saya akan menjalani liburan paling seru tahun ini.

Untuk mengakomodir kebutuhan transportasi dan akomodasi tersebut saya memilih Traveloka sebagai mitra perjalanan. Melalui Traveloka saya dengan mudah dan cepat mendapatkan tiket pesawat dan melakukan pemesanan hotel melalui internet. Tak lebih dari tiga puluh menit saya sudah berhasil mendapatkan tiket berangkat paling pagi dan pulang dengan penerbangan paling malam agar saya punya lebih banyak waktu di sana. Saya juga berhasil melakukan pemesanan hotel di Mercure Hotel Banjarmasin untuk tiga malam.

Konfirmasi Pemesanan Tiket Pesawat Melalui Traveloka
Konfirmasi Pemesanan Tiket Pesawat Melalui Traveloka

Dengan melakukan transaksi di Traveloka, rencana perjalanan saya menjadi begitu mudah dan sederhana untuk dirancang. Bayangkan, tanpa beranjak dari tempat duduk, dalam waktu yang relatif singkat, saya bisa melakukan pemesanan tiket penerbangan sekaligus hotel di situs yang sama. Dengan menu pemesanan yang sederhana dan metode pembayaran yang sangat praktis semua bisa diselesaikan dalam hitungan menit dengan harga yang sangat kompetitif.

Konfirmasi Pemesanan Hotel Melalui Traveloka
Konfirmasi Pemesanan Hotel Melalui Traveloka

Demikian sederhana, sehingga pertanyaan bahwa “jika saya mendapat uang sebesar sepuluh juta untuk traveling”, saya akan gunakan kemana dan untuk apa saja terjawab sudah pada rencana yang saya tuliskan di atas dengan rincian biaya sebagai berikut:

Rp. 2.234.939 biaya menginap di Mercure Hotel selama tiga malam
Rp. 2.103.448 biaya perjalanan pesawat dengan maskapai Garuda Indonesia
Rp. 1.000.000 biaya paket mengikuti Festival Loksadi Bamboo Rafting
R.p 1.000.000 untuk biaya tak terduga
Rp. 1.000.000 untuk oleh-oleh
Rp. 1.000.000 untuk makan dan jajan selama empat hari
Rp. 1.000.000 untuk sewa mobil selama empat hari
Rp. 661.613 untuk belanja

So… tunggu apalagi. Uang sepuluh juta di tangan. Yuuuk packing, kita berpetualang ke Kalimantan Selatan.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Charlotte Bandung Oleh-Oleh dari Kota Kembang

“Jangan lupa bawa Charlotte Bandung ya, Bun” demikian pesan anak gadis saya sesaat sebelum roda ...

5 comments

  1. Avatar

    Masih ada tuh sisa anggran. Kalau menang berarti mesti ngajak akuh hahaha…

  2. Avatar

    Waaah keren banget mbak initiarynya dan perencanaan budgetnya.good luck lombanya

  3. Avatar

    Keren banget mbak initiarynya dan perencanaan budgetnya.good luck lombanya

Leave a Reply